Bagaimana Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop? Nih Jawabannya

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop


Demi beberapa alasan, banyak orang lebih suka menyimpan file data mereka di laptop. Bahkan jika sebelumnya foto disimpan di android, maka Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop pun dilakukan supaya lebih aman dan nyaman.

Adapun Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop tidaklah sulit. Pengguna bisa melakukannya dengan leluasa dan kapan saja diinginkan. Tentu saja, laptop yang digunakan harus memiliki sisa ruang yang memadai dan memungkinkan diisi oleh data baru. 

Baca juga: Cara Memindahkan Foto Dari Iphone ke Laptop Dengan Benar Untuk Pemula

Kelebihan Menyimpan Foto Di Laptop

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

banyak alasan yang diutarakan terkait dengan alasan mengapa seseorang lebih memilih memakai Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop. Apa saja sebenarnya keuntungan melakukan hal itu? Berikut akan dijelaskan 4 alasan yang dapat dijadikan alasan atas problem diatas:

1. Tidak Membuat Memori Handphone Penuh

Secara global, handphone memiliki fungsi yang lebih beragam dibandingkan laptop. Ia digunakan sebagai media komunikasi sekaligus pertukaran informasi. Dengan demikian, ruang penyimpanan yang disediakan android, seberapapun besarnya akan tetap mudah mengalami penambahan data. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan membuat android lemot. Sangat menyebalkan bukan?
Oleh karenanya, laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dapat dimanfaatkan. Jadi, apabila muncul gejalan hp lemot, segera cek memori anda kemudian pindahkan isi berbagai file penting ke laptop.

2. Penyimpanan Laptop Lebih Mudah Ditata

Selain kapasitas RAM yang lebih leluasa, sistem laptop yang memang didesain sebagai perangkat yang lebih mudah memanagemen data file. Pengguna laptop dapat memanfaatkannya untuk membuat dokumen, menyimpan, memasukkan, atau mengolah sedemikian rupa. Dengan demikian, data baru yang berasal dari handphone tersebut bisa digolongkan menjadi folder-folder baru ynag lebih lengkap. 
 
3. Penyimpanan Laptop Lebih Besar

Meskipun anda sering memindahkan isi memori handphone yang mudah penuh ke laptop, wadah penyimpanan laptop tidak akan mudah penuh sebab ia jauh lebih besar. Dengan begitu, anda tidak perlu memikirkan kemana file penting perlu dikirimkan kembali bila laptop penuh.
Bila sudah mepet dan memori laptop tak bisa menampung, barulah pengguna bisa melakukan printing atau cetak dokumen-dokumen foto tersebut. Bisa juga memindahkan nya pada sebuah flashdisk atau memory card.

4. Lebih Mudah Melakukan Pengeditan

Terakhir, apabila anda merupakan seorang konten kreator atau berminat untuk mempelajari bidang tersebut, maka melakukannya di Personal Computer (PC) atau laptop akan menjadi lebih mudah. Apalagi aplikasi edit foto profesional selalu menyediakan fitur PC.
Layar yang besar, keyboard lebih luas, serta kursor yang lebih mudah dan akurat akan memudahkan proses editing foto menggunakan laptop. Jadi, mau tak mau anda perlu melakukan proses transfer foto dari smartphone ke laptop.

Baca juga: Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP Dengan Gampang, Solusi Tepat Tanpa Panik!

Trik Mudah Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop


Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop sebenarnya tidak sulit, terutama apabila anda sudah biasa melakukannya. Aplikasi yang digunakan ini juga bisa dipakai untuk melakukan transfer file sebaliknya, yakni dari laptop ke handphone. Supaya lebih jelas, berikut akan dijelaskan secara detail mengenai tutorial memindahkan file foto dari HP ke laptop:

1. Menggunakan Kabel Data

Cara ini cukup simple dan banyak dilakukan. Pengguna hanya membutuhkan handphone, kabel data usb, dan laptop. Apabila belum tau, kabel usb adalah kabel yang biasa digunakan untuk mengisi daya. Seluruh merk hp pasti menyertakan kabel usb bawaan. Namun jika hilang, pengguna daoat membeli kembali, baik yang khusus (persis sama dan mahal) atau yang general (dapat dipakai pada semua merk handphone). Adapun prakteknya ialah sebagai berikut:

● Pastikan laptop ataupun android dalam posisi terisi baterai
● Nyalakan kedua perangkat tersebut
● Tancapkan kedua sisi kabel usb. Masing-masing ke laptop dan handphone,
● Jika sudah, tengok hp anda apakah sudah muncul notifikasi yang menandakan bahwa kedua perangkat sudah tersambung dengan baik.
● Jika muncul notifikasi, klik bagian notifikasi tersebut
● Akan muncul 3 pilihan. Pilih mode ‘transfer file’ yang terletak di bagian tengah
● Setelah itu, akan muncul notifikasi di laptop anda yang menandakan bahwa perangkat android sudah masuk.
● Masuk ke local disk yang terdapat pada laptop. Cari nama perangkat andoid misalnya ‘redmi 6A, Vivo y9’ atau lainnya.
● Jika sudah klik, kemudian anda akan masuk dalam ruang penyimpanan android.
● Anda kini dapat mengakses foto mana saja yang ingin dipindahkan ke dalam laptop. Tata letaknya sama persis sebagaimana pengguna memasukkannya dalam android.
● Jika sudah klik / blok foto yang akan dipindahkan kemudian tahan
● Klik kanan dan pilih ‘cut’ pada kotak dialog
● Jika sudah, langsung arahkan kursos memasuki disk penyimpanan laptop yang ingin anda gunakan sebagai lokasi penyimpanan baru.
● Klik bagian disk tersebut, kemudian klik kanan lagi, dan paste.
● Ulangi pada file lain yang terletak di tempat berbeda.

2. Menggunakan Fitur Layanan Bluetooth

Cara ini dapat diterapkan pada laptop yang memiliki layanan bluetooth / mulai keluaran 2010. Langkah ini justru tidak memerlukan properti tambahan apapun. Berikut caranya:

● Hidupkan layanan bluetooth pada kedua perangkat.
● Khusus pada laptop, klik kanan pada icon bluetooth yang terdapat di pojok kanan bawah.
● Pilih mode ‘receive file’. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menandakan bahwa perangkat laptop sudah siap menerima.
● Selanjutnya pilih foto-foto dalam galeri handphone anda yang ingin dikirimkan ke laptop, jika lebih dari satu bisa ditandai
● Pilih tombol ‘share / kirim’ yang tersedia.
● Anda akan ditanya ingin mengirimkan file foto kemana. Ada pilihan bluetooth, whatsapp, shareIt, dll. Pilih opsi share
● Kini anda perlu memilih nama perangkat laptop tujuan. Silahkan pilih
● Jika sudah, klik dan foto-foto tersebut akan meluncur.
● Karena pengiriman file foto mode bluetooth, maka usahakan kedua perangkat tidak terlalu berjauhan satu sama lain.
● Jika proses pengiriman sudah selesai, akan muncul noifikasi pada laptop. Klik browse apabila anda ingin meletakkan file-file tersebut dalam ruang penyimpanan tertentu. Klik finish jika anda ingin langsung menyimpannya.

3. Menggunakan Aplikasi ShareIt

Cara terakhir ialah menggunakan shareIt. Aplikasi ini sudah dikenal sebagai pengirim file tercepat, hampir sama dengan bloetooth. Namun demikian, jika anda ingin menggunakannya, maka anda perlu mengisntall dulu pada kedua perangkat tersebut.

Apabila sudah, maka kini anda tinggal menjalankannya sama seperti mengirim file antar sndroid sebagaimana biasanya. Jika belum pernah memakai, pengguna akan mendapat intruksi dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini sangat memudahkan, karena pengguna tinggal memindai barcode yang terdapat di laptop. Tiap tahun, jumlah instalasi aplikasi ShareIt di Personal Computer juga terus meningkat. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop? Nih Tutorial Gampangnya

Selama kamera dalam keadaan bagus dan cukup pencahayaan, maka tidak ada masalah. Dengan begitu, rasanya cukup penjelasan mengenai cara memindahkan foto dari HP ke laptop. Semoga informasi ini bermanfaat serta memudahkan pekerjaan anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel