Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Benar, Solusi Gampang Tanpa Ribet!

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV


Di era yang semakin maju seperti sekarang ini, kebutuhan akan teknologi sangat dibutuhkan untuk terus dikembangkan. Salah satunya adalah kemampuan layar TV untuk menampilkan tayangan dari laptop. Bagi anda yang belum pernah tau sebelumnya mungkin masih sedikit bertanya-tanya. Apakah bisa tampilan dilayar laptop dapat dipindah dan ditampilkan dilayar TV. Jawaban nya tentu bisa, dan pada pembahasan teknologi kali ini akan di uraikan bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV dengan mudah dan simple sehingga bisa anda terapkan dirumah.

Bagi anda sebagai generasi millennial pasti sudah tidak asing lagi dengan pembahasan menyambungkan laptop ke TV. Biasanya hal ini dilakukan ketika kita hendak menonton film seperti box office yang akan lebih nyaman untuk ditonton dilayar yang lebar. Selain untuk keperluan menonton film dengan layar lebar, terkadang untuk menggantikan proyektor saat kita hendak melaksanakan presentasi perihal meyambungkan laptop ke TV ini menjadi suatu keharusan tersendiri. Sebab dengan layar yang lebar maka kita akan mampu melakukan presentasi dengan baik. Nah, dengan demikian kemampuan atau pengetahuan untuk bisa menyambungkan laptop ke tv ini menjadi suatu keharusan yang harus anda miliki. Berikut ini beberapa Cara Menyambungkan Laptop Ke TV yang bisa anda terapkan.

Baca juga : Bagaimana Cara Meredupkan Layar Laptop? Ini Cara Gampangnya

Macam-Macam Cara Menyambungkan Laptop Ke TV 

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV


1. Menyambungkan Laptop Ke TV Menggunakan Kabel HDMI

Jika anda memiliki TV jenis LED atau jenis LCD yang terbaru pasti akan terdapat fitur port HDMI yang biasanya juga dilengkapi dengan kabel HDMI nya pula. Namun biasanya kebanyakn orang tidak memahami apa gunanya fitur HDMI yang ada di TV tersebut. Nah, fitur HDMI tersebut sebenarnya merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyambungkan laptop ke TV, sehingga ketika kita ingin menyambungkan laptop ke TV kita tidak perlu ribet mencari kbel penghubung tertentu.

Adapun cara untuk menyambungkan kabel HDMI antara laptop dan TV ini cukup simple, yakni anda tinggal memasang kabel HDMI yang ada dibagian belakang TV dan yang ada dilaptop. Namun dalam hal ini anda juga harus menyesuaikan antara jarak panjang kabel yang dibutuhkan. Nah bagi anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan kabel HDMI berikut ini langkah-langkahnya:

1) Pastikan bahwa laptop anda sudah menggunakan versi windows yang terupdate
2) Nyalakan masing-masing perangkat yang hendak disambungkan, yakni antara laptop dan TV
3) Kemudian sambungkan kabel HDMI pada port HDMI laptop dengan port HDMI yang ada di TV dengan kabel yang sudah anda perkirakan untuk panjangnya.
4) Pilih menu input HDMI pada TV anda, biasanya terletak pada menu tombol TV/AV
5) Apabila terjadi masalah laptop tidak terkoneksi secara otomatis ke TV maka anda perlu melakukan setting pada control panelnya dengan cara, klik menu control panel, kemudian display, kemudian Adjust Resolution, kemudian pilih TV pada isian display drop box.

Nah, itu tadi langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk menyambungkan laptop ke TV dengan mudah dan dipastikan anda akan dapat melakukan nya. Selain itu perlu anda ketahui juga bahwa, cara menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan kabel HDMI ini adalah cara yang paling mudah dan mampu menghasilkan tampilan gambar HD.

Baca juga: Cara Menghilangkan Malware Di Android Paling Tepat, Solusi Laptop Jadi Aman!

2.Menyambungkan laptop ke TV menggunakan kabel VGA

Cara yang selanjutnya untuk menyambungkan laptop ke TV adalah dengan menggunakan kabel VGA. Pada dasarnya antara kabel HDMI dan kabel VGA ini tidak begitu jauh berbeda, sebab kedunya merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan layar laptop bik ke TV maupun ke layar LCD proyektor. Kabel VGA sendiri merupakan sebuah alternative untuk menyambungkan laptop ke TV jika TV yang akan dihubungkan ke laptop tidak memiliki fitur HDMI.

Adapun cara menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan kabel VGA ini sistematikanya sama saja seperti ketika anda menggunakan kabel HDMI, kabel VGA biasanya dipakai pada kebanyakan TV tabung dan beberapa TV LCD keluaran lama yang tidak dilengkapi kabel HDMI. Namun satu kelemahan dari kabel VGA ini, yakni ia hanya dapat mengirimkan gambar saja tanpa disertai audionya.

Untuk penggunaan kabel VGA ini sebenrnya akan langsung terhubung dengan TV secara otomatis, namun jika pada saat anda menyambungkan kabel VGA tidak dapat menyambung secara otomatis maka anda perlu mengaturnya secara manual. Nah, bagi anda yang masih bingung bagaimana tutorial nya berikut penjelasan secara rinci.

1) Nyalakan laptop dan TV yang hendak anda sambungkan.
2) Sambungkan kabel VGA antara laptop dengan TV. Untuk TV tabung biasanya letak port VGA berada pada belakang TV, sedang untuk laptop port VGA rata-rata berada disisi samping laptop sejajar dengan port HDMI dan USB.
3) Apabila ketika anda menyambungkan laptop ke TV tidak kunjung muncul gambar pada TV, maka anda perlu melakukan setting secara manual. Caranya pada laptop anda masuk pada meu control panel, kemudian klik display, kemudian pilih adjust resolution, lalu anda pilih TV display drop box. Maka tampilan dari layar laptop akan muncul pada layar TV.
4) Karena kabel VGA hanya dapat menyambungkan tayangan gambar saja, maka jika anda menghendaki adanya suara maka anda perlu menambah perangkat tambahan untuk menyambungkan suara atau audionya.

Nah, itu tadi tutorial singkat bagaimana menyambungkan TV ke laptop dengan menggunakan kabel VGA. Meskipun penggunaan kabel VGA ini tidak mampu menyalurkan audio namun setidaknya sudah mampu memenuhi kebutuhan anda untuk menyambungkan layar laptop ke TV.

3.Menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kebel atau wireless

Untuk pilihan cara menyambungkan layar laptop ke TV selanjutnya adalah dengan tanpa kabel apapun atau berbasis wireless. Apakah bisa ? tentu bisa saja, kini anda dapat menggunakan alat yang namanya Chromecast. Nah, dengan alat ini kita bisa menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kabel.

Chromecast merupakan alat untuk menyambungkan laptop ke TV yang dinilai paling praktis dan sangat modern. Sebab dengan alat ini anda dapat menyambungkan laptop ke TV dengan sangat simple, bahkan alat ini juga bisa digunakan untuk menyambungkan HP smartphone baik android maupun IOS ke TV. Nah, perlu anda ketahui juga bahwa Chromecast ini merupkan salah satu produk unggulan dari Google yang bertujuan untuk memberikan inovasi terbaru terhadap dunia teknologi, terutama para pecinta gadget. Nah, berikut ini adalah tutorial penggunaan Chromecast untuk anda tentunya:

1) Chromecast ini memiliki 2 bagian, yakni satu bagian yang dilengkapi dengan kabel HDMI yang harus anda sambungkan ke port HDMI TV. Kemudian satu bagian yang lain anda hubungkan dengan port USB yang tersedia pada perangkat laptop anda.
2) Nyalakan TV dan secara otomatis TV akan mendeteksi Chromecst ini yang kemudian dapat anda samakan kode verivikasinya dengan Chromecast yang ada pada perangkat laptop anda.

Nah, cukup simple bukan? meskipun sebenarnya Chormecast ini menggunakan system koneksi wireless yang lumayan simple, namun anda juga perlu mengeluarkan biaya yang lumayan untuk pengadaan alat ini. Dipasaran alat ini di jual dengan harga sekitar 700 ribuan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop, Paling Gampang Menerapkannya!

Demikian artikel dari kami, tentang Cara Menyambungkan Laptop Ke TV. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya. Sehingga, dapat memudahkan Anda dalam menerapkan keperluan akan hal ini. Oke, sekian dari kami dan terimakasih. Jika ini bermanfaat, silahkan share ke semua sosial media kalian!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel