Cara Memperbaiki Baterai Laptop Plug In Tapi Tidak Charging, Nih Solusi Jitu Buat Anda!

Baterai laptop plug in tapi tidak charging- kerap kali menjadi permasalahan yang sering dialami. Pernahkah anda sedang bermain laptop atau mengerjakan tugas-tugas nan penting di laptop kemudian, setelah setengah mengerjakan tugas tiba-tiba terdapat notifikasi laptop yang berisikan bahwa baterai tersisa 10%. Tentunya ini sangat menjengkelkan dan lebih parahnya lagi ketika anda mencari stop kontak terdekat dan mencolokkan laptop ke charger namun terdapat notifikasi baterai “plugged in, not charging” yang menandakan laptop terhubung ke charger namun daya tidak mengisi. Secara otomatis, anda akan panik melihat notifikasi tersebut. Apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini? pertama yang perlu anda lakukan adalah jangan panik!

Baterai laptop plug in tapi tidak charging


Baterai laptop plug in tapi tidak charging kerap kali dijumpai dan faktor yang biasa menjadi penyebab masalah tersebut terjadi karena umur laptop yang sudah tergolong tua, hal ini disebabkan oleh sifat dari baterai lithium yang setiap tahun ia akan selalu mengalami pengurangan kapasitasnya. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa kasus ini terjadi karena beberapa faktor-faktor lain. Seperti ,kabel atau adaptor yang bermasalah dan masih banyak lainnya. Kami watpedia akan menyajikan beberapa cara untuk mengatasi permasalahan baterai laptop " plugged, not charging". Secara garis besar penyebabnya terdapat pada 2 faktor utama:


Baterai Laptop Plug In Tapi Tidak Charging Yang Disebabkan Oleh Perangkat Lunak Baterai

 
Baterai laptop plug in tapi tidak charging bisa juga disebabkan oleh software yang bermasalah karena terdampak virus ataupun software yang Corrupt atau rusak. Kemudian untuk cara memperbaiki nya yang dapat anda lakukan sebagai berikut:

1. Uninstall Driver API Baterai Pada Windows
Ketika anda mengalami problem baterai tidak mengisi jangan lepas charger. Kemudian, shutdown laptop anda dan biarkan beberapa menit.
Lepaskan baterai yang terpasang di laptop dan jangan lepas charger laptop. 
Langkah selanjutnya, hidupkan laptop anda dan tunggu beberapa saat sampai tampilan desktop muncul.
Klik pada icon windows yang berada di kiri bawah layar monitor. Dan Double klik > "Computer" dan lakukan klik kanan serta masuk ke jendela  "Properties".
Kemudian setelah anda masuk ke jendela " Properties", pilihlah "Device Manager".
Anda akan mendapatkan tampilan jendela device manager dan klik "Batteries". Dan anda akan memilih ada 2 entri yaitu "Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery" kemudian, silahkan Uninstall semua entri dari baterai tersebut dengan cara klik kanan pilih "Uninstall".
Kemudian  matikan laptop anda, dan pasang kembali baterai serta hidupkan kembali laptop anda.
Masuklah lagi  ke "device manager" di Windows seperti cara diatas. 
Lakukan klik kanan pada  "Batteries" , akan muncul beberapa pilihan lalu pilih "Scan For Hardware Changes". Dan biarkan sejenak laptop anda memperbaiki driver dan mendownload driver baru. Setelah selesai maka laptop secara otomatis akan restart dengan sendirinya.
Jika cara ini berhasil anda akan melihat indikator yang bertuliskan "Plugged in and Charging', dan baterai sudah berhasil mengisi normal kembali.
2. Melakukan System Restore di laptop
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah klik icon Windows
Lalu ketik dan cari di kolom pencarian System Restore.
Klik dan pilih Restore file system
Selanjutnya laptop anda akan melakukan pemulihan sistem dengan sendiri.
Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Dan laptop akan otomatis restart.
Setelah proses restart selesai, lihatlah apakah proses charging sudah normal kembali. Jika sudah terisi secara normal maka proses Restorasi berhasil. Namun, jika belum maka jangan langsung mengambil keputusan. Karena masih banyak cara yang bisa anda lakukan lainnya.


2. Baterai laptop plug in tapi tidak charging yang disebabkan oleh perangkat keras laptop


Baterai Laptop Plug In Tapi Tidak Charging Yang Disebabkan Perangkat Keras-nya
 
Nah, untuk mengatasi Baterai laptop plug in tapi tidak charging masih ada lagi. Tidak terbatas semua itu hanya disebabkan oleh perangkat lunak laptop, melainkan faktor Hardware laptop juga bisa menjadi penyebabnya. Beberapa pemicu dari baterai yang tidak charging sebagai berikut:

1. Kabel Charger Yang Tidak Terpasang Sempurna

Mungkin anda mengira ini hal yang sepele, tapi bukan berarti ini tidak terjadi. Pastikan kabel power anda terhubung dengan benar dengan adaptor dan kabel jack laptop telah tersambung secara benar di adaptor dan laptop anda. Banyak dari para pengguna tidak memperhatikan hal kecil ini karena kabel yang sering lepas dan pasang bisa menjadi penyebab longgarnya jack ataupun kabel power ke adaptor. Jadi untuk pengisian yang optimal anda harus memastikan apakah kabel anda stabil dan terpasang dengan sempurna. Jika kabel atau jack yang anda gunakan sudah tidak bisa stabil lagi disarankan untuk membeli kabel yang baru, tentu saja harga yang dibutuhkan cukup terjangkau.

2. Adaptor Yang Overheat 

Adaptor juga bisa menjadi pemicu baterai tidak mengisi. Hal ini dikarenakan penggunaan charger yang terus menerus mengakibatkan adaptor bekerja terus menerus dan akhirnya panas. Jika anda mengalami hal ini untuk mengatasinya sangatlah mudah, cukup lepaskan charger anda dari laptop dan biarkan selang beberapa waktu sampai adaptor dingin kembali dan bisa digunakan.

3. Kabel Laptop Yang Terlilit 

Nah kasus ini kerap kali dijumpai, banyak dari para pengguna laptop tidak memperhatikan bagaimana cara merawat laptop dan sparepart nya. Terkadang ketika sedang terburu-buru dengan tugas dan pekerjaan, kabel laptop yang terlilit tidak dihiraukan asalkan semuanya selesai. Mindset ini yang harus anda tinggalkan karena ini salah besar dan bisa berakibat fatal apabila anda melakukan hal tersebut berulang-ulang dalam keadaan kabel panas. Untuk mengatasinya diamkan sampai dingin kabel jika panas dan jangan biarkan kabel terlilit. Bagi para pengguna laptop anda harus benar-benar mempersiapkan dan menjaga barang-barang elektronik anda agar tidak mudah rusak. 

4. Konektor, Arus, Tegangan Yang Tidak Sesuai

Ketika anda melakukan charger pada laptop diharapkan berhati-hati dalam memilih charger. Kenapa begitu? Karena konektor yang tidak sesuai juga bisa berdampak pada "Battery not charging". Ada kalanya anda kehabisan baterai laptop dan lupa membawa charger. Akhirnya anda meminjam charger teman, ini bukanlah hal yang salah namun anda juga harus memperhatikan arus dan tegangan dari charger teman anda tadi. Apakah sesuai dengan kebutuhan laptop anda atau tidak. Jika tidak sesuai jangan lanjutkan pengisian baterai. 

5. Baterai Sudah Rusak

Jika cara yang telah disebutkan di atas tidak berhasil juga. Lakukan pengecekan terhadap baterai laptop, apakah masih bagus atau pun sudah rusak. Cara yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan melepaskan baterai dari laptop dan biarkan beberapa jam dan pasang kembali. Kemudian hidupkan laptop dan pasangkan kabel charger. Bila masih tidak bisa mengisi maka dugaan yang paling kuat adalah baterai anda sudah rusak dan harus mengganti dengan yang baru.


Sekian artikel dari kami Watpedia tentang cara jitu mengatasi Baterai laptop plug in tapi tidak charging. Semoga bermanfaat bagi anda dan terdapat kurang lebihnya kami mohon maaf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel