Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Mutakhir, Solusi Tepat Buat Masalah Anda!

Apakah Anda pernah mengalami masalah keyboard yang macet atau permasalahan-permasalahan lain berkaitan dengannya? Sebenarnya ada banyak alternatif cara memperbaiki keyboard laptop bermasalah dan sebab itulah Anda sudah tepat membaca artikel ini.

cara memperbaiki keyboard laptop


Beberapa cara memperbaiki keyboard laptop berikut ini tergolong dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Selain mudah dan efisien, pengguna tak perlu mengeluarkan biaya apabila memang kerusakan pada keyboard laptop tersebut masih dalam taraf dapat diselesaikan sendiri.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Wajib Dicoba!

cara memperbaiki keyboard laptop


Keyboard yang mengalami penurunan kinerja atau bahkan kemacetan total yang menyebabkan hilangnya fungsi perangkat tersebut dapat terjadi karena beberapa hal. Entah faktor internal maupun eksternal. Apabila Anda sedang mengalaminya, usahakan untuk mencoba cara memperbaiki keyboard laptop berikut sebelum membawa nya ke tempat servis.

Baca juga : 

1.Melakukan Restart Terhadap Laptop

Tidak menutup kemungkinan bahwa kemacetan pada keyboard dapat diakibatkan oleh software yang mengalami penurunan daya sehingga membutuhkan pembaharuan atau biasa orang menyebutnya dengan restart.
Kelambatan ataupun kemacetan respon keyboard karena software dapat dikarenakan banyak hal. Misalnya saja karena banyak cache yang menumpuk, lama tidak digunakan, baru saja mengalami benturan atau lain semacamnya.

Cara melakukan restart juga sangat gampang. Anda tinggal klik menu power. Disana pengguna akan disuguhi pilihan untuk “sleep”, “shut down”, dan “restart”. Pilih opsi terakhir tersebut kemudian tunggu beberapa saat hingga perangkat laptop menyala kembali.

2.Deteksi Melalui BIOS

Cara kedua ini masih dalam rangka memungkinkan bahwa kerusakan kinerja pada keyboard disebabkan oleh software yang sedang mengalami tekanan beban atau faktor lainnya. Untuk dapat masuk ke dalam bagian sistem terdalam komputer tersebut, Anda bisa mengecek nya melalui BIOS.
Untuk mengakses BIOS memang sedikit rumit dan mungkin membutuhkan bantuan dari orang yang lebih berpengalaman. Namun meskipun begitu, Anda tetap dapat menemukan bantuan petunjuk penggunaan melalui beberapa alamat website yang tersedia atau video Youtube. Secara penanganan, setiap merk laptop memiliki prosedur yang berbeda dalam mengakses BIOS.

Baca juga : Bagaimana Cara Masuk Bios Laptop Hp? Nih Trik Gampangnya

3.Membersihkan Debu Pada Keyboard

Sudah bukan rahasia lagi apabila debu menjadi salah satu musuh terbesar bagi perangkat mesin, selain air. Meskipun banyak diremehkan, debu memiliki dampak besar dalam mempengaruhi kinerja laptop. Tidak terkecuali ketika ia masuk ke sela-sela tombol keybord Anda. 
Permasalahan debu ini dapat mengakibatkan bantalan di bawah tombol keyboard tersumbat sehingga akan menutupi korelasi nya dengan sistem software. Cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghilangkan pengganggu tersebut dengan memiringkan laptop 90 derajat.

Sebagai alternatif lainnya Anda bisa menggunakan solasi untuk menjebak debu-debu itu supaya menempel pada plastik lengket tersebut. Namun jangan sampai Anda menggunakan benda tajam seperti pisau, silet, atau lainnya karena akan beresiko tinggi menimbulkan kerusakan baru pada software atau hardware.

4.Memperbaiki Keyboard Driver Pada Laptop

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan sebelum membawa perangkat tersebut ke tukang servis adalah mencoba mengupdate Keyboard driver laptop. Hal ini mengantisipasi apabila ternyata kerusakan tersebut dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Cara melakukan identifikasi menggunakan driver keyboard adalah sebagai berikut:

1) Pertama, pilih menu kemudian masuk pada bagian control panel.
2) Setelah memasuki bagian cintrol panel, silahkan masuk pada bagian system and security.
3) Selanjutnya, pilih bagian device manager.
4) Disitu akan ditampilkan bagian-bagian dari hardware komputer. Silahkan pilih “keyboard” dan klik “driver” pada bagian bawahnya.
5) Perhatikan apakah terdapat bentuk segitiga kuning pada bagian atas. Apabila iya, maka itu menandakan bagian itu tidak sedang dalam keadaan normal.
6) Jika sudah dalam taraf ini, Anda dapat melakukan konsultasi kepada ahli dalam bidang servis laptop.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Aman

Tentu tidak ada orang menginginkan sebuah cara memperbaiki keyboard laptop yang sudah diupayakan sedemikian rupa  untuk dapat memperbaiki perangkat elektronik nya justru mengalami kegagalan atau justru kemungkinan paling parah yaitu semakin rusak.

Oleh karenanya, berikut merupakan beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk menghindari hal tersebut. Supaya tidak menimbulkan penyesalan pada akhirnya, simak beberapa tips nya berikut ini:

1.Pilih Panduan Upgrade Sistem dari Sumber Terpercaya

Sebagaimana sudah disinggung diatas bahwa kemungkinan kerusakan pada keyboard laptop bisa saja disebabkan oleh  sistem dalam software. Apabila pengguna belum terbiasa / kurang memahi seluk beluk tersebut, kebanyakan orang akan memilih searching menggunakan internet untuk mempelajari prosedurnya.

Hal ini tentu baik sebab membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu, alamat website yang menyediakan informasi terkait hal tersebut juga melimpah. Akan tetaou, Anda harus tetap benar-benar memperhatikan tentang bagaimana kredibiltas sumber yang Anda pakai.

Tidak semua website dapat memberikan informasi akurat serta bisa menghantarkan pengguna kepada tujuan mereka secara benar. Tidak jarang tutorial yang digunakan tidak berurutan, kurang kompehrensif atau lain sebagainya. Biasakan untuk memilih lebih ketat dalam mengikuti tutorial.

2.Berikan Penanganan bagi Masalah Keyboard Laptop kepada Ahlinya.

Beberapa tips diatas merupakan solusi-solusi pilihan untuk Anda terapkan dalam mengembalikan fungsi keyboard yang tidak berjalan semestinya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kerusakan tersebut memang membutuhkan penanganan berat dari tenaga yang berpengalaman dalam bidang nya.

Hal ini seperti kemungkinan bahwa hardware tersebut harus diangkat untuk diganti. Untuk bisa mendiagnosis dengan tepat, jangan ragu untuk konsultasi bersama dengan mereka. Terutama apabila memang diperlukan tindakan angkat mesin serta penggantian. 

3.Usahakan Melakukan Servis kepada Servide Center Resmi

Membicarakan mengenai perangkat laptop memang bukan perkara yang sepenuhnya sederhana. Sebabnya, membawa kepada tukang servis saja tidak cukup. Demi kebaikan Anda harus berhati-hati dan menyerahkan tanggung jawab tersebut kepada pihak penyedia jasa yang kompeten.
Salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut yakni dengan melakukan konsultasi serta perbaikan kepada agen servis laptop resmi yang biasanya setiap merk memilikinya. Dengan menggunakan pilihan ini, minimal Anda akan mendapatkan jaminan perbaikan lebih besar. Biasanya, Service Center resmi ini mematok harga lebih murah serta memiliki pelayanan prima.

4.Membeli Perangkat Laptop Baru

Kebanyakan kasus menunjukkan bahwa mengusahakan sebuah perangkat supaya dapat berjalan dengan baik dapat memakan waktu serta biaya yang tidak sedikit. Hal ini biasa terjadi kepada perangkat laptop yang memiliki problem kompleks. Tak terkecuali serangan kepada hardware, termasuk keyboard.

Apabila sudah berada pada fase ini, cara lebih aman yang dapat ditempuh yaitu dengan membeli perangkat laptop baru. Masalahnya mesin laptop memiliki umur maksimal masing-masing sesuai klasifikasi kualitas yang dimiliki.

Baca juga: Cara Mengatasi Komputer Lemot, Tanpa Banyak Repot!

Kerusakan pada keyboard dapat juga disebabkan usia laptop yang sudah lama digunakan. So, demikianlah tips mengenai cara memperbaiki keyboard laptop. Semoga bermanfaat serta bisa memberikan Anda solusi tepat dalam menyelesaikan problem tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengikuti artikel-artikel informatif lainnya dalam alamat website ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel