Cara Mirroring Android ke PC Paling Gampang, Bisa Lakukan Sendiri!

Cara Mirroring Android Ke PC - Mirroring / Screen Mirroring merupakan  proses menggabungkan dua perangkat dimana perangkat yang pertama dapat menampilkan informasi apapun yang terdapat dalam perangkat kedua. Istilah Mirroring / screen Mirroring mungkin terdengar asing di telinga Anda. Tetapi perlu Anda ketahui, Mirroring adalah salah satu alternatif bagi anda ketika mempresentasikan sebuah materi, ppt, atau suatu karya didepan umum melalui media screen proyektor sambil membawa Android atau smartphone. Apalagi bagi Anda saat memiliki bahan yang akan dipresentasikan masih berada di Android dengan ukuran yang terbatas dapat menggunakan metode Mirroring untuk memindahkan materi ke PC atau Laptop. Nantinya, tampilan layar yang berada didalam Android Anda akan sama persis muncul dengan tampilan pada PC.

Cara Mirroring Android Ke PC


Bagi Anda yang belum tau bagaimana cara Mirroring Android ke PC, pada Artikel kali ini kami akan membahas hal tersebut agar dapat Anda praktekkan dengan sendirinya. Ketika proses Mirroring dilakukan, tentunya membutuhkan media lain untuk membantu proses penggabungan dua perangkat yaitu Android dan PC karena media tersebut tidak tersedia dalam fitur Android Anda. Media yang Anda butuhkan ada 2 yakni : dengan menggunakan konektivitas melalui kabel USB dan menggunakan koneksi WiFi. Untuk lebih singkatnya, silahkan simak penjelasan berikut ini!


Cara Mirroring Android Ke PC Menggunakan Kabel USB

 
Langkah pertama untuk Cara Mirroring Android ke PC adalah dengan menggunakan kabel USB  bila perangkat yang telah terhubung belum memiliki jaringan WiFi, berikut langka-langkahnya :

1. Aktifkan USB Debugging
- Pada setiap Handphone / Android merek Apapun Anda dapat mengaktifkan Option Pengembang atau “Developer Optipns” yang dapat Anda Akses dengan membuka menu “Settings” kemudian klik> “Tentang ponsel”.
- Kemudian scroll dan Klik> “Additional Settings” atau Pengaturan tambahan.
- Anda Klik >“Developer Options” yang tertulis di layar Android.
- Pada bagian ini, Anda harus memasukkan Kode Verivikasi yang tersedia, lalu Klik> “Continue”.
- Klik terus pada tulisan “Developer Optipns” hinga tombolnya berubah jadi warna hijau.
- Klik lagi pada tulisan “USB Debugging” nanti akan muncul permintaan izin yang dapat Anda klik> “OK” setelah selesai, lanjut pada tahap selanjutnya,

2. Pasang Aplikasi Vysor pada Android dan PC / Laptop

- Nah kemudian selanjutnya setelah Anda selesai mengaktifkan USB Debugging adalah dengan memasang dan mengekstensi aplikasi Vysor pada browser Chrome di PC. Anda hanya mencari icon bertuliskan Vysor pada laman  chrome://apps lalu klik> “Tambahkan ke Chrome” > “Add App” dan tunggu hingga proses instalisasi selesai.
- Jika Anda telah mengekstensi Vysor di Google Chrome PC, buka Aplikasi tersebut dan tidak lupa hubungkan Android yang akan Anda Mirroring dengan menggunakan kabel USB berkualitas baik.
- Pastikan terlebih dahulu kabel telah tercolok pada Android dan PC Anda. 
- Setelah itu kembali pada tampilan Vysor lalu klik> “Find Devices” yang terletak pada pojok kanan atas Aplikasi.
- Klik> “Android from Android” klik lagi> “Select”
- Lalu Pop-up atau Iklan perizinan debug USB akan muncul pada tampilan layar Android Anda, tinggal Klik> “OK”
- Setelah itu tampilan layar pada Android Anda akan muncul di PC, jangan khawatir tentang bentuk yang akan muncul Karena Vysor telah menyesuaikan bentuk dengan sendirinya baik itu Potrait atau Landscape.


Cara Mirroring Android Ke PC Via WIFI

 
Jika Anda telah berhasil menggunakan kabel USB, Ada Cara mirroring Android ke PC yang lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan WiFi dan fitur apilkasi yang tersedia. Biasanya cara ini sangat praktis dilakukan karena hanya menggunakan aplikasi. Berikut kami jelaskan agar dapat Anda praktekkan

1. Bagi Anda pengguna Windows 10 pada PC/Laptop 

Biasanya Windows 10 yang tersedia pada PC/Laptop memiliki Aplikasi bawaan yang dapat digunkakan langsung untuk Mirroring. Berikut adalah langkah-langkahnya :
- Anda harus memastikan bahwa PC telah terhubung dengan WiFi. Jika belum tersedia, Anda dapat menambahkann perangkat WiFi Receiver dengan menggunakan port USB.
- Kemudian jangan lupa memastikan Android dan PC Anda sama-sama terhubung dengan jaringan WIFi yang sama.
- Masuk pada pencarian menu Start lalu ketik “Connect” pada kolom yang tersedia. Jika sudah Anda tinggal mengklik option Connect tersebut.
- Setelah software ditampilkan, akan  muncul tulisan jika PC atau Laptop Anda siap digunakan. Dalam tampilan tersebut User name PC Anda akna muncul juga pada Software.
- Lanjut pada Android Anda. Biasanya setaiap HP memiliki fitur yang berbeda, jika sama Anda dapat melakukan langkah ini dengan mengaktifkan fitur Screen Mirroring pada pengaturan. 
- Lalu klik> “Others Wireless Conection” yangtertera pada pengaturan
- Klik lagi pada option “Wireless Display”
- Setelah itu Anda klik tombol yang ada pada Wireless Display hingga warnanya berubah menjadi hijau
- Nanti username PC atau Laptop Anda akan muncul, kemudian klik pada username PC Anda.
- Ketika Mirroring berhasil dengan menghubungkan perangkat, akan muncul tampilan pada Software connect seperti contoh “M31 is about to project” 
- Lalu tunggu beberapa saat hingga layar Android Anda Muncul.
- Selesai.

2. Mirroring menggunakan AirDroid

Seperti yang Anda ketahui, AirDroid merupakan aplikasi yang dapat menampilkan layar Android ke PC. Namun, aplikasi ini bisa berfungsi sebagai aplikasi file manager yang dapat Anda akses menggunakan PC walaupun fitur didalamnya terbatas. Berikut langkah-langkah menggunakan AirDoid:
- Install aplikasi AirDroid pada Handphone atau Android Anda. Jangan lupa untuk mendaftar akun AirDroid
- Akses situr AirDroid pada Browser PC atau Laptop Anda, aplikasi AirDroid juga dapat diinduh untuk desktop
- Pastikan saat Anda menghubungkan Android ke PC jaringan Anda sedang terhubung yang sama dengan Local Connection Mode. 
- Masuk menggunakan Akun yang sama dengan AirDroid yang ada di Android Anda.
- Setelah itu, tampilan layar pada Android Anda akan muncul seperti fitur Screenshoot dengan menggunakan AirDroid. Sayangnya, Aplikasi ini terbatas hanya menampilkan tampilan tanpa control penuh.
- Tetapi dengan menggunakan Aplikasi iini, Anda akan diberi kemudahan dalam mengakses data yang terdapat pada Android. Apalagi ketika Anda telah mendaftarkan Akun AirDroid Pro dengan fitur berbayar.

3. Mirroring menggunakan Airserver Connect

Aplikasi ini tergolong bagus untuk melakukan mirroring. Tetapi aplikasi ini menggunakan fitur berbayar yang hanya melakukan pembayaran sekali atau bisa dikatakan tidak berlangganan untuk selanjutnya. Aplikasi AirDroid ini dapat digunakan untuk semua jenis Android dan IOS. Jadi sangat mudah di install untuk Mirroring
4. Mirroring menggunakan Asus PC Link
Bagi pengguna Asus Zenfone saja, fitur ini memang tersedia untuk digunakan Mirroring. Berikut langkah-langkahnya :

- Pada PC atau Komputer, install aplikasi PC Link
- Lalu hubungkan Asus Zenfone dengan Laptop menggunakan kabel USB
- Anda aktifkan Aplikasi PC Link pada ponsel
- Nanti otomatis muncul tampilan “Device”,  klik 2 kali agar terhubung.
- Anda juga bisa menggunakan WiFi dengan memilih jaringan yang sama dengan Koneksi WiFI Asus Zenfone
- Setelah itu masuk ke PC Link dan menyambungkannnya pada Ponsel
- Kemudian siap digunakan.


Nah, begitulah Cara Mirroring Android ke PC dari Artikel kami. Anda dapat memilih untuk mencoba cara yang mana sesuai kemantapan hati. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih. Semoga ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel