Tips Cara Membersihkan Virus Di Laptop Sampai ke Akarnya



Sangat Menyebalkan Bukan, Jika Laptop Error Tiba-Tiba?

cara membersihkan virus di laptop


Tentu hal ini harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan banyak masalah baru, misalnya hilangnya file-file penting, terlambat mengerjakan dateline pekerjaan, hingga kemungkinan kerusakan yang lebih parah. Oleh karenanya, tak mengherankan kalau cara membersihkan virus di laptop sebagai langkah pertama dan penting dipelajari.

Selain mempelajari beberapa tips cara membersihkan virus di laptop sebagai langkah pencegahan, disini juga akan dijelaskan lebih dahulu apa saja penyebab kemunculan virus di laptop anda. Dengan begitu, minimal pengguna menjadi tau darimana virus-virus itu berasal dan kemudian melakukan pencegahan.

Baca juga: Waspadai Virus Paling Berbahaya Di Laptop Berikut

Sebab Munculnya Virus Di Laptop

cara membersihkan virus di laptop


Virus digital atau juga biasa disebut malware muncul dikarenakan beberapa alasan misalnya membuka file di website yang kurang populer dan mengandung virus. Virus ini sendiri banyak sekali macamnya beserta tipe dan cara kerjanya dalam merusak sistem laptop. Oleh karenanya, dibutuhkan cara membersihkan virus di laptop yang menyeluruh dan efektif. Berikut beberapa sebab masuknya virus ke dalam komputer:

1.Mengunduh File dari Situs

Apabila anda adalah seseorang yang sering melakukan download file di website, entah berupa dokumen, film, aplikasi atau lainnya, sangat disarankan lebih berhati-hati. Alasannya banyak permasalahan virus komputer bermula dari sini.
Ciri-ciri website mencurigakan, diantaranya yakni halaman web yang minim narasi, tidak memiliki penataan bahasa yang baik, atau kejanggalan ciri-ciri fisik lainnya dibandingkan web pada umumnya.

2.Tidak Ada Perangkat Antivirus

Pada umumnya, ketika anda membeli laptop baru maka perangkat anda akan dipasang software anti virus. Software ini bermanfaat untuk memindai setiap file yang ada di dalam komputer dan memastikan semuanya dalam keadaan netral dari virus. Minimal, hal ini membantu pengguna dalam mendeteksi dan memberantas para virus.

3.Tidak Pernah Melakukan Update Virus

Perangkat virus memiliki 2 fitur, yakni pengecekan antivirus otomatis setiap kali pengguna menyalakan laptop serta yang perlu diaktifkan secara menyeluruh dulu. Yang kedua ini, lebih detail dan menyasar semua file yang terdapat dalam laptop.
Penelitian terbaru mengatakan, ada satu virus baru yang akan berhasil  lolos dari pemindaian otomatis. jadi, tanpa mengandalkan oto-pindai tidaklah menjamin aman dalam jangka waktu panjang.

4.Surat Elektronik

Meskipun sebab ini lebih jarang dibandingkan sebab lainnya, namun cara ini cukup efektif. Surat elektronik tiba-tiba masuk ke dalam alamat email dan ketika dibuka akan menyebarkan virus tersebut ke seluruh bagian komputer / laptop tanda disadari pengguna.
Email ini umumnya tidak berbentuk sebagaimana email biasanya. Isinya berupa kode-kode huruf dan angka. Jadi apabila anda mendapatkan email aneh dari alamat yang tidak dikenal, lebih baik jangan hiraukan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus di Hp Tanpa Ribet Untuk Pemula

Tips Cara Membersihkan Virus Di Laptop

Disini, akan dijelaskan beberapa tips cara membersihkan virus di laptop yang ampuh dan dijamin tuntas menghalau para virus nakal. Metode ini juga sudah banyak dipraktekkan oleh para praktisi hingga alternatif banyak pengguna laptop dan komputer. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah nya:

1.Menggunakan Perangkat Anti Virus

Perangkat virus macamnya sangat banyak dan dapat dipasang dengan mudah. Anda dapat memilih memakai Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky atau lainnya. Usahakan berkonsultasi dahulu sebelum membeli kepada orang yang lebih berpengalaman dalam bidang tersebut, perangkat anti-virus apa yang paling tepat digunakan.
Setelah itu, jangan lupa juga melakukan pemindaian secara mendetail ke seluruh perangkat secara rutin. Minimal satu kali selama satu bulan. Langkah ini, akan efektif sekali menjaga perangkat laptop / komputer.

2.Menggunakan Command Prompt (CMD)

Kelebihan menggunakan dtrategi cmd ini ialah pengguna tidak perlu menginstall perangkat pengaman virus baru. Pada tips ini, anda bisa langsung menghapus file-file mencurigakan yang diduga benalu dalam laptop. Berikut caranya:

a.Nyalakan laptop kemudian klik menu start
b.Ketik cmd
c.Klik kanan untuk melakukan administrator. Lebih tepatnya, ‘run as administrator’.
d.Ketikkan pula folder mana yang ingin di cek. Misalkan drive C maka silahkan mengetik dir C: attrib-s-h/s/d. (tanpa titik). Langsung tekan enter.
e.Selanjutnya akan muncul data command prompt dari lokal penyimpanan tersebut. anda bisa membaca file tersebut satu persatu, manakah yang sekira asing dan tidak dikenal anda dapat menghapusnya. Ciri lain dari virus ini adalah memakai format EXE

Jika cara diatas tidak dapat dihapus, silahkan keluar. Masuk ke run dengan cara mengetik Ctrl+R. Kemudian ketikkan nama file nya dan pilih opsi hapus.

Jika masih tak bisa, anda dapat masuk ke Run lagi, pilih regedit, edit, kemudian klik find. Akan muncul kolom yang memudahkan anda untuk memasukkan nama virus tadi kesana. Langsung pilih hapus, termasuk folder dan berkas registry.

Jika terdapat lebih dari satu file, silahkan ulangi setiap langkah. Demikianlah cara mengakses virus dan memusnahkannya dengan mudah, bahkan bisa dilakukan siapa saja. 

3. Rescue Disk

Tips membersihkan virus komputer dengan metode yang dimiliki oleh laptop sendiri lainnya yakni melakukan rescue disk. Pengguna dapat menggunakannya melalui scanner pra-boot. Rescue disk ini mengandalkan windows defender online yang sudah ada di dalam perangkat laptop baru.

4.Membawa Laptop Ke Ahli Service Andalan

Apabila 3 cara diatas masih tak juga mengatasi atau sulit untuk diterapkan, maka pilihan selanjutnya yaitu membawa laptop kepada ahli service. Memberikan suatu permasalahan kepada ahlinya merupakan solusi terbaik. Meskipun harus mengeluarkan dana lebih, minimal anda masih memiliki harapan bahwa laptop dapat kembali seperti semula tanpa harus melakukan install ulang.

5.Melakukan Install Ulang

Install ulang merupakan opsi terakhir untuk menyelesaikan problem virus. Namun, kasus ini umumnya hanya terjadi pada kasus yang sudah sedemikian parah, entah karena virus terlalu berbahaya, menginfeksi terlalu lama, atau faktor-faktor lainnya. Resiko dari pilihan menginstall ulang ialah, anda akan kehilangan data-data penting yang ada di laptop.

Namun anda dapat membackup-nya lebih dahulu sebelum diinstall supaya kerugian penyimpanan tidak terlalu besar. Install ulang dapat dilakukan oleh kounter service yang sudah berpengalaman, sehingga lebih aman.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop? Nih Jawabannya

Demikian, beberapa tips cara membersihkan virus di laptop yang sangat layak anda coba apabila sedang berhadapan dengan ancaman malware. Terus berhati-hati dan jangan sembrono dalam mengeksplorasi data-data yang ada di dalam dunia internet karena bahaya oknum-oknum jahat selalu siap mengintai. Bagi anda yang belum pernah mengalami permasalahan terkait virus, tak ada salahnya untuk selalu menjaga diri serta perangkat komputer anda dengan cara mewaspadai sebab-sebab munculnya virus yang sudah disebutkan diatas. Semoga catatan sederhana ini bermanfaat dalam membantu pembaca sekalian terhindar dari bahaya malware. Jangan lupa untuk selalu mengikuti artikel-artikel lainnya yang tentunya tak kalan informatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel