Apa Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati? Nih Solusi Tepat Mengatasinya

Laptop Tiba Tiba Mati


Laptop Tiba Tiba Mati – Dalam kehidupan yang kian hari semakin dituntut oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka tidak mengherankan jika saat ini laptop atau computer telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Bahkan keberadaan laptop sendiri pun sangat urgent untuk kebanyakan kalangan orang. Sebab tak dapat dipungkiri dengan keterbatasan kemampuan manusia, akhirnya mereka memanfaatkan teknologi dari laptop untuk menunjang kehidupan keseharian. Seperti halnya dalam urusan pekerjaan, Pendidikan bahkan hingga penelitian dan perhitungan.

Oleh karena banyaknya kegiatan manusia yang kini dipermudah oleh keberadaan laptop, maka ketika terjadi masalah dengan laptop tentu secara otomatis akan mengganggu aktivitas. Nah, jika kebetulan anda sangat mengandalkan aktivitas anda dengan laptop maka jika suatu saat terjadi masalah anda tidak perlu bingung lagi jika sudah tau sebab laptop tiba-tiba mati. Sebab anda sudah tau solusi untuk memperbaikinya.

Nah, kebanyakan orang akan mencari apa penyebab atau sumber utama laptop mati secara tiba-tiba. Seperti halnya memeriksa daya battery, hingga bahkan memeriksa perangkat hardware dari laptop apakah ada yang rusak. Namun terkadang laptop yang memiliki daya tahan perlindungan diri berupa shutdown secara otomatis apabila terjadi overheating atau laptop shutdown secara otomatis sebagai perlindungan terhadap malware dan sebagainya. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar paham apa penyebab Laptop Tiba Tiba Mati dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga : Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Mudah Dipahami, Solusi Tepat Buat Kalian!

Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati, Beserta Cara Tepat Mengatasinya

Laptop Tiba Tiba Mati


1.Disebabkan Laptop Overheating

Sudah menjadi hal yang umum bahwa ketika suatu laptop terjadi overheating maka akan ada kemungkinan bahwa laptop tersebut telah mencapai batas maksimal penggunaan. Biasanya penyebab laptop overheating ini karena laptop digunkan dalam jangka waktu yang lama dan atau laptop digunakan pada tempat yang mudah menyerap panas.

Adapun penyebab lain yang mungkin saja terjadi ketika laptop overheating adalah kemampuan perangkat pendingin laptop yang tidak bekerja dengan sempurna. Seperti halnya kipas laptop yang rusak dan tidak berfungsi, itu juga bisa menjadi factor penyebab utamanya. Sehingga udara panas dalam mesin laptop tidakbisa melakukan sirkulasi pergantian udara.

Cara Mengatasinya adalah:

Anda bisa menambahkan pasta pendingin yang diterapkan pada mesin atau prosessornya. Pasta pendingin ini fungsinya untuk meredam tingkat overheating pada laptop. Namun dalam hal ini ketika anda ingin menambahkan pasta pendingin ini maka kami sarankan untuk dibawa kepada orang yang sudh ahli dalam bidangnya. Sehingga tidak akan menambah parah kondisi laptop anda. Selain cara mengatasi dengan menempatkan pasta pendingin, anda juga bisa menggunakan kipas eksternal yang ditempatkan di bawah laptop.

2.Terjadi Kegagalan Pada Perangkat Hardware

Penyebab laptop mati sendiri yang umum biasanya juga terjadi akibat kegagalan dari perangkat hardware laptop. Walaupun hal ini akan jarang terjadi pada komponen laptop yang masih baru, atau laptop yang baru saja di servis, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kegagalan pada perangkat hardware.

Cara mengatasinya ialah:

Ketika masalah laptop tiba-tiba mati yang disebabkan oleh kegagalan perangkat hardware laptop, maka anda perlu membawanya kepada orang yang ahli. Namun sebelum itu anda harus benar-benar memastikan bahwa seluruh perangkat laptop benar-benar terpasang dengan lengkap. Setelah itu bisa anda periksakan ke pihak servis untuk diketahui penyebab pasti kerusakan laptop.
Pastikan pula layanan yang anda tuju untuk memperbaiki laptop memiliki keahlian yang cukup untuk memeriksa dan memperbaiki komponen penting laptop. Seperti halnya memperbaiki komponen RAM, CPU, Motherboard, power supply dan bahkan lan card. 

Baca juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Mutakhir, Solusi Tepat Buat Masalah Anda!

3.Battery Low Level

Masalah laptop mati sendiri terkadang juga disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya:

1)Battery yang tidak normal. Terkadang pula akibat penggunaan laptop yang sudah terlalu lama hingga tanpa disadari battery sudah habis. Keadaan battery yang tidak normal ini biasanya ditandai biasanya ketika dilakukan pengisian daya maka battery akan cepat penuh, selain itu terkadang ketika di lakukan pengisian battery tidak kunjung terisi.
2)Pengisian daya yang terlalu lama. Sslah satu penyebab battery laptop cepat rusak dan menyebabkan laptop tiba-tiba mati adalah karena battery yang rusak akibat pengisian daya yang terlalu lama.
3)Penggunaan aplikasi berat dalam laptop yang menyebabkan daya kapasitas battery tidak sanggup mengimbangi daya yang dibutuhkan oleh laptop.
4)Laptop sering digunakan untuk gaming juga menjadi penyebab utama laptop tiba-tiba mati. Dan salah satu kasus yang umum adalah karena battery tidak kuat mengimbangi daya dari game.
Solusi yang bisa dilakukan yakni:
Jika laptop anda mati sendiri secara tiba-tiba, maka langkah awal yang bisa anda lakukan adalah menguji battery, apakah masih berfungsi dengan baik. Jika setelah anda tes dan hasilnya tidak baik maka anda perlu membeli battery baru. Dan satu hal ketika anda membeli battery baru pastikan jumlah ampere meter dalam battery tersebut sesuai dengan battery yang lama.

4.Kesalahan System Operasi

Ketika anda pernah mengolah system operasi perangkat computer dan ada bagian yang tanpa sengaja anda mengubahnya. Sehingga laptop anda tiba-tiba langsung mati atau lngsung muncul layar BIOS. Nah, kesalahan dalam hal ini yang menyebabkan laptop anda tiba-tiba mati.
Solusinya adalah:

Untuk memperbaiki laptop yang mati tiba-tiba akibat kesalahan dalam system operasi, maka harus diketahui terlebih dahulu driver yang crash. Saat sudah diketahui driver mana yang mengalami crash maka anda langsung bisa masuk ke BIOS untuk mengatur tampilan windows normality.

5.Virus Computer

Diantara beberpa penyebab laptop mati secara tiba-tiba terkadang disebabkan oleh adanya malware atau virus. Meskipun terkadang beberapa virus hanya mampu mematikan laptop sementara atau hanya restart ulang, namun hal tersebut pasti sangat mengganggu.

Adanya virus ini biasanya disebabkan oleh aktivitas anda yang berhubungan dengan aktivitas browsing. Atau ketika anda melakukan transfer file melalui perangkat yang menghubungkan dengan laptop anda. Seperti halnya flasdisk, kabel LAN card.

Solusi untuk mengatasi ialah:

Untuk memastikan bahwa laptop anda terbebas dari adanya virus atau malware maka anda perlu melakukan instalasi aplikasi antivirus, guna mencegah adanya virus yang masuk.

Demikianlah ulasan dari kami Paktoro, tentang beberapa penyebab Laptop Tiba Tiba Mati beserta langkah antisipasi yang mungkin untuk anda lakukan. Mengingat bahwa computer atau laptop merupakan peralatan yang memiliki banyak fungsi terutama dalam bidang penyelesaian berbagai hal tugas. Baik itu tugas dari pekerjaan, produksi, editing dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop, Paling Gampang Menerapkannya!

Tentu sebagai manusia kita juga menyadari akan keterbatasan kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Oleh karenanya dengan kita memahami beberapa kendala yang menyebabkan laptop kita bisa mati dengan tiba-tiba, setidaknya kita sudah memiliki bahan untuk antisipasi sejak dini. Semoga artikel tentang sebab laptop mati beserta solusi ini mampu memberikan manfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel