Kuota Internet 4G, Cara Kerja dan Keunggulannya

Pada era teknologi digital internet masuk dalam kebutuhan primer masyarakat global. Semua aktivitas menggunakan intrnet, salah satunya sistem jual beli. Dahulu aktivitas tersebut dilakukan secara manual dan sekarang banyak yang beralih menggunakan sistem online. Saat ini layanan jaringan dan paket  internet terus mengalami perkembangan. Hingga munculah paket kuota internet 4G.

kuota internet 4G


Seiring meningkatnya jumlah pengguna internet, teknologi terus berkembang untuk memenuhi beragam kebutuhan. Jaringan 4G dianggap yang paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Hampir semua pengguna internet sekarang beralih ke jaringan 4G. Termasuk layanan paket kuota internet sekarang sudah menggolongkan antara 4G dan jaringan sebelumnya, yakni 3G.


Pengertian kuota internet 4g


4G berasal dari bahasa inggris (fourth generation technology). Umumnya istilah ini mengacu pada standar generasi keempat dari tekonologi telepon seluler. Ini merupakan pengembangan dari tenologi sebelumnya yakni 2G dan 3G. Pada sistem ini data, suara, dan arus multimedia bisa sampai pada pengguna dimana dan kapan saja pada rata-rata data yang lebih tinggi.
 
Saat ini jaringan 4G sudah tersebar luas di Indonesia ditandai dengan angka availability sebesar 83,5%. Sedangkan Negara Asia Tenggara lainnya, seperti Filipina dan Malaysia angka availability 4Gnya masih dibawah 80%. Artinya, pengguna jaringan 4G di Indonesia lebih banyak daripada Malaysia dan Filipina.

Hampir semua paket internet saat ini beralih ke jaringan 4G, meski jaringan 3G pun masih digunakan. Oleh karena itu, terdapat pembagian antara paket kuota internet dari 4G dan 3G. Paket kuota internet 4G merupakan kuota yang hanya diakses melalui jaringan 4G dan berlaku selama 24 jam. Apabila anda ingin mengaktifkan kuota 4G terlebih dahulu, pastikan signal Anda berada pada jaringan 4G.

Keunggulan kuota internet 4g


Kelebihan dari paket ini adalah kecepatan internet lebih tinggi. Jaringan 4G memiliki kecepatan data sampai 100 Mbps, hal ini tentu lebih tinggi daripada jaringan 3G. Dengan ini pengguna lebih nyaman saat mengakses internet, seperti streaming video ataupun mengunduh konten di internet. Hal ini tentu sangat membantu, apalagi kebutuhan internet saat ini semakin tinggi.

Selain itu, kebanyakan kartu prabayar menyediakan paket kuota 4G lebih banyak dari paket kouta 3G. Kuota internet  yang menyediakan paket internet 4G dan 3G lebih murah daripada yang menyediakan paket internet 3G saja. Apabila android Anda menyediakan jaringan 4G pasti bisa untuk mengakses kedua paket internet tersebut. 

Selanjutnya, kekurangan dari kuota ini adalah lebih cepat habis. Sehingga memerlukan banyak kuota internet. Kecepatan akses jaringan 4G yang lebih tinggi mengakibatkan kuota Anda akan lebih banyak berkurang. Jadi Anda perlu membatasi sendiri penggunaannya, dan pergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Kerja kuota internet 4g


Untuk dapat mengakses 4G sangatlah mudah. Pertama belilah paket tersebut, kemudian aktifkan di smartphone Anda. Ubah signal android Anda ke jaringan 4G. Lalu aktifkan pengaturan data pada android Anda dan paket internet Anda sudah dapat digunakan. Kuota internet yang tersedia paket internet 4G dan 3G akan menggunakan paket 4G terlebih dahulu.

Pada kuota internet 4G kecepatan unduhnya dapat mencapai 300 Mbps dan kecepatan unggah 75 Mbps. Sehingga tidak heran jika paket internet 4G lebih cepat habis daripada paket internet 3G. Namun demikian, tidak akan ada lagi keluhan buffering lama atau internet terputus saking lemotnya.  Anda hanya perlu membatasi penggunaanya saja jika ingin lebih hemat. 


Paket ini hanya bisa di gunakan pada perangkat yang kompatibel dengan jaringan tersebut. Android yang hanya menyediakan jaringan 3G saja tidak dapat untuk mengakses paket ini. Jadi Anda perlu merubah perangkat Androidnya terlebih dahulu. Hampir semua Android sekarang sudah menggunakan perangkat yang menyediakan jaringan 4G.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel