Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop, Paling Gampang Menerapkannya!

Apabila Anda adalah seseorang yang berada di depan laptop setiap hari / sering menggunakannya, maka kemunculan iklan pada tampilan internet yang sedang dibuka sangatlah mengganggu. Bahkan terkadang notifikasi tersebut berbentuk bayangan sehingga menutupi bagian yang sedang dibaca. Bagaimanakah cara menghilangkan iklan di laptop?

cara menghilangkan iklan di laptop


Sebenarnya, cara menghilangkan iklan di laptop sangat mudah, bahkan dapat dilakukan siapa saja. Banyak pilihan cara tersebut tidak perlu dilakukan dengan rumit. Langsung saja, berikut di bawah ini penjelasannya.

Macam-Macam Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop 

Munculnya iklan di laptop bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa jadi dikarenakan virus maupun pembawaan dari aplikasi tertentu yang di download oleh pengguna. Analisis terhadap penyebab digunakan sebagai dasar dalam merumuskan solusi masalah tersebut. jadi berikut ini cara menghilangkan iklan di laptop:

cara menghilangkan iklan di laptop


Baca juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot, Tanpa Banyak Repot!

1.Menghapus Aplikasi yang Diduga Memicu Iklan Tersebut

Cara pertama yaitu dengan menghapus aplikasi yang memiliki kecenderungan menimbulkan iklan sejenis. Hal ini bisa terjadi kepada aplikasi apa saja, baik online maupun offline, kalaupun tidak melalui aplikasi tersebut, terkadang bisa terinstal bersamaan dengan ketika Anda mengunduh aplikasi sendiri. Apabila Anda masih agak bingung mengidentifikasi manakah aplikasi penyebab tersebut, cobalah untuk mengikuti langkah berikut:

1) Pertama, nyalakan perangkat Personal Computer (PC) atau laptop Anda.
2) Silahkan langsung menuju control panel lalu ketikkan di dalamnya kata  “Search”
3) Setelah itu, silahkan masuk pada bagian “Uninstall a Program”.
4) Setelah itu akan muncul deretan aplikasi yang terpasang pada perangkat laptop Anda.
5) Pilihlah aplikasi mana yang sekiranya memicu kemunculan iklan. Apabila Anda bingung untuk mengidentifikasi, coba cari nama folder yang kurang familiar dan merasa tidak pernah menginstal nya. Folder aplikasi bodong biasanya memiliki nama acak dan icon aplikasi. Jika Anda sudah menemukannya maka folder tersebut dapat langsung di uninstal.
6) Selanjutnya apabila sudah ketemu, tugas Anda adalah melakukan klik kanan kemudian pilihan uninstal.
7) Tunggu beberapa waktu hingga proses penyopotan selesai.  Setelah itu restart.
8) Setelah itu, coba cek kembali apakah iklan masing sering muncul pada laptop Anda. Apabila ternyata masih ada, maka pengguna dapat mencoba cara lain yang akan disebutkan selanjutnya.

2.Melakukan scanning untuk Mengantisipasi Iklan berasal dari Virus

Cara selanjutnya yakni melakukan scanning virus. Supaya lebih gampang dan anti ribet, gunakan saja layanan bawaan dari laptop, tidak perlu menginstal aplikasi apapun lagi. Salah satu yang efektif adalah windows defender.

Virus ini banyak sekali jenisnya, sekaligus juga dapat berasal dari banyak tempat. Bisa saja dari flasdisk teman, bawaan sebuah aplikasi, atau dari internet yang biasa disebut adware. Adapun tutorial untuk melakukan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1) Pertama, silahkan masuk ke dalam windows defender. Supaya mudah, Anda bisa langsung mengetikkan nama tersebut pada kolom search.
2) Pilih opsi Quick / full tergantung kepada kebutuhan. Apabila iklan yang muncul cukup banyak, Anda bisa melakukan full scan demi mengidentifikasi seluruh file secara mendalam.
3) Tunggu proses scanning tersebut hingga selesai.
4) Jika sudah. Lakukan restart pada laptop.

Baca juga : Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop? Nih Jawabannya

3.Menghapus Data Cache Pada Laptop

Cache merupakan data sisa proses operasi perangkat. Manfaatnya adalah untuk menyimpan data-data yang pernah diakses sehingga bisa dibuka kembali dengan mudah. Namun dampak negatifnya, mereka dapat memenuhi ruang penyimpanan laptop dan juga membawa iklan pada tampilan.

Tidak ada salahnya Anda melakukan pembersihan terhadap mereka, apabila pengguna memang benar-benar tidak menggunakan nya untuk menelusuri alamat yang pernah diakses. Caranya adalah sebagai berikut:

1) Nyalakan terlebih dahulu PC / laptop Anda.
2) Silahkan masuk dalam program Run. Bagi yang belum tau, menu ini dapat diakses dengan cara menekan tombol windows + huruf R.
3) Jika sudah, akan muncul kotak dialog di dalamnya. Ketikkan kata ‘run’ kemudian klik oke.
4) Setelah itu, akan muncul deretan file disana. Itulah yang dimaksud sebagai daftar temporary file. Klik ctrl+A untuk memblok seluruh file tersebut.
5) Jika sudah, langsung pencet tombol delete. Semua file itu akan terhapus sekaligus secara keseluruhan.
6) Selanjutnya, buka kembali program “Run”
7) Jika muncul kotak dialog, isi kolom di dalamnya menggunakan kata ‘ %temp% ‘ (tanpa tanda petik).
8) Ulangi lagi langkah untuk memusnahkan file temporary tersebut. Supaya singkat gunakan ctrl +A kemudian tekan tombol delete.
9) Jika sudah, lakukan restart pada laptop Anda. Kini cache pada laptop sudah jauh berkurang.

Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop Pada Windows 10 Mudah

cara menghilangkan iklan di laptop


Windows 10 merupakan software sistem keluaran terbaru yang mengusung banyak layanan dan penggunaan akses dari bentuk tipe sebelumnya. Tak terkecuali dalam hal menghilangkan iklan, windows 10 memiliki cara tersendiri yang disediakan oleh program dan mudah dilakukan. Berikut caranya;

1.Buka bagian settings laptop, kemudian pilih system.
2.Pilih menu notifications.
3.Masuk pada kolom ‘show me the windows welcome experience’ klik off.
4.Buka settings dari awal kembali. Kemudian pilih personalization lalu klik start.
5.Pindah showing suggestion pada bagian off.
6.Masuk lagi dari awal ke settings, buka notification, klik bagian get tips, trick, and suggestion lalu off kan.
7.Buka bagian explorer, pilih view, nonaktifkan bagian sync provider notifications.   
                     
Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop Secara Umum

Berbeda iklan, berbeda pula dengan notifikasinya. Notifikasi iklan lebih berbentuk pemberitahuan mengenai informasi sebuah produk dengan menyertakan link yang dapat Anda buka. Pemberitahuan ini juga tidak kalah menyebalkan, oleh karenanya perlu diberantas secepat mungkin apabila sudah tidak dapat digunakan. Berikut tutorial cara menghilangkan iklan di laptop:

1.Nyalakan terlebih dahulu laptop Anda.
2.Sambungkan perangkat laptop dengan jaringan internet.
3.Jika sudah, silahkan masuk dalam google chrome.
4.Perhatikan titik tiga berdiri yang berada pada bagian kanan atas,
5.Setelah itu akan muncul kotak opsi. Pilih bagian setting yang terletak di urutan 3 dari bawah.
6.Jika sudah, kembali scrol kotak opsi dan temukan menu advance. Langsung klik.
7.Klik lagi bagian site settings
8.Kemudian cari menu notification, klik.
9.Disana Anda akan disuguhkan deretan alamat website yang biasa menampilkan notifikasi iklan.  Di sebelah kanan terdapat titik tiga bertingkat yang didalamnya terdapat 3 opsi, yaitu block, edit, dan remove.
10.Remove berfungsi untuk menghilangkan izin iklan tersebut, sedangkan block berguna memblokir notifikasi dari sistem tersebut. Silahkan pilih salah satu dari pilihan tersebut.
11.Jika Anda ingin menghilangkan notifikasi secara keseluruhan pada laptop, lakukan togle pada bagian kanan “ask before sending “ sehingga berubah menjadi blocked. Geser tombol ke kanan.
12.Kini, Anda sudah berhasil mematikan notifikasi iklan yang menyebalkan tersebut.

Baca juga : Cara mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif Dan Mudah

Berbagai tips, trik dan cara menghilangkan iklan di laptop dapat bermanfaat bagi Anda sebagai informasi jitu. Semoga bermanfaat dan perangkat laptop Anda terhindar dari berbagai macam gangguan, baik itu iklan, notifikasi pop up atau lain sejenisnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel