Cara Mengatasi Komputer Lemot, Tanpa Banyak Repot!

cara mengatasi komputer lemot


Komputer yang bekerja lambat memang menjadi gangguan tersendiri bagi pengguna yang setiap hari bekerja dalam bidang tersebut. Oleh  karena nya, harus sesegera mungkin diatasi. Selain cara mengatasi komputer lemot diperlukan juga pengetahuan mengenai apa saja penyebab permasalahan tersebut. Berikut penjelasan bertahap mengenai cara mengatasi komputer lemot.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Dilihat Dari Sebabnya


cara mengatasi komputer lemot


Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lamban. Sebab-sebab ini digunakan sebagai strategi untuk mengetahui cara mengatasi komputer lemot. Berikut akan dijelaskan satu per satu:

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif dan Mudah

1.Hardisk Terlalu Penuh

Seluruh data yang tersimpan dalam komputer akan dsimpan dalam sebuah ruang bernama Hard disk. Kendati memiliki jumlah kuota isi data yang sangat banyak, apabila file tersebut terus menumpuk, kemungkinan tetap akan penuh. Apabila mencapai angka 95 persen, kemungkinan besar laptop Anda akan lambat.

2.Hardisk Sudah Termakan Usia

Sebagaimana fitrah alam secara global, setiap barang apapun akan mengalami penurunan kinerja apabila digunakan semakin lama, misalkan sudah 10 tahun atau lebih, terutama perangkat komputer.
Jadi apabila Anda mulai sering mengeluhkan kinerja laptop yang lemot, cobalah untuk mengingat-ingat lebih dahulu mengenai sejak kapan perangkat tersebut sudah dipakai.

3.Beban Browser Terlalu Berat

Apabila Anda sedang menggunakan laptop untuk searching menggunakan jaringan internet, kemungkinan besar perangkat tersebut akan lemot apabila digunakan  membuka tap terlalu banyak pada browser atau sebagainya.
Hal ini dikarenakan, misalkan Anda membuka 12 tab pada satu halaman pencarian, maka sebanyak itulah beban yang diangkat oleh RAM komputer. Oleh karenanya, usahakan untuk menghindari kebiasaan tersebut.

4.Terlalu Banyak Startup  Media Pada Komputer

Startup merupakan aplikasi yang muncul otomatis ketika Anda membuka laptop. Entah disadari atau tidak, hal ini akan membuat perangkat laptop tersebut menjadi lambat karena harus bekerja keras menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut secara bersamaan.
Bagaimanapun, RAM komputer / laptop Anda memiliki batas maksimal. Dan apabila masih terdapat banyak ruang pun, kinerja berat yang dilakukan secara bersama-sama akan menyebabkan perangkat tersebut menjadi amat terbebani.

5.Terkena serangan Malware

Apabila Anda merasa tidak memiliki kebiasaan yang dapat memicu lambatnya laptop / komputer sebagaimana diatas, maka ada kemungkinan perangkat tersebut terserang malware atau kebanyakan orang menyebutnya virus.
Malware ini bisa berasal dari banyak cara, misalkan dari situs yang pernah Anda kunjungi atau file, aplikasi, atau fitur terdownload. Oleh karena nya, kehati-hatian sangat diperlukan ketika mengakses pencarian via jaringan internet, sebab kejahatan elektronik bisa mengintai Anda

6.Riwayat File Terlalu Banyak

Riwayat file ini biasa juga disebut dengan temporary files. Isinya yaitu seluruh halaman file yang sebelumnya pernah dikunjungi oleh pengguna, semua itu direkam dan kemudian akan melahirkan namanya temporary file.
Bagian ini cukup banyak mengotori RAM sehingga mengganggu kerjanya dan justru tidak memberikan ruang bagi file-file penting Anda.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Install Ulang


cara mengatasi komputer lemot


Kebanyakan orang memilih menginstall ulang laptop mereka ketika kinerja nya dirasa sudah lamban. Padahal solusi tersebut cukup sulit karena akan menghilangkan seluruh isi file dan perlu membayar biaya banyak. Padahal terdapat solusi lain yang lebih mudah untuk cara mengatasi komputer lemot. Berikut ini merupakan cara mengatasi laptop tanpa Install ulang:

1.Bersihkan Disk

Langkah pertama menganalisa penyebab laptop Anda lemot adalah dengan mengecek isi hardisk. Apabila sudah menunjukkan warna merah, maka Anda perlu membersihkannya dengan cara menghapus file-file yang kurang berguna.
Jika sudah, cek kembali apakah fungsi laptop sudah berjalan agak cepat atau belum. Jika sudah, maka memang benar bahwa perangkat tersebut sedang terlalu banyak mengandung data.

2.Uninstall Aplikasi 

Masih berkaitan dengan RAM, cobalah untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan atau dirasa kurang difungsikan lagi. Hal ini merupakan pilihan tepat dibandingkan menyimpan aplikasi secara sia-sia dan justru berpotensi besar memenuhi Drive C hingga membuat laptop Anda lemot.

3.Melakukan Defragmentasi Secara Berkala

Defragmentasi ini merupakan langkah mengatasi sekaligus pencegahan untuk permasalahan laptop yang lemot datang kembali. Caranya dengan mengetik ‘Disk Defragmenter’ di start menu, kemudian lakukan perintah sederhana nya.
Lakukan proses upgrading manual pada laptop ini secara berkala. Bisa satu minggu atau dua minggu sekali untuk menghindarkan perangkat Anda dari permasalahan-permasalahan cara kerja lamban.
 
4.Minimalisasi Startup Program Media

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah satu faktor penyebab laptop lemot adalah terlalu banyak startup aplikasi yang berjalan secara bersamaan selama laptop berjalan. Oleh karena nya, Anda perlu mematikannya atau minimal mengurangi supaya perangkat dapat berjalan sebagaimana semula.
Selain itu, terlalu banyak menaruh file pada desktop juga berpotensi memperlambat kinerja. Masalahnya perihal tersebut akan membuat perangkat kesulitan membaca perintah dari Anda. Sekalipun berisi file-file yang dianggap penting, usahakan jangan terlalu banyak menaruh file atau aplikasi disana.

5.Gunakan Anti Virus

Untuk mengatasi salah satu faktor penyebab laptop lemot diakibatkan oleh Malware adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Dengan begini, perangkat tersebut memiliki kekebalan terhadap serangan perusakan dari luar. Tindakan ini menjadi sebuah solusi sekaligus langkah pencegahan.
Jangan lupa juga untuk selalu mengupdate anti virus Anda supaya tetap bisa secara efektif membaca gejala-gejala baru yang dibuat oleh para oknum tidak bertanggung jawab.

6.Menambah Kapasitas RAM

Apabila Anda benar benar tidak bisa menghindari laptop yang semakin pelan, jalan satu-satunya adalah mengganti kapasitas memori tersebut. Meskipun perlu merogoh kocek lagi, minimal Anda tidak kehilangan data serta biaya lebih banyak.
Dengan RAM yang lebih besar, Anda bisa leluasa dalam menyimpan data penting tanpa khawatir laptop lemot. Namun sesuaikan dahulunya dengan kapasitas laptop Anda, sampai batas manakah dapat menerima ukuran memori RAM baru.

Demikian merupakan 6 cara dalam mengatasi laptop yang lemot. Apabila diantara sekian banyak opsi tersebut tidak berhasil juga, kemungkinan laptop tersebut sudah mendesak untuk menginstal ulang secara keseluruhan. Minimal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sebanyak membeli baru barang baru.

Baca juga : Cara Menambah RAM Laptop Dengan Mudah Yang Wajib Anda Tahu!

Cara Mengatasi Komputer Lemot Atau Mencegahnya

Setelah mengetahui penyebab serta solusi untuk mengatasi laptop lemot, selanjutnya Anda perlu mengetahui langkah-langkah jitu bagaimana cara menghindari permasalahan tersebut datang kembali. Berikut dua langkah utama demi menyelamatkan perangkat elektronik Anda dari kelambanan bekerja.

1.Lakukan Ceck Up Secara Rutin

Bukan hanya manusia yang membutuhkan cek kesehatan, laptop pun juga. Meskipun terlihat baik baik saja, alangkah penting nya melakukan tindakan pencegahan dengan cara mengupdate nya secara rutin kepada rental, bisa tiap 6 bulan atau bahkan satu tahun sekali. Dengan begini, permasalahan akan terdeteksi lebih cepat sebelum terjadi kerusakan atau kelambanan cara kerja software dan hardware.

2.Jangan Download Atau Install Aplikasi Sembarangan

Hal ini tentu saja sangat berkaitan dengan Malware yang sudah dijelaskan diatas bahwa dampaknya bisa saja sangat fatal. Jadi sebelum mengunduh sesuatu dari internet, cek dua kali terlebih dahulu keamanan nya.

Demikian pembahasan seputar cara mengatasi komputer lemot. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel