Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop dan Jenis-Jenisnya

cara menonaktifkan keyboard

Taukah anda bahwa keyboard bawaan laptop dapat dinonaktifkan dan diganti model lain? 

Jika anda pernah mengalami kerusakan keyboard laptop, maka cara menonaktifkan keyboard laptop kemudian membeli keyboard eksternal cukup membantu. Masalahnya, apabila kerusakan parah, maka biaya memperbaikinya juga tidak murah dan keyboard eksternal sering kali menjadi pelampiasan.

Selain dalam situasi kerusakan nan mendesak sebagaimana diatas, tak jarang cara menonaktifkan keyboard laptop juga menjadi alternatif ketika mengerjakan tugas di luar ruangan kerja atau hanya untuk gaya-gayaan. Misal saja di warung kopi, keyboard bawaan aktif beresiko terkena cairan atau insiden bahaya lainnya, oleh karenanya, cara ini seringkali dipakai.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Mutakhir, Solusi Tepat Buat Masalah Anda!

Cara Mudah Menonaktifkan Keyboard Laptop

cara menonaktifkan keyboard


Jadi, apakah anda sudah penasaran dengan cara menonaktifkan keyboard laptop? Tanpa pengantar panjang, berikut cara-caranya:

1. Mematikan Fungsi Keyboard dengan Tombol

Cara ini merupakan langkah paling mudah, sebab pengguna tinggal menekan satu tombol saja selama kurang dari 5 detik. Langkah tersebut juga dapat dilakukan pada semua jenis laptop. Mulai dari Samsung, Acer, Asus, Lenovo, Hp, Apple, dan berbagai macam merk lainnya.

Pengguna silahkan mengamati mulai tombol f1 hingga f12. Dalam kebanyakan laptop, diantara tombol-tombol ini akan terdapat satu tombol yang memiliki gambar keyboard diatasnya. Apabila sudah menemukan, silahkan tekan tombol tersebut, kemudian kombinasikan dengan Fn / Ctrl+Alt. Selain tombol tersebut, ada juga beberapa laptop yang menyediakan beberapa tombol di bagian kanan / kiri laptop dengan fungsi menonatifkan salah satu perangkat. Namun umumnya, bentuk ini ada pada laptop dengan usia keluaran lebih tua.

2. Mematikan Fungsi Keyboard dengan Setting Device Manager

cara kedua ini memanfaatkan setting atau pengaturan nonaktif keyboard melalui software. Untuk melakukannya, ikuti intruksi berikut ini:

1) Pertama, silahkan masuk pada menu Device Manager. Anda dapat melakukannya secara mudah dengan cara mengetikkan menu tersebut pada kolom search di halaman muka.
2) Setelah masuk, akan disajikan daftar perangkat yang ada dalam seluruh laptop, Temukan opsi keyboard kemudian klik. Umumnya, nama menu ialah standart / PS2 keyboard
3) Klik kanan menu tersebut kemudian klik opsi update driver Software.
4) Selanjutnya pengguna akan disuguhkan dengan kolom komentar lagi, langsung pilih Browse My Computer for Driver Software.
5) Pilih lagi opsi Let Me Pick From a List of Device.
6) Jika sudah, anda akan ditunjukkan daftar perangkat yang tidak terpasang pada laptop. Langsung hilangkan centang pada opsi Show compatible hardware.
7) Pilih salah satu diantara hardware tersebut yang ingin anda hilangkan
8) Terakhir, muncul kotak konfirmasi untuk verifikasi perubahan sistem perangkat yang anda buat. Klik oke / yes

3. Mematikan Fungsi Keyboard Secara Permanen

Dengan dua cara sebelumnya, anda dapat menghilangkan fungsi keyboard dengan melakukan manipulasi bahwa perangkat ini sudah tidak compatible. Apabila anda bermaksud mengembalikan fungsi tersebut, anda tinggal melakukan langkah yang sama. misalnya menekan kembali tombol keyboard atau mengganti pengaturan. Namun cara ini akan membuat keyboard bawaan laptop menjadi nonaktif secara permanen:

1) Silahkan akses kolom search  yang terdapat pada halaman muka. Ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda petik) lalu klik oke atau tombol enter.
2) Silahkan masuk pada menu Computer Cobfiguration File lalu bukalah administrative pilih menu system
3) Pada pilihan selanjutnya, klik bagian Device Installation
4) Masuk lagi di bagian Device Installation Restrictions, Pada bagian kanan akan ada banyak pilihan opsi, silahkan pilih Prevent installation devices.
5) Pengguna akan disuguhkan dengan halaman baru. Klik menu Enable lalu klik oke.
6) setelah itu, pengguna sudah bisa mengaktifkan keyboard eksternal yang baru.

Baca juga: Apa Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati? Nih Solusi Tepat Mengatasinya

Mengenal Jenis-jenis Keyboard Laptop eksternal

cara menonaktifkan keyboard


Apabila anda memang sedang dalam problem cara menonaktifkan keyboard laptop dengan perangkat eksternal baru, maka ada beberapa pilihan keyboard yang dapat digunakan sesuai fungsi dan kebutuhan. Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Keyboard Eksternal Standar
Keyboard jenis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan keyboard laptop umumnya, terutama tombol peletakannya yang menggunakan formasi QWERTY. Meski begitu, ada juga jenis lainnya yaitu AZERTY, QWERTZ, dan Dvorak. Namun model terakhir ini banyak digunakan di negara lain.

Keyboard QWERTY memiliki beberapa jaringan penyambungan, ada yang menggunakan bluetooth, kabel USB, jaringan nirkabel, inframerah, serta frekuensi radio. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta jarak penggunaan yang terbatas. Misalnya frekuensi radio hanya dapat digunakan dalam jarak 2 meter dan bluetooth maksimal jarak 10 meter.

2. Keyboard Gulung

Apabila anda penyuka benda-benda simple dan praktis, maka keyboard gulung ini patut sekali dicoba. Keyboard ini terbuat dari silicon, serta bisa digulung ketika disimpan atau dibawa dalam tas. Model ini memiliki ciri khas berupa tombol-tombol besar dengan jarak masing-masing sangat dekat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, usahakan mengaplikasikan keyboard ini di permukaan yang rata dan halus. Hindari juga menekuk keyboard hingga membentuk sudut sebab berpotensi merusak jaringan mikro yang ada di dalamnya.

3. Keyboard Ergonomik

Mungkin sebagian orang belum merasa akrab dengan jenis keyboard ini. jenis ini memiliki desain khusus yakni terbagi menjadi dua, sehingga pengguna bisa mengatur posisi tangan pengetik dalam keadaan paling nyaman. Selain itu, ada juga yang berbentuk seperti gamepad atau biasa disebut keyboard genggam.

Keyboard ergonomik ini dibuat khusus untuk menghindari cidera tangan, ketegangan otot, nyeri punggung, syaraf terjepit atau kesemutan. Oleh karenanya tak mengherankan harga keyboard ini sangat mahal dibandingkan jenis lainnya.

4. Keyboard Gaming

Apabila anda pecinta game, keyboard ini wajib dibeli. Terlebih lagi jika sudah memiliki laptop gaming. Keyboard ini didesain memiliki bantalan pergelangan tangan sehingga lebih rileks, tidak akan mudah lelah serta leluasa dalam mengontrol permainan. Selain itu, tampilan keyboard ini cukup menarik sebab dilengkapi oleh lampu warna warni supaya pemain tidak sampai tertukar.

5. Keyboard Virtual

Terakhir yakni jenis keyboard virtual atau non fisik. Keyboard ini tampil di layar komputer atau laptop sehingga pengguna tidak perlu menekan-nekan pada tombol. Laptop keluaran terbaru / 10 tahun terakhir sudah mulai mengadopsi keyboard ini sebagai bawaan perangkat.

Bagi laptop yang sudah dilengkapi dengan touch screen, maka mengetik menggunakan tombol ini lebih mudah sebab seperti menggunakan gadget. Namun bagi yang tidak dilengkapi fitur tersebut, harus menggunakan mouse dan mengeklik satu persatu.   

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Laptop Paling Mudah, Solusi Cepat Tanpa Gundah!
   
Itulah beberapa jenis keyboard eksternal yang bisa anda dapatkan dengan mudah di toko alat-alat elektronik atau lebih khusus, dealer laptop. Masing-masing jenis memiliki harga bertingkat oleh karenanya alangkah baiknya jika pengguna membeli sesuai dengan kebutuhan penggunaan setiap hari. Demikian penjelasan mengenai cara menonaktifkan keyboard laptop beserta beberapa rekomendasi keyboard eksternal. Semoga bermanfaat dalam memberikan informasi seputar topik tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel