Cara Menghilangkan Malware Di Android Paling Tepat, Solusi Laptop Jadi Aman!

Cara Menghilangkan Malware Di Android


Cara Menghilangkan Malware Di Android – Berbicara tentang teknologi pasti kita tidak asing lagi dengan yang namanya malware atau virus yang mampu merusak system komputerisasi. Malware sendiri merupakan sebuah program khusus yang dirancang untuk merusak, menggandakan, mencuri, menghapus bahkan mengubah data. Terlebih lagi malware atau virus ini terkadang juga merusak perangkat keras atau hardware hingga hang/nge-lag sampai terkadang juga terjadi botloop atau blue screen.

Meski demikian malware kini tidak lagi hanya menyerang pada perangkat computer atau laptop saja. Melainkan sudah merembet menyerang perangkat HP android. Malware ini mampu masuk pada HP android melalui banyak cara, seperti halnya ketika anda sedang melakukan browsing dengan mengakses alamat yang tidak resmi, atau anda mendownload file APK dari situs yang tidak jelas sumbernya.

Namun seiring perkembangan teknologi, keberadaan malware atau virus ini semakin sulit untuk di deteksi. Terkadang kita sebagai pengguna HP tidak begitu peduli dengan kemungkinan adanya malware di HP. Hanya saja terkadang muncul pertanyaan bagi diri sendiri, ada apa dengan HP saya? Nah, oleh sebab itu anda perlu tau tanda-tanda bahwa HP anda terdapat malware atau tidak. Jikalau HP anda terdapat malware berarti anda juga harus tau Cara Menghilangkan Malware Di Android.

Baca juga :  Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Paling Efektif, Solusi Tepat Buat Laptop Anda!

Cara Menghilangkan Malware Di Android Dengan Mengetahui Ciri-Cirinya Terlebih Dahulu


Cara Menghilangkan Malware Di Android


Berikut ini merupakan ciri-ciri awal bahwa HP android sedang terinfeksi oleh malware atau virus.

1. Pemakaian Data Kuota Internet Terasa Lebih Boros Dari Biasanya

Apabila secara tiba-tiba kuota anda terkuras tanpa anda merasa menggunakannya dengan jumlah yang berlebih maka anda patut untuk mencurigainya. Bisa jadi HP anda terinfeksi atau terkena malware. Sebab malware ini diciptakan untuk mencuri data korbannya, seperti halnya daftar kontak, nomor kartu kredit, akun simpanan online dan lain sebagainya. Jika malware ini berhasil masuk ke data HP anda, makai ia akan mengirimkan datanya melalui internet ke pembuat malware tersebut.

2. Performa HP Menjadi Semaki Lambat Dan Bahkan Terkadang Macet

Ciri yang selanjutnya jika sebuah HP terkena malware adalah menjadi lambatnya peforma HP saat kita gunakan. Sebab bisa jadi hal yang demikian adalah ulah dari malware yang diam-diam melakukan banyak aktivitas tersembunyi tanpa kita sadari. Terkadang malware ini juga menjadikan penyebab HP saat digunakan sebentar tiba-tiba langsung panas atau overheating.
Terkadang juga meskipun kapasitas memory HP masih kosong banyak tetapi performa tetap lambat, itu juga bisa jadi salah satu penyebab bahwa HP anda kemungkinan saja terkena malware.

3. Baterai Mudah Habis

Tanda atau ciri berikutnya adalah secara tiba-tiba battery HP anda berkurang secara drastic walaupun anda jarang menggunakannya. Memang salah satu ciri khas dari malware adalah ketika ia sudah masuk dalam HP maka malware ini akan beroperasi pada layar background uatama HP, yang mana tujuannya untuk melihat data-data yang ada di dalam HP.

4. Jika Digunakan Untuk Menelephone Sering Terputus-Putus

Berbicara tentang kelancaran dalam komunikasi ini dipengaruhi oleh banyak factor. Diantaranya adalah jarak tempat, cuaca dan juga pihak penyedia layanan kartu HP.
Namun jika anda menggunakan HP anda untuk melakukan telfon dengan biaya standar dan tidak ada gangguan sama sekali, berarti itu sudah menandakan HP anda terbebas dari malware.

Malware yang lebih serius lagi ketika ia merupakan program yang disisipkan pada aplikasi lain, sehingga aplikasi yang kemasukan malware ini akan bekerja dengan maksimal terus. Jika hal ini hanya dibiarkan saja maka akan mengganggu kerja anda. Nah, apabila HP anda memiliki tanda-tanda seperti diatas maka segera lakukan antisipasi berupa langkah-langkah untuk meghapus malware tersebut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Virus di Hp Tanpa Ribet Untuk Pemula

Cara Menghilangkan Malware Di Android Paling Ampuh


Cara Menghilangkan Malware Di Android



1. Pembersihan Malware Dengan Menggunakan Antivirus / Anti Malware

Langkah awal untuk menangani jika HP anda terkena malware adalah hapus dengan aplikasi antivirus. Meskipun keefektifan nya masih dipertanyakan untuk menjamin malware benar-benar sudah terhapus, tentu tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi antivirus untuk menghapus malware tersebut.

Caranya pun cukup mudah, anda langsung bisa men-install nya melalui playstore dari HP anda kemudian langsung mengaktifkan aplikasi antivirus tersebut. Selain cara ini cukup simple, anda pun juga tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun pusing dengan pengauran yang ribet. So, aplikasi antivirus bisa jadi pilihan untuk anda.

2. Atur HP Anda Pada Posisi Safe Mode

Untuk langkah atau cara yang selanjutnya untuk menangani HP yang terkena malware ini anda bisa menggunakan menu safe mode yang ada di HP anda. Kegunaan fitur safe mode pada setiap HP android ini adalah untuk mengetahui adanya malware atau tidak, atau untuk mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan diluar kendali. Sehingga ketika fitur safe mode ini di aktifkan maka seluruh aplikasi pihak ke tiga akan berhenti bekerja, termasuk jika ada malware. Nah, adapun caranya untuk menghentikan malware yang ada di HP android anda adalah sebagai berikut:

1) Tekanlah tombol power agak lama hingga muncul PopUp pilihan safe mode. Setelah iu ikuti perintah yang ada di HP anda.
2) Apabila terjadi suatu hal, semisal ketika anda menekan tombol power agak lama tetapi tidak muncul PopUp safe mode, maka anda bisa menggunakan tombol kombinasi penekanan, yakni anda bisa menekan tombol power dan tombol penambah suara di HP anda secara bersamaan hingga muncul pada layar boot safe mode.
3) Setelah anda masuk pada menu safe mode maka bukalah pengaturan, kemudian pilih App downloaded untuk melihat apakah didalam perangkat HP anda terdapat instalan applikasi malware. Nah, jika anda membuka menu ini dan menemuan aplikasi yang asing maka bisa di pastikan bahwa aplikasi tersebut termasuk malware.
4) Setelah anda menemukan aplikasi asing tersebut sebagai malware atau virus, maka anda langsung bisa Uninstall aplikasi tersebut dengan cara, klik aplikasi nya kemudian akan muncul pilihan uninstall.
5) Apabila aplikasi malware tersebut telah berubah menjadi aplikasi administrator, maka anda bisa kembali lagi kebagian pengaturan awal yakni, pilih security, kemudian pilih device administrator, kemudian beri tanda centang pada kotak pilihan disampingnya dan terkahir lakukan uninstall aplikasi yang menjadi malware tersebut.
6) Setelah semua aplikasi berjalan dengan baik dan anda sudah menghapus beberapa aplikasi malware, maka anda bisa me-reboot HP anda dan keluar dari menu safe mode.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Efektif dan Mudah

Demikianlah artikel dari kami, mengenai Cara Menghilangkan Malware Di Android. Namun selain dari kedua cara tersebut anda juga bisa melakukan install ulang HP anda untuk menghilangkan malware, namun ketika anda memilih untuk install ulang HP maka aka nada beberapa aplikasi di HP anda yang hilang. So, semua pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda tertarik untuk mencoba langkah-langkah tadi maka lakukanlah sesuai alur yang ada, agar hasil yang anda peroleh dapat maksimal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel