Cara Menghapus Cache Di Laptop, Paling Efektif dan Gampang!

Kata cache merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menunjuk data dari hasil kinerja software dalam sebuah susunan mesin mekanik. Bagi Anda yang pernah mengalami gangguan pada laptop seperti lemot, error, atau lainnya mungkin sudah mengetahui beberapa cara menghapus cache di laptop tersebut.

cara menghapus cache di laptop


Cache seharusnya memang rutin dibersihkan karena mengingat ia merupakan sampah dari proses kinerja software serta tidak memiliki manfaat lagi. Membiarkannya berada dalam perangkat hanya akan membuat memori RAM laptop berkurang. Cara menghapus cache di laptop juga sebenarnya sangat mudah. Tak percaya? Simak uraian nya berikut ini!
   
Teknik Lengkap Cara Menghapus Cache Di Laptop

cara menghapus cache di laptop


Cara menghapus cache di laptop sebenarnya memiliki banyak cara. Adapun beberapa model windows memiliki sistem akses berbeda yang juga akan dibahas dalam pembahasan ini. Tanpa panjang langsung saja simak jenis-jenis teknik cara membersihkan charge di laptop lengkap;

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot, Tanpa Banyak Repot!

1. Menghapus Cache Secara Manual dari Folder Temp

Dalam windows terdapat sebuah folder yang berfungsi sebagai penampung cache / biasa juga disebut dengan temporary file atau berkas sementara. Di dalamnya terdapat  data cache, cookies, histori, dan limbah alektronik browser.  Adapun nama dari folder ini yaitu temp (temporary).

Untuk menghapusnya, Anda telebih dahulu harus menghapus daftar mereka semua hingga habis. Jika sudah baru membersihkannya secara tuntas isi yang terdapat di dalamnya. Langsung saja, berikut ini merupakan tutorial menghapus cache di laptop hingga tuntas melalui folder temp:

1) Nyalakan terlebih dahulu PC / laptop Anda.
2) Silahkan masuk dalam program Run. Bagi yang belum tau, menu ini dapat diakses dengan cara menekan tombol windows + huruf R.
3) Jika sudah, akan muncul kotak dialog di dalamnya. Ketikkan kata ‘run’ kemudian klik oke.
4) Setelah itu, akan muncul deretan file disana. Itulah yang dimaksud sebagai daftar temporary file. Klik ctrl+A untuk memblok seluruh file tersebut.
5) Jika sudah, langsung pencet tombol delete. Semua file itu akan terhapus sekaligus secara keseluruhan.
6) Selanjutnya, buka kembali program ‘Run’
7) Jika muncul kotak dialog, isi kolom di dalamnya menggunakan kata ‘ %temp% ‘ (tanpa tanda petik)
8) Ulangi lagi langkah untuk memusnahkan file temporary tersebut. Supaya singkat gunakan ctrl +A kemudian tekan tombol delete.
9) Jika sudah, lakukan restart pada laptop Anda. Kini cache pada laptop sudah jauh berkurang.

2. Membersihkan Cache Laptop Memakai Fitur Disk Cleanup

Setelah melakukan pembersihan file dari folder temp sebagaimana diatas tadi, sesungguhnya fitur Disk Cleanup sangat direkomendasikan karena menjadi langkah kedua selanjutnya. Hanya berbeda sedikit dengan folder tempt, fitur disk up menyimpan data cache dari drive, recyle bin, data windows, internet, dan lain sebagainya. Adapun langkah untuk menggunakan fitur ini yaitu sebagai berikut:

1) Nyalakan terlebih dahulu PC / laptop Anda.
2) Masuklah dalam program penyimpanan seluruh data dalam laptop.
3) Selanjutnya, klik kanan bagian drive sistem (local disk C) langsung buka bagian properties yang terdapat di bagian paling bawah dari kotak pilihan opsi.
4) Jika sudah muncul kotak dialog, pilih disk clean up. Langsung klik oke.
5) Pilih bagian mana saja dari drive yang ingin Anda hapus. Termasuk juga recyle Bin. Jika sudah klik oke lagi.
6) Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan file tersebut selesai.
7) Jika sudah, lakukan restart pada laptop. Setelah itu, Anda bisa cek apakah sistem dalam perangkat tersebut bekerja lebih cepat.

3. Menghapus Cache di Laptop Menggunakan Aplikasi Ccleaner

Kali ini, penghapusan cache dari laptop dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan yang berfungsi khusus untuk menghapuskan segala macam data cache pada drive penyimpanan perangkat. Ccleaner sudah banyak sekali diinnstal bahkan memiliki puluhan ribu pengguna.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi Ccleaner memang sangat beragam. Terdapat fitur penghapus registry, uninstall aplikasi / file, data browser, pengangkatan software, dan lain sebagainya. Cara menggunakannya juga tidak rumit serta bekerja cepat dalam melakukan pekerjaan nya. Berikut ini tutorial menghapus cache melalui aplikasi Ccleaner:

1) Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Ccleaner melalui internet atau mendapatkannya dari teman yang sudah memiliki file nya,
2) Apabila sudah, Anda bisa langsung membuka aplikasi Ccleaner kemudian masuk kepada menu cleaner.
3) Anda akan disuguhkan kotak dialog berisi pilihan mana saja bagian cache yang ingin dibersihkan. Klik centang pada bagian-bagian yang diinginkan.
4) Klik kolom “Run Cleaner”
5) Kini Anda tinggal menunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.

4. Menghapus Cache Pada Windows 10 Update

Opsi ini dapat dilakukan pada laptop yang menggunakan windows 10. Cara penggunaan nya yakni sebagai berikut:

1) Matikan dahulu windows 10 update menggunakan command prompt.
2) Klik kanan pada menu start, lalu klik command prompt.
3) Selanjutnya tuliskan pada kotak dialog yang muncul menggunakan kalimat “Net Stop Wuauserv”
4) Selanjutnya tekan Enter.
5) Setelah itu, salin kata kunci ini C:/Windows/SoftwareDistribution/Download  pada kolom cortona.
6) Langsung klik oke. Runtutan berkas cache akan muncul secara keseluruhan.
7) Klik Ctrl + A untuk blok semua file tersebut, kemudian tekan tombol delete.
8) Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.
9) Jika sudah, aktifkan kembali Windiws 10 update dengan menggunakan command prompt. Tuliskan perintah “Net Start Wuauserv”.

Tiga langkah pembersihan file diatas dapat dilakukan secara beruntun maupun sendiri-sendiri. apabila dilakukan secara berkala, maka laptop dapat mencapai keseimbangan sehingga dapat terus berjalan dengan optimal.
Data cache akan terus diproduksi sesuai dengan penggunaan Anda atas perangkat laptop tersebut. jadi usahakan jangan malas untuk melaksanakannya setiap satu hingga dua minggu sekali.

Pentingnya Mempelajari Cara Menghapus Cache Di Laptop

cara menghapus cache di laptop


 Setelah mengetahui bagaimana langkah-langkah cara menghapus cache di laptop, selanjutnya Anda perlu tahu mengapa tindakan tersebut sangat perlu untuk dilakukan. Jangan sampai pengguna terlambat untuk menyadari bahaya yang dapat mengancam perangkat laptop jika tidak dibersihkan secara berkala.

1. Supaya Terhindar Dari Kinerja Laptop Yang Lemot

Pertama, menghapus cache pada laptop merupakan langkah antisipasi terhadap kelemotan pada perangkat. Tentu sangat menyebalkan bukan, apabila dalam keadaan terdesak atau pekerjaan penting lainnya dalam laptop harus terhambat dengan alasan kelambanan sistem.

Meskipun hal sepele dan banyak diabaikan oleh pengguna, fenomena seperti ini juga tetap harus diatasi. Kelambanan belum tentu menunjukkan kerusakan tapi juga pengolahan data yang kurang optimal.

2. Supaya Terhindar Dari Resiko Kerusakan Dini Pada Perangkat Laptop

Ancaman mengerikan lainnya pada laptop yang tidak pernah dibersihkan yang selanjutnya adalah kerusakan dini dibandingkan perangkat yang telaten dibersihkan dengan rutin. Hal ini disebabkan karena cache juga bekerja dalam aplikasi.

Kelebihan cache akan membuat program menu tersebut menjadi tidak optimal. Yang dalam jangka waktu tertentu menurunkan kapasitasnya dan mempengaruhi perangkat laptop secara keseluruhan. 

Baca juga :   Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop? Nih Jawabannya
 
Demikian penjelasan mengenai cara menghapus cache di laptop, lengkap hingga file data tersebut tak tersisa. Semoga bermanfaat ini bermanfaat bagi Anda semuanya para Pembaca. Khususnya, untuk Anda yang menginginkan laptop bersih dari chache. Selamat mempraktikkan turial dari kami Paktoro.com ya Guys!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel