Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif dan Mudah


Cara Mengatasi Laptop Lemot – Berbicara tentang laptop memang penggunaannya semakin tahun meningkat, dibandingkan menggunakan Komputer memang laptop dikenal tidak ribet ketika ingin di bawa kemana-mana. Tentu saja tak heran jika banyak orang yang mulai beralih ke laptop dan menjadikan perangkat ini bisa di andalkan setiap waktunnya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Di sisi lain meski poin positif menggunakan laptop ini di nilai lebih efektif dan simpel, namun ternyata sama saja laptop juga akan mengalami masalah seperti perangkat lainnya seperti kelemotannya ketika di gunakan. Hal ini tentu saja akan menjadi problem yang serius, karena jika pekerjaan menumpuk maka laptop tidak akan mampu di gunakan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat.


Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif


Jika anda menginginkan performa laptop menjadi normal seperti biasannya, ada baiknya anda menyimak terlebih dulu tentang penyebabnya laptop kenapa menjadi lemot yang jarang di sadari banyak orang.


Ini Dia Penyebab Laptop Menjadi Lemot


1.      Yang pertama, mesti anda ketahui biasannya laptop menjadi lemot dikarenakan startup programs sudah melebihi batas maksimal atau dikatakan full. Keadaan laptop yang lemot memang sudah jelas pada spesifikasinya sudah tidak muat, hal ini dikarenakan software dengan kapasitas tinggi banyak di install di laptop anda.
2.      Berikutnya, anda bisa melihat dari lamanya harddisk yang di laptop. Jika memang sudah terlalu lama digunakan hingga saat ini berarti sudah saatnya ganti ya, karena bisa dibilang harddisk sudah uzur/ tua.

3.      Tidak berbeda dari problem yang di atas ini, berbicara tentang lemotnya laptop bisa disebabkan karena harddisk sudah penuh oleh data yang tersimpan. Jadi usahakan jangan sampai isi presentase dari harddisk ini lebih dari 90% agar tidak lemot atau bisa-bisa akan hang.
4.      Problem satu ini memang sudah menjadi kendala untuk laptop yang memiliki RAM terlalu kecil, selain hargannya murah laptop ini memang kapasitasnya sekitar 2 sampai 4 GB saja.
5.      Mungkin anda seorang pekerja kantoran yang banyak sekali tugasnya sehingga lembur, jika ingin cepat selesai tanpa tidak di sadari anda membuka banyak program untuk dikerjakan sekaligus. Hal ini bisa menjadi masalah baru karena RAM bisa terbebani dengan banyaknya software yang aktif.
6.      Lupa mematikan aplikasi di laptop yang belum terinstall, karena jika laptop sudah tersambungkan atau sudah terkoneksi akan memberikan respon secara otomatis untuk perbarui dan bahkan install aplikasi di dalam laptop anda.

7.      Banyak sekali tampilan tab yang terbuka, apalagi halaman tersebut terisi alamat website yang terbilang berat. Hal ini akan membebani RAM di laptop anda.
8.      Tidak hanya online saja, meski offline anda tetap mesti berhati-hati dengan adannya virus jahat. Hal ini biasannya terjadi jika anda menggunakan perangkat lain untuk di koneksikan pada laptop milik anda.

9.      Hindari menggunakan aplikasi antivirus terlalu banyak/ bahkan anti virus sering aktif di tampilan dekstop. Hal ini bisa menyebabkan kinerja dari harddisk bisa terganggu dan akan menjadai lemot.
10.  Sama halnya dengan pengguna lainnya, tanpa anda sadari kondisi Windows maupun MacOS yang sudah jauh tempo akan memperlambat kinerja aktifitas di laptop anda. hal ini harus anda update kembali sistem operasinnya agar bisa normal lagi.


Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif dan Mudah


Cara Mengatasi Laptop Lemot


Sekarang anda bisa mengetahui cara mengatasi laptop lemot paling efektif dan mudah, baik untuk pengguna OS Windows mulai dari windows 7, 8 dan juga windows 10. Anda juga tidak perlu menggunakan tambahan aplikasi dalam mengatasinnya dan langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :


1.      Cobalah untuk Mengganti Harddisk ke SSD


Pertama, jika laptop anda lemot disebabkan karena harddisk maka solusi mengatasinnya anda bisa merefresh terlebih dulu defrag agar lebih terlihat seperti semula. Namun dengan refresh tapi masih tidak bisa, maka anda berhak menggantinya ke HDD yang baru dan juga bisa memakai SSD yang pastinnya tidak kalah kesitnya.

Untuk perbedaannya sendiri HDD dengan SSD selain dari performannya juga proses pada booting yang selalu merespon secara maksimal. Maka dari itu cocok sekali jika anda banyak tugas yang menumpuk dengan sentuhan SSD ini pasti akan lebih cepat, tetapi tidak di sarankan oleh pengguna lainnya seperti software yang tinggi atau bahkan pegamers karena selain dibilang kapasitasnya tidak besar juga harganya menguras kantong.


2.      RAM Minta untuk di Upgrade


Berikutnya, selain anda bisa menggunakan solusi di atas. Disini anda juga bisa upgrade kapasitas RAM laptop, dari kapasitas RAM bawaan dari laptop sendiri memang tergolong kecil untuk kualitas laptop dengan harga menengah ke bawa, padahal anda sendiri selalu menggunakan software yang kapasitasnya jauh lebih besar.

Jika anda berniat untuk upgrade atau tambahkan kapasitas RAM, maka pastikan terlebih dulu tipe dari RAM tersebut, baik itu dari kapasitas dan juga kecepatannya. Semoga anda bisa mengatasi dengan cara ini.


3.      Rawatlah Perangkat Hardware


Biasannya berbicara tentang merawat kebanyakan orang malas untuk membersihkannya, dan yang lebih parahnya terkadang lupa merawatnya sampai keadaan harddisk kotor.

Meski tidak selalu rutin namun setidaknya dalam waktu kurun 12 bulan anda wajib membersihkannya, mulai dari motherboard, kipas pendingin laptop, maupun tidak lupa mengganti thermal paste.


4.      Menggunakan Bantuan Aksesoris Laptop


Penggunaan laptop yang terlalu lama pasti suhunya akan naik sehingga panas, oleh karena itu anda bisa menggunakan aksesoris khusus laptop yang biasannya di tempatkan pada bagian bawah yang bernama cooling pad.

Cooling pad atau kipas dari bawah ini akan memaksimlkan kinerja laptop menjadi efektif dan normal, selain suhu akan menurun drastis fungsi lainnya laptop anda akan lebih aman kinerjannya.


5.      Gunakan Software Antivirus untuk Full Scan


Masalah laptop menjadi lemot bisa jadi karena adannya virus maupun malware yang terkoneksi di dalam laptop, solusi terbaiknya kali ini anda memanfaatkan fungsi dari software antivirus yang paling baik untuk di install.

Antivirus memang banyak sekali referensinnya yang bisa di andalkan, namun yang perlu anda perhatikan disini ada baiknya untuk melakukan full scan di setiap membuka laptop yang terpenting rutin dan minimal dalam seminggu usahakan sekali.


6.      Usahakan untuk Uninstall Software yang Tidak Terpakai


Cara Mengatasi Laptop Lemot


Secara tidak menyadari memang anda sebagai pemilik laptop pribadi, terlalu menyukai banyak software untuk di install pada laptop. Hal ini mungkin beranggapan agar tidak menginstall ulang aplikasi yang akan di cari nanti, padahal melihat dari software yang menumpuk akan menyebabkan masalah baru yaitu membuat laptop lemot.

Maka usahakan anda untuk uninstall software yang tidak penting, anda bisa menggunakan uninstall dengan cara manual seperti biasannya atau juga memakai software uninstaller sebagai aplikasi pendukungnya.

Nah, itu tadi tentang Cara Mengatasi LaptopLemot Paling Efektif dan Mudah. Semoga informasi ini memberikan manfaat buat anda semua dan selamat mencobannya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel