Pengertian Kuota Internet Lokal, Cara Kerja dan Plus Minusnya

Kuota internet lokal - internet saat ini menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat global. Kemunculannya pertama kali melalui project ARPRANET. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua membutuhkannya. Meledaknya kebutuhan Internet membuat beberapa layanan operator terus berusaha untuk membuat paket kuota dengan penawaran khusus, diantaranya ada kuota internet lokal.

kuota internet lokal


Masyarakat mulai mengenal internet pertama kali pada tahun 1969 dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Sayangnya, bagi masayarakat di wilayah tertentu sering mengalami masalah saat mengaksesnya. Maka, muncullah paket kuota internet lokal sebagai solusi dalam hal ini. Selebihnya ada beberapa hal terkait pengertian dan cara kerja kuota ini yang menarik diulas.


Pengertian Kuota Internet Lokal


Kuota internet lokal merupakan sebuah paket kuota yang hanya dapat digunakan saat Anda berada di wilayah aktivasi saja. Pada paket ini juga terdapat pembagian dalam beberapa zonasi. Sehingga, Anda hanya bisa menikmati paket ini ketika smartphone berada di wilayah saat mengaktivasinya dan zona tertentu saja.

Tentu hal ini berbeda dengan paket kouta internet nasional yang bisa digunakan kapan dan dimana saja. Namun, bagi sebagian orang hal ini menguntungkan karena pada umumnya paket yang ditawarkan lebih besar dari biasanya. Masyarakat yang berada di wilayah tertentu apalagi yang lemah sinyal bisa mencoba paket ini,  karena mungkin bisa membuat akses internet lebih lancar. 

Cara Kerja


Pada umumnya, paket kuota internet ini bekerja pada wilayah aktivasi saja. Sebagaimana disebutkna, Anda hanya bisa menggunakannya pada area tempat pertama kali mengaktivasinya. Tapi, terkadang paket ini bisa diakses berdaskan pembagian zona yang telah ditentukan. Artinya, paket ini masih bisa diakses untuk berbagai kebutuhan saat Anda masih dalam satu area zona yang masuk ketentuan.

Bagi Anda yang menetap di daerah aktivasi tersebut, hal ini pasti sangat menguntungkan, namun bila hanya sesaat di wilayah tersebut pasti rugi. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan paket ini pastikan terlebih dahulu apakah akan tinggal dalam waktu yang lama di di area itu. Jika, Anda hanya sementara di area aktivasi tersebut sebaiknya menggunakan paket kuota internet nasional.

Menurut cara kerjanya paketan ini terbagi menjadi beberapa jenis, diantanya: unlimited, terusan dan regular. Unlimited merupakan paket internet yang bisa dinikmati sepuasnya tanpa ada batasan. Sedangkan, terusan merupakan paket internet yang  jumlah total kuotanya sangat melimpah. Reguler sama dengan terusan memberikan kuota yang melimpah  dan disini juga tidak ada batasan waktunya.

Kelebihan serta Kekurangan


Kekurangan dari kuota internet lokal ini ialah cakupannya yang lebih sempit dari kuota internet nasional. Apabila menggunkan kuota internet nasional Anda bisa mengakses internet kapan dan dimana saja. Berbeda dengan kuota internet lokal yang hanya dapat diakses di area khusus.

Meskipun demikian, terdapat kelebihan dari penggunaan paketan ini. Kelebihan yang pertama adalah kecepatannya lebih tinggi karena jaringannya tidak menyebar ke banyak wilayah. Jadi, akan lebih fokus pada satu area atau zona. Berbeda  dengan paket nasional yang kecepatannya lebih lemah karena jaringannya menyebar ke seluruh wilayah.


Selanjutnya, kelebihan yang kedua kuota yang disediakan dalam paketan ini lebih besar. Sehingga Anda akan lebih puas saat mengakses internet di dunia online. Maka dari itu, paketan ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Apalagi seluruh aktifitas mulai dari jual beli, pembelajaran, mencari hiburan dan lain-lain,  bisa dilakukan melalui jaringan internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel