Cara Flash HP Xiaomi dan Tujuannya

Apakah Kalian Salah Satu Pengguna Setia HP Xiaomi?

cara flash HP Xiaomi


Handphone android Xiaomi kini memang sedang memiliki banyak peminat. Pasalnya, dengan kualitas fitur yang bagus dan beragam, hp ini dapat bersaing dengan berbagai merk handphone mahal lainnya. Namun, sebagaimana android pada umumnya, informasi mengenai cara flash HP Xiaomi tetap dibutuhkan.
Sebelum mengetahui cara flash HP Xiaomi, pengguna juga perlu mengetahui dulu apa itu flash serta tujuannya. Biasanya, beberapa orang melakukan teknik ini di counter terdekat sebab malas ribet, takut salah, dan lain sebagainya. Padahal melakukan teknik ini sebenarnya tidak terlalu sulit.

Fungsi Melakukan Flash Pada HP

cara flash HP Xiaomi

Flash atau bisa juga disebut menggunakan kata kerja, yakni flashing berarti sebuah teknik menginstall ulang sistem android dari perangkat. Proses ini perlu dilakukan ketika terjadi kerusakan pada software ataupun sistem error. Pada umumnya, setiap handphone berpotensi untuk mengalami error sistem, dan tentunya butuh tindakan sebagaimana cara flash HP Xiaomi.

Ada beberapa permasalahan yang membuat seseorang perlu melakukan flashing pada handphone, misalnya seperti lupa kode pengelola / pola kunci utama / sandi telfon, perangkat software sering mati tiba-tiba / hang, hingga  kesalahan sistem lainnya. Lalu apa fungsi dilakukannya flashing? Uraian di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut:

Baca juga: Cara Menemukan Hp yang Hilang Paling Masuk Akal

a. Mengganti sistem perangkat yang rusak dengan sistem baru

Fungsi flash pertama yakni mengganti sistem android secara total. Sebagaimana sudah disinggung beberapa kerusakan atau kejadian lupa sandi kunci pada sistem, membuat pengguna tidak memiliki pilihan lain selain mengganti keseluruhan perangkat tersebut.

b. Meningkatkan performa android menjadi lebih cepat / lengkap 

Selain tindakan flashing dibutuhkan ketika terjadi kerusakan pasa perangkat handphone, langkah ini juga dapat dipakai jika pengguna ingin meningkatkan performa hp nya. namun, fungsi ini sangat terbatas, dalam artian tidak dapat ditingkatkan terlalu signifikan. Peningkatan ini biasanya dalam tataran saturasi, penyimpanan dan kemampuan olah data sebagaimana kapasitas software. 

c. Mengubah pemakaian sistem menjadi lebih mudah / seperti yang diinginkan
Perubahan selanjutnya yang dapat dilakukan melalui proses flashing adalah pemakaian sistem yang lebih mudah atau menyerupai tipe yang lebih tinggi. Sebagaimana sudah disinggung diatas, melakukan flashing tidak hanya dilakukan ketika ada kerusakan, tapi bisa juga untuk memperbaiki aplikasi sistem.

d. Mengubah tampilan menjadi fresh dan anti-mainstream  

Bagi anak-anak muda, tampilan hp yang keren dan limited merupakan sebuah kebanggaan. Demi hal itu, beberapa anak nekad melakukan flashing demi mendapatkan tampilan handphone yang kece dan tak tertandingi.

Demikian beberapa fungsi flashing pada handphone. Mulai dari perbaikan hingga untuk gaya-gayaan. Namun perlu diingat, tindakan flashing tidak tanpa akibat. Flashing menyebabkan android lebih rentan terhadap kerusakan, menghilangkan garansi yang diberikan oleh perusahaan Xiaomi, serta penurunan performa pada beberapa sistem bawaan.

Cara Flash HP Xiaomi

cara flash HP Xiaomi



Pihak Xiaomi sendiri sudah menerbitkan website khusus yang menjelaskan bagaimana cara flash HP Xiaomi yang aman dan dianjurkan. Melakukan flashing dengan prosedur tidak sesuai hanya akan merusak tatanan sistem dasar dari android tersebut. di bawah akan dijelaskan tiga tutorial melakukan flashing yang mudah dan dapat anda lakukan sendiri.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus di Hp Tanpa Ribet Untuk Pemula

a. Menggunakan Metode HardReset 

HardReset merupakan nama lain yang digunakan oleh pihak pihak Xiaomi dalam menyebut flashing. Metode pertama ini juga sudah terdalam dalam sistem bawaan smartphone, sehingga pengguna tidak perlu melakukan install aplikasi tambahan. Tutorialnya yakni sebagai berikut:

1.Pertama, pastikan android dalam kondisi prima. Baterai usahakan posisi full.
2.Tekan tombol power serta volume yang terdapat di bagian samping secara bersamaan. Tekan salah satu saja dari tombol volume, bisa up / down.
3.Setelah beberapa detik, akan muncul logo Xiaomi yang menandakan bahwa anda sudah masuk dalam menu recovery. Pilih opsi bahasa Inggris yang kemungkinan paling anda kuasai atau bahasa lainnya.
4.Selanjutnya, pilih opsi wipe data / factory riset. Maksudnya ialah meriset besar-besaran perangkat hp Xiaomi.
5.Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan lagi, pilih opsi wipe all data.
6.Konfirmasi dengan menekan tombol yes.
7.Anda perlu menunggu beberapa saat hingga proses berjalannya hard reset selesai berjalan. Setelahnya, android Xiaomi sudah dalam kondisi siap untuk mengalami tindakan flashing.
8.Lakukan reboot dahulu saat proses selesai.
9.Tunggu beberapa saat, hingga Xiaomi hidup kembali.

b. Menggunakan Menu setting di HP Xiaomi

Cara kedua yaitu memanfaatkan menu setting pada HP Xiaomi. Cara ini tidak kalah mudah dibandingkan cara pertama. Selain menggunakan menu setting, langkah ini juga sangat mengandalkan pasword Mi akun. Tanpa panjang lebar, langsung saja berikut ini caranya:

1.Pertama, pastikan hp android xiaomi dalam keadaan prima.
2.Silahkan tekan menu setting / setelan.
3.Scroll isi menu tersebut. Temukan opsi setelan tambahan.
4.Jika sudah, didalamnya cari sub menu “cadangkan dan setel ulang”.
5.Di dalamnya, pilih opsi sub menu “reset ke setelan pabrik”. Apabila anda ingin menyimpan semua data dari sistem lama. Langkah ini harus dilalui dan kemungkinan membutuhkan waktu beberapa lama. Namun jika data tersimpan sudah tidak dibutuhkan lagi, pengguna dapat memilih ’hapus semua data’ yang terdapat di bagian paling bawah.
6.Selanjutnya, akan muncul kolom yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan data kode kunci handphone serta memastikan bahwa akan sebelumnya sudah ter log out dengan baik.
7.Jika sudah, anda perlu menunggu beberapa saat hingga hp selesai melakukan proses flashing otomatis nya.

c. Memanfaatkan pihak-pihak eksternal

Cara terakhir melakukan flashing pada xiaomi yakni dengan melibatkan beberapa pihak ketiga. Menurut panduan, ada 2 kategori yang harus dipenuhi untuk melakukan langkah ini yaitu memakai software dan hardware.

Adapun software yang dibutuhkan yaitu aplikasi MI PC Suite (pada laptop atau komputer), MIUI flashing tool, serta MIUI ROM yang disesuaikan dengan tipe smartphone. Selain itu, hardware yang dibutuhkan yaitu laptop / PC, serta aplikasi-aplikasi diatas terpasang dalam hardware masing-masing.

1.Install MI PC Suite di Pc / laptop. Pastikan perangkat tersebut dapat dilibatkan dalam proses ini.
2.Ekstrak MIUI ROM global sesuai tipe handphone.
3.Terus hasil ekstrak tersebut di folder C. Jangan lupa ganti namanya agar mudah dicari.
4.Klik file ‘flash_all_except_data_storage’
5.Hubungkan HP Xiaomi dengan PC menggunakan kabel data.
6.Jalankan MIUI FlashingTool di laptop.
7.Klik browse lalu pilih ROM MIUI yang tadi sudah diekstrak.
8.Klik refresh.
9.Pilih menu ‘Fash all except storage’.
10.Selanjutnya cari perangkat HP pada laptop / PC. Selanjutnya pilih menu device .
11.Klik ‘flash’ dan tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai.

Baca juga: Cara Flash HP Samsung Paling Mudah Dipahami, Solusi Lakukan Service Smartphone Sendiri!

Demikian penjelasan singkat dan lengkap mengenai cara flash HP Xiaomi. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya para Pembaca Watpedia. Sampai berjumpa di content kami yang selanjutnya Pemirsa! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel