Macam-Macam Cara Root HP Android, Paling Gampang Buat Anda Terapkan!

Bagi Anda yang kurang puas dengan fitur-fitur dalam smartphone, proses cara root HP Android  akan menjadi solusi terbaik. Pasalnya, pembaharuan sistem tersebut akan memungkinkan pengguna mengeksplorasi isi android secara bebas tanpa terikat aturan bawaan dari perusahaan.

cara root HP Android


Cara root HP android juga bermacam-macam. Baik itu menggunakan aplikasi pada HP, melalui Personal Computer (PC), ataupun dengan memakai sistem bawaan yang tidak dimiliki semua jenis merk.  Terlepas dari itu semua, root HP membawa dampak positif dan negatif bagi android.

Dampak positifnya apabila Anda pintar dalam mengaplikasikannya, pengguna dapat mendapatkan bermacam kelebihan dan tidak dimiliki oleh smartphone tanpa root. Berikut beberapa diantara kelebihan tersebut:

1.Smartphone bisa mendownload game apapun termasuk yang memerlukan syarat sistem root pada HP.
2.Pengguna secara bebas bisa mengatur tampilan HP supaya lebih keren, unik, dan anti-mainstream.
3.Pengguna dapat memblokir berbagai gangguan digital yang masuk seperti iklan dan sejenisnya. Hal tersebut dapat dilakukan apabila pengguna mendownload aplikasi pendukung.

Baca juga : Cara Flash HP Samsung Paling Mudah Dipahami, Solusi Lakukan Service Smartphone Sendiri!

Adapun dampak negatif dari melakukan rooting HP yaitu:

1.Garansi perusahaan produsen smartphone terkait akan hilang. Hal ini dikarenakan melakukan root sama dengan melepaskan sistem yang sudah dibuat oleh perusahaan sehingga apapun yang terjadi, pihak produsen tidak lagi memiliki tanggung jawab mengganti / memperbaiki.
2.Smartphone kemungkinan akan mudah error karena rentan terkena virus, sistem aplikasi yang tidak aman, tidak kokoh dan semacamnya.
3.Baterai HP akan lebih cepat habis. Kecuali apabila pengguna dapat melakukan program pencegahan untuk hal tersebut.
4.HP menjadi cepat panas karena sistem yang berjalan sangat cepat dibandingkan dalam keadaan normal.

Cara Root HP Android Menggunakan Aplikasi Bawaan Samsung dan Xiaomi

cara root HP Android


Percayakan Anda apabila HP Android dapat di-root tanpa menggunakan aplikasi apapun? Beberapa merk Android dilengkapi dengan fitur rooting nya tersendiri-sendiri. Hanya saja, mungkin masih sedikit sekali pengguna yang mengetahuinya. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, hal ini dapat membantu Anda melakukan cara root HP Android secara lebih mudah, efisien dan optimal. Berikut beberapa tipe HP yang paling banyak digunakan sekaligus menyediakan fitur root bawaan di dalamnya:

1.Cara Rooting Android di HP Samsung

Apabila Anda melakukan rooting pada HP Samsung, silahkan memanfaatkan fitur Odin yang terdapat didalamnya. Cara menggunakannya cukup sederhana dan pengguna tinggal mengikuti intruksi dalam bagian tersebut.

Yang perlu pengguna ketahui bahwa sistem keamanan pada Hp Samsung selalu aktif, sehingga ketika proses rooting pada android, software counter dapat mendeteksinya. Selain itu, Hp Samsung yang sudah pernah di rooting akan kehilangan masa garansi. Sebenarnya aturan ini umum dipakai oleh semua produk smartphone.

2.Cara Root HP Xiaomi Tanpa perlu aplikasi

1) Pertama, nyalakan terlebih dahulu android Xiaomi Anda.
2) Silahkan langsung menuju menu Settings.
3) Pilih bagian “Setelan Tambahan” kemudian klik menu “Privasi”.
4) Silahkan pilih opsi “Sumber Tidak Dikenal”.
5) Selanjutnya, silahkan buka Play Store dan download aplikasi SuperUser.
6) Jika sudah, silahkan buka. Kemudian tekan tombol root.
7) Tunggu beberapa saat hingga proses rooting tersebut selesai. Jika sudah, maka HP Xiaomi akan langsung melakukan restart secara otomatis.

Demikian bagaimana cara melakukan root terhadap dua merk HP terkemuka yaitu Samsung dan Xiaomi. Perlu diketahui bahwa tidak semua smartphone mendukung tindakan tersebut dengan cara menyediakan fitur bawaan terkait.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Paling Aman

Cara Root Aplikasi HP Android Paling Mudah Melalui PC

cara root HP Android


Cara root aplikasi HP Android selanjutnya yang efektif digunakan yakni melalui PC atau singkatan dari Personal Computer. Pasalnya, aplikasi root android banyak sekali terdapat disana dan terbukti mampu  melakukan nya dengan hasil terbaik. Diantara aplikasi PC yang biasa digunakan diantaranya yaitu; kingo dan genius root,

Root HP android menggunakan PC memang sedikit lebih ribet karena banyak peralatan perlu dipersiapkan lebih dahulu. Selain itu, pengguna perlu menginstal aplikasi pada PC serta prosedur panjang. Namun begitu, root android menggunakan cara ini dikenal lebih efektif dan optimal membuat sistem HP Anda lebih sempurna. Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan root hp android melalui Personal Computer:

1. Kabel USB. Usahakan yang masih memiliki kinerja baik.
2. Persiapkan HP Android memiliki daya baterai penuh atau minimal 70 %.
3. Aktifkan dahulu fitur USB Debugging. Apabila ada yang belum tau caranya, langkah-langkahnya ialah seperti berikut; buka menu setting pada android kemudian pilih “About Phone”. Tekan opsi “Build Number’ berulang kali hingga muncul notifikasi “You are now a developer”. Jika sudah, kembali ke bagian awal, klik pilihan “Developers Option” dan centang bagian opsi “USB Debugging”.
4. Pastikan android Anda dalam mode instal aplikasi dari sumber tidak dikenal. Apabila Anda belum pernah mencobanya, caranya kembali buka menu setting android. Selanjutnya pilih kolom “Security”. Jika sudah silahkan centang bagian “Unknown Source”.
Demikian tata cara sebelum memasuki proses root hp android menggunakan PC. Aturan tersebut akan berlaku ketika Anda memakai aplikasi root apa saja pada PC. Aplikasi-aplikasi tersebut yakni sebagai berikut:

1.Kingoroot

Aplikasi pertama pada PC yang direkomendasikan kepada Anda untuk melakukan rooting di android yaitu Kingoroot. Langkah-langkah menjalankannya sebagai berikut:

1) Install dahulu aplikasi Kingoroot pada PC. Anda bisa mendapatkannya secara online dari alamat website penyedia atau memintanya kepada teman.  Kemudian instal pada perangkat komputer tersebut.
2) Selanjutnya hubungkan perangkat komputer tersebut dengan android melalui USB Debugging yang sudah diaktifkan sejak di awal didukung kabel USB.
3) Buka aplikasi Kingoroot. Pelajari sekilas dahulu aturan atau prosedur yang dimiliki oleh aplikasi secara singkat sebelum langsung mengeklik tombol root.
4) Jika sudah. Tekan tombol root kemudian tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai.

2.iRoot

Cara root HP Android menggunakan PC kedua yaitu dengan memakai aplikaso iRoot. Berikut cara melakukannya:

1) Pertama tentu saja Anda harus mendownload lebih dahulu aplikasi iRoot pada PC. Anda juga dapat mematikan program antivirus pada laptop supaya proses rooting berjalan lebih lancar.
2) Langkah kedua, sambungkan android dengan PC melalui kabel USB.
3) Buka aplikasi iRoot pada laptop / komputer.
4) Jika keduanya sudah tersambung, Anda dapat langsung menekan tombol hijau untuk memulai proses rooting.
5) Anda perlu menunggu beberapa saat hingga proses rooting selesai. Jika sudah tuntas, aplikasi akan menampilkan centang berwarna hijau. Ketika proses tersebut sudah berhasil, maka hp android akan restart dengan sendirinya.

3.OneClickRoot

1) Pertama, pasang lebih dulu aplikasi OneClickRoot.
2) Jika sudah, sambungkan perangkat android kepada PC melalui kabel USB dan USB Debugging.
3) Langsung buka aplikasi OneclickRoot. Kemudian tekan tombol ‘root now’ yang tersedia.
4) Tunggu beberapa saat selama proses root tersebut berjalan. Apabila sudah selesai, HP Android Anda akan melakukan restart dengan sendirinya. 

Baca juga : Cara Melacak Hp dengan Imei yang Mudah

Demikian penjelasan singkat mengenai cara root hp android. Semoga bermanfaat dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel selanjutnya pada alamat website ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel