Cara Menghilangkan Virus di Hp Tanpa Ribet Untuk Pemula


Cara Menghilangkan Virus di Hp – Berbicara tentang Virus di Hp memang membuat setiap pemiliknya bingung dan merasa khawatir, sebenarnya hp yang terinfeksi virus banyak sekali penyebabnya seperti halnya saling mengirim data maupun aplikasi melalui perangkat lain atau bisa jadi karena dari aplikasi bawaannya yang memang terkena virus.

Cara Menghilangkan Virus di Hp


Di samping itu apabila hp sudah ada virusnya seperti itu, maka setidaknya anda berusaha menyelamatkannya dengan cara menghilangkan virus di hp. Mungkin yang anda ketahui untuk membersihkan virus menggunakan aplikasi antivirus, namun kali ini cukup memanfaatkan fitur bawaan dari hp anda saja. Bagaimana carannya? Yuk saksikan paparannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus di Hp Tanpa Ribet


Pasti kebanyakan orang merasakan sebel jika hp-nya terkena virus, namun sebelum memastikan apakah hp tersebut memang benar terkena virus atau memang karena masalah kecil. Untuk itu anda ketahui lebih dulu tanda-tandannya sekaligus cara mencegahnya berikut :
-       Pertama, HP yang terindikasi virus biasannya sering kali muncul iklan yang tidak dikenal di fiturnya.
-       Berikutnya, tidak adannya kejelasan pada penngiriman chat/ sms di hp anda yang selalu muncul tanpa ada persetujuan sebelumnya.
-       Meski anda tidak bermain game, namun baterai terasa cepat habis.
-       Kinerja HP yang sering lemot, padahal masih banyak sekali RAM di HP dan juga aplikasi tidak terlalu banyak.
-       Cirri HP yang terkena virus, juga mempengaruhi kuota data internet anda yang cepat boros.
-       Tidak seperti biasanya ketika booting membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.
Melihat dari ciri ciri di atas pada hp yang terindikasi virus, ada baiknya anda sebelum menghilangkan virus tersebut atau agar hp bisa bebas dari virus. Maka lakukan langkah di bawah ini :
-       Gunakanlah scanning malware di hp secara otomatis sebelum hp memulai beroperasi.
-       Ketika sedang menggunakan aplikasi hindari yang sifatnya akses super user dengan mudah
-       Ketika menginginkan aplikasi, lihatlah dahulu informasi sekaligus developernya.
Setelah anda melakukan cara di atas tadi seperti mengenali tanda-tanda virus yang menyerang hp sekaligus juga mencegahnya, nah untuk langkah selanjutnya anda perlu menghilangkan virus di hp dengan mengikuti cara berikut ini :

1.     Gunakanlah Menu Safe Mode


Cara Menghilangkan Virus di Hp

Pertama, cara menghilangkan virus di hp tanpa ribet adalah gunakanlah menu safe mode pada hp anda. Ketika anda masuk pada safe mode, maka gunakanlah aplikasi yang penting saja sehingga kinerja dari hp akan lebih ringan. Yang lebih nyamannya lagi ketika menggunakan safe mode ini, aplikasi yang tidak erpakai akan hilang namun sifatnya hanya sebentar atau tidak hilang permanen.

Berbicara mengenai kelebihan menggunakan aplikasi safe mode ini, anda bisa menggunakan aplikasi lebih dari satu sehingga ketika berganti aplikasi yang lain akan lebih mudah. Selain itu perlu anda ketahui lagi, bisa juga menghapus data yang sudah menumpuk seperti hal-nya cache.

Carannya masuk fitur safe mode ini sebenarnya mudah sekali, setiap jenis hp mungkin berbeda akan tetapi kebanyakan ketika masuk safe mode ini anda hanya menekan seperti tombol power kombinasi volume secara bersama. Semoga berhasil

2.     Memeriksa Aplikasi Safe Mode


Berikutnya, yang perlu anda lakukan disini memeriksa aplikasi safe mode yang sudah aktif tadi, carannya pun sederhana awalnya anda buka dulu menu setting, setelah itu pilihlah Apps lalu pada perintah Downloaded anda klik.

Secara otomatis proses tadi akan menhapus aplikasi lainnya yang diberi nama pihak ketiga, pastikan disini jika hp anda tiba-tiba muncul beberapa aplikasi yang tidak dikenal padahal anda sendiri tidak menginstalnya. Maka dari itu bisa dipastikan hp sudah terkena virus.

3.     Aplikasi Asing Hapuslah


Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi, proses di safe mode ini akan mengetahui aplikasi yang tidak dikenal oleh anda, oleh karena itu anda berhak untuk menghapusnya aplikasi asing padahal sebelumnya tidak pernah minat untuk memilikinnya. Untuk hapus aplikasi itu, anda perlu tekan uninstall.

Namun yang perlu anda perhatikan disini, ketika anda sedang mengakses di adimistrator, jika ada virus mencurigakan maka tidak akan bisa di hapus. Sedangkan jika anda sudah uninstall virus maka bisa dipastikan sudah tidak ada lagi di HP.

4.     Akses Device Administrator


Langkah satu ini ketika anda mengakses device administrator usahakan untuk menghapus aplikasi yang tidak dikenal atau pun dibutuhkan anda. Karena di akses ini anda akan menemukan daftar software/ aplikasi yang bisa anda scroll dengan jelas dan untuk menghapusnya lakukan cara berikut ini.

Terlebih dahulu keluarlah di Application Settings, kemudian pilih menu settings, lalu cari menu yang bernama Security. Tunggu dan langkah selanjutnya anda pilih dengan klik Device Administrator. Jika sudah masuk akses ini maka bisa menghapus aplikasi yang tidak dikenal dengan cara member centang, so jika sudah rampung maka kembalilah ke bagian menu Application Settings.

5.     Selesai Keluar Safe Mode


Setelah proses penghapusan dilakukan terhadap aplikasi yang tidak dikenal atau bahkan tidak di download sebelumnya, berarti anda sudah bisa di pastikan sukses dan berhasil. Sekarang tinggal keluar dari safe mode carannya hanya melakukan Restart hp saja, selesai.

6.     Menggunakan Google Play Protect


Langkah satu ini memang suda berbeda dengan cara di atas ketika menggunakan safe mode, kali ini anda bisa menghilangkan virus melalui Google Play Protect. Namun perlu anda ketahui dahulu kinerja dari Google Play Protect ini tugasnya hanya bisa menghapus iklan yang berkeliaran tanpa harus menghapus virus iklan tersebut.

Namun yang menjadi nilai lebih disini meskipun anda tidak membutuhkan bantuan aplikasi antivirus, hanya menggunakan Google Play Protect saja yang sifatnya melindungi secara berganda langsung dari sumbernya yakni Google.

Apa itu Google Protect? Bisa dibilang tameng atau penangkis langsung dari Google dimana kinerjannya untuk menjaga semua pengguna di hp android. Sistemnya pun tidak berbeda jauh dengan manfaat antivirus pada umumnya, yang memindahkan pada aplikasinya.

Menariknya Google disini sebelum anda melakukan unduhan terhadap aplikasi, maka terlebih dahulu di lakukan pemindaian oleh Google. Sebenarnya kinerja dari Google Play Protect sendiri hanya sebagai pencegahan saja, agar virus tidak menyerang iklan aplikasi yang anda unduh tadi.

Cara menghilangkan virus di HP menggunakan Google Play Protect paling mudah, sebagai berikut :
-       Pastikan lebih dulu anda masuk ke Menu Google Play Protect, jika sudah lanjutkan langkah di bawah ini.
-       Temukan menu options untuk anda pilih, dengan tanda garis jumlahnya tiga. Jika sudah jelas maka ikuti langkahnya lagi
-       Untuk menemukan opsi dari Play Project, anda bisa scroll mouse kea rah bawah mengenai system pelindungan pada perngkat HP.
-       Sampai sini anda scroll lagi ke bawah dengan mencari opsi bernama scan device for security threats utuk di aktifkan dan tidak lupa juga aktifkan opsi bernama Improve harmful app detection
-       Selesai.
Nah, itu tadi tentang Cara Menghilangkan Virus di Hp Tanpa Ribet. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat untuk mencobannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel