Ada Banyak Cara Melihat Spek Komputer Disini

Cara melihat spek komputer


Apa Itu Spek Komputer?

Kata spek merupakan kata pendek dari spesifikasi. Spesifikasi merupakan tipe yang pasti dicantumkan dalam sebuah produk, baik makanan, pakaian, kendaraan, atau alat elektronik. Cara melihat spek komputer juga mudah dan beragam karena pasti dicantumkan dengan jelas oleh pihak perusahaan.

Dalam dunia perdagangan, spesifikasi merupakan bagian penting yang harus diketahui oleh pembeli. Dalam spesifikasi tercantum kualitas dan kapasitas komputer yang berperan menentukan harga. Tak jarang, pembeli awam tertipu oleh bujuk rayu penjual tidak bertanggung jawab. Informasi mengenai Cara melihat spek komputer sangat penting diketahui agar tidak terjadi hal serupa.

Baca juga: Bagaimana Cara Meredupkan Layar Laptop? Ini Cara Gampangnya

5 Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Komputer

Cara melihat spek komputer


Cara melihat spek komputer terdiri dari beberapa cara, dan pada pembahasan kali ini akan dijelaskan 5 cara paling mudah untuk mengetahuinya. Cara ini banyak ditempuh oleh mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia komputer, sebab spesifikasi ini turut menentukan langkah apa yang diperlukan ketika terjadi kemacetan sistem / kerusakan.Tanpa panjang lebar lagi, berikut trik-trik nya:

1. Memanfaatkan Informasi Sistem

Cara pertama dan paling mudah yakni dengan membuka bagian informasi sistem. Langkah ini dapat dilakukan baik pada Personal Computer (PC) maupun laptop. Caranya, anda tinggal membuka start menu, kemudian ketikkan dalam kolom pencarian ‘information system’ atau msinfo32. Selanjutnya tekan tombol enter.

Disana, akan dicantumkan data-data terkait sistem perangkat komputer. Mulai dari model atau jenis sistem, informasi mengenai BIOS dan prosesor, hingga tanggal terakhir dilakukan filmware pada memori. 

2. Memanfaatkan Pilihan Setting Aplikasi

Selain melalui sistem informasi, spesifikasi komputer juga dapat dilihat pada menu setting yang pastinya dimiliki oleh seluruh perangkat informasi elektronik, tak terkecuali komputer dan laptop. Caranya, langsung buka menu setting, lalu klik opsi system, dan klik ‘about’.

Selain melalui kolom start, cara mudah lainnya untuk membuka spesifikasi dalam setting menu ialah langsung membuka control panel, kemudian mengetik opsi ‘system’. Isi informasi ini kurang lebih akan sama lengkapnya dengan apa yang dicantumkan dalam informasi sistem sebelumnya.

3. Menggunakan Software Tambahan

Apabila anda merasa kurang puas dengan informasi spesifikasi perangkat yang diberikan oleh sistem itu sendiri, maka melakukan instalasi pada software ketiga juga tidak ada salahnya. Di sisi lain, instalasi ini cukup mudah serta tersedia dalam beberapa jenis.

Misalnya yaitu software CPU-Z. Sistem didalamnya memungkinkan pengguna mengetahui seluruh bagian komputer tersebut, termasuk juga bagian-bagian mendetail dalam RAM. Selanjutnya juga ada Speecy yang sangat mudah dipakai dan sangat rinci. Terakhir, ada Dxdiag yang menampilkan informasi spesifikasi melalui diagram yang pastinya membuatnya semakin rinci dan akurat. Ketiganya dapat diunduh dengan singkat di alamat website CPUID.com. 

4. Melalui Command Prompt

Opsi terakhir yaitu melalui Command Prompt. Menu ini memang serba guna, karena bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari mengetahui spesifikasi komputer hingga BIOS. Cara mengaksesnya cukup mudah, dengan mengetikkan ‘command Prompt’ pada kolom menu pencarian. Selanjutnya klik kanan, masuk bagian run as administrator.

Terakhir, ketikkan system info. Lalu langsung tekan enter. Disana akan tertera soesifikasi perangkat komputer dengan rinci dan tepat seperti yang anda butuhkan. 

5. Melalui Kardus Kemasan Komputer

Apabila anda baru saja membeli perangkat baru, jangan serta merta membuang kemasan kardus komputer tersebut. Alasannya, pada kardus ini tercantum data-data spesifikasi dari laptop didalamnya.

Selain itu, menyimpan kardus ini bermanfaat apabila suatu hari nanti anda berkepentingan menjualnya. Menyertakan kardus laptop bermanfaat menaikkan harga jualnya. Selama penyimpanan tersebut, pengguna dapat memanfaatkannya untuk wadah sesuatu, seperti buku, dokumen, maupun berkas-berkas lainnya yang sesuai.

Baca juga: Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop? Ini Cara Gampangnya

Apa Pentingnya Mengetahui Spesifikasi Komputer?

Banyak orang masih menganggap bahwa mengetahui spesifikasi seputar perangkat komputer mereka adalah penting. terutama bagi para perempuan. Alasannya karena dalam pikiran mereka, sistem komputer itu rumit sehingga tidak menarik untuk mengetahui.
Padahal, Cara melihat spek komputer tidak sesulit itu bukan?

Setelah mengetahui berbagai cara mengetahui spesifikasi laptop diatas, di bawah ini juga akan dijelaskan 4 poin tentang pentingnya mengetahui spesifikasi perangkat komputer yang akan menguntungkan pengguna pada beberapa momen seperti di bawah ini:

1. Memudahkan Menyesuaikan dengan Aplikasi

Setiap komputer tentu memiliki kapasitas berbeda-beda dengan fungsi yang juga tidak sama. Oleh karenanya, seorang pengguna komputer pentung untuk mengetahui identitas perangkat masing-masing. Caranya, sudah disebutkan secara lengkap sebagaimana tertera di atas.

Ada banyak kasus, perangkat hardware komputer mengalami kerusakan parah sebab menginstall sebuah game yang tidak sesuai spesifikasi nya dengan kapasitas komputer. Beberapa game memang memiliki ukuran sangat besar serta membutuhkan kekuatan sistem ekstra ketika memainkannya.

Kerusakan seperti ini, bisa timbul dari ketidaktahuan pengguna mengenai kapasitas komputernya, apakah layak atau tidak untuk menjalankan program-program asing di luar aplikasi bawaan komputer.

2. Menentukan Harga Ketika Ingin Menjual

Jika anda ingin menjual komputer, pastikan mengetahui spesifikasi perangkat tersebut dengan baik agar tidak keliru mematok harga. Pembelian perangkat elektronik tidak cukup dilihat dari segi fisiknya saja, tetapi juga harus melalui kapasitas sistem di dalamnya.

Apabila anda tidak mengetahui spesifikasi laptop, ada kemungkinan penipuan oleh orang-orang yang lebih ulung dan paham. Terdapat kemungkinan oknum tersebut membeli dengan harga jauh lebih sedikit dari seharusnya dengan argumen-argumen. Anda tak mau itu terjadi, bukan? oleh karenanya, jangan lupa mengamalkan tutorial diatas tadi.

3. Memudahkan Proses Perawatan

Komputer itu tak ubahnya seperti anak yang perlu dirawat dan diperhatikan kebersihannya supaya tetap sehat. Terutama apabila anda menggunakannya dengan intensitas sering. Maka kemungkinan perangkat mengalami penurunan kinerja juga lebih banyak. Entah faktor hardware, debu, maupun kemungkinan lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan, merawat laptop juga tidak bisa sembarangan. Karena setiap tipe perawatannya berbeda. Misalkan ada kerusakan onderdil nya juga berbeda. Jadi, jangan sepelekan menengok spesifikasi komputer.

4. Memastikan Sesuai Harga dan Kualitas ketika Membeli

Selain dibutuhkan spesifikasi ketika menjual, informasi ini juga penting diketahui oleh pembeli. Tujuannya agar sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Jika pengguna membutuhkannya untuk bermain game, maka bisa langsung membeli laptop dengan mode gaming. Jika dipakai untuk bekerja, maka bisa disesuaikan pula. 

Mengetahui spesifikasi komputer dan manfaatnya juga akan memudahkan anda dalam menangkap penjelasan penjual mengenai berbagai tipe komputer. Dengan demikian, transaksi berjalan lancar dan mudah. Memberikan kepuasan kepada kedua belah pihak.

Baca juga: Apa Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati? Nih Solusi Tepat Mengatasinya

Demikian penjelasan mengenai Cara melihat spek komputer yang sudah terbukti sangat mudah menyelesaikan permasalahan informasi spesifikasi perangkat. Selain itu, manfaat dan keuntungan mengetahui spesifikasi juga sudah dijelaskan dengan detail. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk selalu menyimak berbagai artikel baru yang disuguhkan oleh website ini. tentunya tak kalah menarik dan informatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel