Cara Flash HP Samsung Paling Mudah Dipahami, Solusi Lakukan Service Smartphone Sendiri!

Cara Flash HP Samsung


Cara Flash HP Samsung – Semua barang elektronik memiliki jangka waktu tertentu dapat bekerja dengan baik, mungkin sekitar 1 hingga 2 tahun. selebihnya daya handphone akan berkurang serta membutuhkan pembaruan kembali. Tak terkecuali Samsung yang merupakan salah satu merk ternama di pasar Indonesia.

Kebanyakan orang melakukan cara flash HP Samsung dengan langsung membawanya ke kounter terdekat. Alasan nya supaya permasalahan yang dihadapi atau sedang ingin diwujudkan dapat ditangani oleh tangan yang tepat.

Namun begitu, cara flash HP Samsung sebenarnya dapat dilakukan sendiri dengan tips mudah serta gampang dipahami. Hal ini dapat menjadi solusi lebih mudah dibandingkan membawa nya ke tukang reparasi HP yang pasti akan memakan biaya.

Tanpa bertele-tele, berikut ini akan dijelaskan cara melakukan flash HP Samsung dengan gamblang, mudah, dan dapat menghemat isi kantong Anda. Jangan lupa untuk menyimak ulasan nya sampai akhir dan praktekkan.

Baca juga: 6 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android, Paling Gampang Buat Anda Coba!

Cara Flash HP Samsung Menggunakan PC

Cara Flash HP Samsung


Opsi pertama terkait cara flash HP Samsung yaitu tutorial melakukan nya melalui Personal Computer (PC). Anda perlu menginstall software pendukung terlebih dahulu untuk dapat melakukan proses ini. Misalnya seperti Odin yang akan menjadi objek contoh kali ini;

1.Download aplikasi ‘USB Driver’ di laptop Anda.
2.Pasangkan aplikasi tersebut pada PC. Pastikan dapat terhubung dengan benar karena perangkat software ini yang kemudian akan mendeteksi handphone tersebut pada PC.
3.Kemudian install software ‘Odin’ terbaru pada komputer tersebut.
4.Langkah selanjutnya, matikan samrtphone Samsung Anda kemudian hidupkan kembali dengan cara menekan tombol ‘power’ + ‘Home’ + ‘Volume bawah’ secara bersamaan dalam beberapa detik. Fungsi langkah ini supaya perangkat masuk dalam mode download firmware.
5.Setelah berhasil. Hentikan tekanan kemudian jangan memencet tombol apapun lagi. biarkan sejenak.
6.Selanjutnya sambungkan smartphone Anda dengan PC melaui kabel USB
7.Coba tekan tombol volume atas, jika terdapat notifikasi pada Odin itu tandanya kedua perangkat sudah tersambung dengan baik. Apabila belum, Anda dapat mengecek kembali kabel data yang digunakan. Apakah benar-benar berfungsi ataukah belum.
8.Apabila Odin sudah mendeteksi, selanjutnya langsung masuk pada pilihan ‘mengisi otomatis’.
9.Jika perangkat tersebut sudah terhubung, cari firmware yang tadi sudah di download kemudian masukkan ke dalam software ‘Odin’.
10.Apabila file firmware masih berbentuk rar, zip, atau lainnya. akan muncul pilihan file dengan tipe ‘MD5’ yang merupakan dokumen ekstrak dari bentuk sebelumnya. File ini juga yang akan digunakan untuk instalasi gadget Samsung Anda.
11.Lakukan ceklist pada menu Auto Reboot, F. Reset Time dengan pilihan enable.
12.Masukkan  firmware dengan cara menekan menu ‘AP’ kemudian pilih file dengan tipe ‘Tar.MD5.’ kemudian klik ok atau start.
13.Kini Anda tinggal menunggu beberapa saat selama proses flash sedang berlangsung.
14.Apabila HP Samsung Anda sudah melakukan reboot secara otomatis, maka itu pertanda bahwa proses flash sudah berada di bagian akhir.
15.Setelah itu, Anda dapat langsung menggunakan  HP Samsung Anda kembali. 

Cara Flash HP Samsung Tanpa Menggunakan PC

Cara Flash HP Samsung


Kedua, cara flash HP Samsung tidak perlu menggunakan bantuan PC melainkan langsung dari smartphone tersebut. Cara ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan sendiri karena caranya yang simpel dan efektif. So, langsung saja berikut langkah-langkahnya:

1.sebelum memulai proses flash pada handphone, pastikan lebih dahulu bahwa data-data yang ada di dalamnya sudah diletakkan dalam ruang memori cadangan sehingga Anda tidak akan kehilangan data-data yang sekiranya penting.
2.Letakkan firmware yang sudah di download pada memori SD card.
3.Letakkan file tersebut secara apa adanya. Tidak perlu diekstrak terlebih dahulu.
4.Masukkan kartu memori ke dalam HP.
5.Nyalakan handphone Samsung tersebut dengan cara menekan tombol ‘volume bawah’ , ‘Home’, dan ‘Power’ selama bersamaan dalam durasi beberapa detik.
6.Selanjutnya masuk ke dalam menu Wipe Data / Factory Reset. Kemudian pilih ‘yes’.
7.Anda akan diminta menunggu beberapa saat selama proses reset tersebut berlangsung.
8.Jika sudah, pengguna dapat kembali kepada menu awal. Selanjutnya pilih instal zip from SD card.
9.Masukkan firmware yang sebelumnya sudah disiapkan dalam SD card.
10.Setelah itu, konfirmasi penerimaan dengan cara mengeklik yes. Selanjutnya tunggu hingga handphone Samsung tersebut merestart sendiri.
11.Jika sudah maka proses flash Hp Samsung tanpa PC sudah selesai. 

Beberapa Hal Penting Mengenai Cara Flash HP Samsung Yang Wajib Anda Tahu!

Selain tata Cara Flash HP Samsung yang baik dan benar sebagaimana di atas, beberapa hal dibawah ini perlu pembaca ketahui ketika akan melakukan flashing Hp. Mulai dari tujuan tindakan tersebut hingga dampak positif dan negatif nya. Langsung saja, berikut ini penjelasannya:

1.Tujuan Flashing Hp

Mungkin beberapa diantara pembaca masih bertanya-tanya mengenai, apa sebenarnya tujuan dari melakukan flash HP Samsung? Apakah tindakan tersebut hanya dilakukan ketika android mengalami error? Daripada penasaran, berikut ini merupakan macam-macam manfaat dilakukannya flashing:

Mengembalikan sistem operasi atau OS ke setelan semula. Bootloop merupakan salah satu permasalahan yang biasa dialami oleh Hp android merek Samsung dan mungkin semua jenis smartphone. Problem ini bisa saja terjadi karena kesalahan modifikasi file sistem, kegagalan melakukan OS update, dan lain sejenisnya.

Permasalahan pangkal berupa bootloop dapat diselesaikan salah satunya dengan melakukan flashing Hp. Cara ini akan mengembalikan sistem smartphone sebagaimana semula ketika dimodifikasi oleh pabrik asalnya. Oleh karena nya, sistem aplikasi akan kembali berjalan lancar.

Ada baiknya pula, flashing Hp dilakukan dengan menggunakan program flashing nya masing-masing menurut bawaan. Misalnya Odin bagi pengguna Smartphone dengan merk Samsung, Mi flash bagi pengguna Xiaomi, dan flashtool bagi pemakao Oppo, Vivo, dan merk lainnya.

2.Dampak Negatif Melakukan Flashing Hp

Selain tujuan yang baik, flashing Hp juga memiliki efek samping yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum melakukan tindakan tersebut. Ketika flashing dilakukan, maka seluruh data dalam sistem tersebut akan hilang tanpa tersisa. Sehingga perlu mengantisipasi nya terlebih dahulu.
Sebelum Hp Samsung tersebut di flash, pindahkan dulu data-data penting dalam flashdisk atau tempat penyimpanan lain. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi repot melihat smartphone kembali baru dengan isi data kosong.

3.Dampak Positif Melakukan Flashing Hp

Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam tujuan tindakan diatas, flashing Hp Samsung dapat menjadi solusi apabila  perangkat tersebut sedang mengalami masalah sistem misalnya seperti bootloop. Proses flashing dapat membuat Hp Anda kembali seperti baru.
Terlebih lagi, Anda sudah dapat melakukan nya sendiri di rumah. Hanya perlu membaca artikel ini dan mempraktekkan nya, tak perlu mengeluarkan uang. Jadi, menunggu apa lagi?

Baca juga : Cara Menemukan Hp yang Hilang Paling Masuk Akal

Demikian merupakan penjelasan mengenai cara flash HP Samsung sekaligus dampak positif, negatif, dan tujuan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tema tersebut. jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel informatif lainnya di halaman ini.     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel