Cara Membersihkan RAM Laptop Paling Mudah Dipahami, Solusi Tepat Buat Kalian!

Cara Membersihkan RAM Laptop


Cara Membersihkan RAM Laptop – Memiliki sebuah laptop di zaman seperti sekarang ini memang sudah seperti kebutuhan yang tidak bias dilewatkan. Sebagaimana penggunaan ponsel yang kian hari menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Terkadang pula saat kita ingin memiliki atu membeli sebuah laptop tentunya kita ingin kualitas laptop kita prima dan mampu berfungsi secara normal. Baik itu dari sisi hardrive nya maupun software nya.

Ada beberapa kasus yang terjadi yang membuat seseorang menjadi bingung saat laptop tiba-tiba berjalan dengan lambat tanpa tau sebab yang pasti. Terkadang salah satu penyebabnya adalah karena RAM yang terlalu penuh dengan beberapa aplikasi yang terbuka pada laptop. Salah satu solusi yang pasti bisa kamu terapkan yakni menghapus memory RAM yang terlalu penuh tadi. Sehingga laju kinerja laptop kamu akn berjalan dengan normal. Namun sebelum berlanjut untuk mengetahui Cara Membersihkan RAM Laptop, kamu perlu tau dulu apa itu RAM.

Pengertian Mengenai Cara Membersihkan RAM Laptop

Cara Membersihkan RAM Laptop


RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory yang memiliki fungsi untuk penyimpanan jangka pendek sebelum diteruskan ke hard disk. Penggunaan RAM dalam sebuah laptop atau computer sangatlah penting, sebab arus data sementara itu semua berkumpul pada RAM ini. Sehingga ketika RAM tidak stabil maka kamu pun bisa kehilangan beberapa konten saat computer atau laptopmu mati secara tiba-tiba.

Penggunaan RAM atau semakin besarnya RAM yang ada pada laptop atau computer, akan semakin memberikan banyak ruang untuk menjalankan program di laptop atau computer tanpa mengganggu kinerja computer secara keseluruhan. Artinya semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki laptop atau computer akan memberikan keuntungan terhadap kinerja yang maksimal dari laptop atau computer itu sendiri.

Namun sebaliknya, ketika laptop atau computer kamu kehabisan space atau ruang RAM, maka secara otomatis laptop atau computer kamu akan menggunakan bagian dari hard drive yang bernama virtual memory. Nah, akibat dari penggunan virtual memory inilah yang menjadi penyebab utama kenapa laptop bisa berjalan dengan lambat. Lalu bagaimana agar kinerja laptop bisa kembali stabil? nah salah satu solusi mudah yakni kamu dapat membersihkan RAM melalui beberapa cara berikut ini :

Baca juga : Cara Menambah RAM Laptop Dengan Mudah Yang Wajib Anda Tahu!

Cara Membersihkan RAM Laptop Yang Penuh Dengan Gampang

Cara Membersihkan RAM Laptop


Berikut ini adalah beberapa Cara Membersihkan RAM Laptop yang penuh. Pastinya, bisa kamu lakukan dengan cara gampang. Tanpa perlu khawatir kesulitan memahaminya. Oke, langsung saja cek di bawah ini:

1. Restart Laptop

Cara yang satu ini memang cukup popular digunakan saat terjadi keadaan nge-lag pada laptop. Terkadang karena beban kerja laptop yang terlalu penuh tiba-tiba laptop bisa nge-lag dan RAM langsung penuh.

Kamu pun bisa langsung me-restart laptop dan menghapus memory serta mengatur ulang semua program yang sedang berjalan. Adapun hasil dari me-restart laptop ini hanya mampu mengkosongkan memory RAM sementara, jika laptop masih menjalankan program-program berat, background, sync dll, maka memory RAM akan cepat penuh kembali. Jika terjadi demikian maka kamu harus sering-sering me-restart laptop secara teratur untuk penggunaan sehari-hari.

2. Matikan Aplikasi Yang Tidak Penting

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya aplikasi apa saja yang sedang berjalan di laptop kamu? nah, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan dilaptop, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi ctrl + shiff + Esc.

Ketika muncul jendela task manajer, kamu bisa memilih untuk klik pada tab processes kemudian klik memory untuk mengetahui beberapa program dilaptop yang menguras memory RAM. Kemudian untuk informasi yang lebih banyak, maka kamu bisa beralih ke menu performance pada bagian memory. Disini kamu bisa melihat penggunaan RAM setiap waktunya. Lanjut untuk info tambahan kamu juga bisa klik open resource monitor pada bagian bawah untuk melihat detail lebih lanjut penggunaan RAM.

Nah, setelah kamu mengetahui detail penggunaan RAM untuk setiap aplikasi, jika kamu ingin mematikan aplikasi yang tidak penting, kamu dapat klik startup kemudian pilih aplikasi yang ingin dimatikan. Caranya dengan klik kanan pada aplikasi yang ingin dimatikan, kemudian pilih dissable.

3. Uninstall Program Yang Dirasa Tidak Terlalu Penting

Saat kamu ingin laptop kamu berjalan dengan normal tanpa mengalami kendala seperti ngelag atau lemot gara-gara RAM yang overload. Maka kamu pun bisa menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting dan memakan banyak memory RAM.

Apalagi jika aplikasi itu sangat jarang kamu gunakan dan membebani RAM maka lebih baik kamu menghapusnya untuk memperlancar kinerja laptop kamu. Caranya pun juga cukup mudah, cukup klik menu start/windows kemudian pilih setting lalu pilih App kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus, pilih klik kanan Uninstall.

Nah, dengan kamu meng-uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting ini secara otomatis akan mengurangi beban kerja dari RAM laptop kamu.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot, Tanpa Banyak Repot!

4. Gunakan Aplikasi Yang Sederhana

Jika keperluan akan RAM di laptop kamu sudah tidak tercover lagi dengan beberapa cara sebelumnya, maka kamu masih punya pilihan lain yakni gunkanlah aplikasi yang sederhana yang tidak begitu memakan RAM laptop kamu.

Seperti halnya kamu bisa mengatur efisiensi RAM dengan menggunkan aplikasi edit foto yang ringan misalnya, jika penggunaan photoshop terlalu berat, maka kamu bisa menggunakan paint.net untuk masalah edit mengedit foto. Walaupun hasilnya tidak bisa sedetil di photoshop tapi setidaknya sudah dapat mewakili kebutuhan kamu.

Lebih lanjut, perhatikan juga program-program yang telah kamu buka, apakah kamu sudah mengecek untuk menutup semua program tersebut agar laptop kamu mampu bekerja dengan maksimal.

5. Pindai Malware dan Virus Di Laptop

Ada baiknya pula jika kamu juga jeli dan cermat untuk memeriksa apakah terdapat virus atau malware dilaptop yang terkadang tidak berlisensi dan mencuri memory RAM sehingga mengakibatkan laptop bekerja dengan lambat.

Jika demikian, ketika kamu ingin membersihkan RAM memory yang penuh, maka kamu dapat melakukan scaning terhadap laptop kamu. Nah, adapun triknya yang bisa kamu terapkan yakni scan satu kali laptop kamu dengan antivirus pilihan kamu, kemudin setelah kmu benar-benar mampu memastikan bahwa sudah tidak terdapat virus atau malware kamu bisa uninstall aplikasi antivirus tersebut. Kemudian setelah selang beberapa waktu kamu bisa install kembali program antivirus tersebut. Hal ini dilakukan sebab terkadang program antivirus itu sendiri juga memakan kapasitas RAM yang banyak.

6. Install Dengan RAM Lebih Besar

Jika dari sekian cara tidak mampu memberi solusi terhadap kebutuhan RAM laptop kamu. Maka kamupun bisa menambahkan RAM kedalam system hard ware laptop. Walaupun cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi cara ini akan benar-benar efektif guna meningkatkan kinerja laptop kamu menjadi lebih sempurna.

Meskipun cara ini terlihat sederhana dengan menambah RAM begitu saja, namun sebenarnya kamu juga perlu tahu apakah RAM yang akan kamu tambahkan nantinya akan cocok dan mampu beroperasi dilaptop kamu. Ada baiknya kamu perlu memastikan jenis RAM yang sesuai dengan laptop kamu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop, Paling Gampang Menerapkannya!

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai Cara Membersihkan RAM Laptop. Semoga bermanfaat buat Anda para Pembaca. Khususnya, untuk kalian yang ingin mengatasi sendiri penanganan RAM supaya bersih dari berbagai debu dan kotoran. Nah, dengan cara yang gampang dan simple di atas pastinya menjadi solusi buat kalian semua. Selamat menerapkan tutorial dari kami Paktoro.com!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel