Nih Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer, Ternyata Mudah Lho!

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer


Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer – Mengatur kecerahan layar atau brightness pada layar computer memang akan membuat kita merasa nyaman saat bekerja. Apalagi jika dalam keseharian kita bekerja dengan komputasi computer. Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi terhadap produktivitas kerja kita bukan? Nah, untuk tingkat kecerahan layar computer untuk masing-masing orang memang berbeda-beda sesuai selera masing-masing. Namun satu hal yang pasti seberapa tingkat kecerahan computer akn selalu mengikuti terhadap kualitas pencahayaan disekitar kita. Jika cahaya disekitar kita redup maka otomatis pencahayaan computer pun akan mengikuti redup. Sebaliknya jika tingkat cahaya disekitar kita cukup terang maka pengaturan pencahayaan computer pasti akan pada posisi kecerahan maksimal mengikuti tingkat cahaya disekitarnya.

Salah satu perbedaan yang paling bisa kita temui adalah ketika kita mengatur kecerahan layar laptop dengan layar monitor computer adalah pada sisi layar. Jika laptop maka biasanya hanya menggunakan satu jenis layar, bisa layar LCD maupun LED tergantung jenis dan merk laptop. Sedangkan jika komputer anda bisa menemui layar atau monitor yang sangat beragam, seperti lyr monitor TV cembung, LCD, LED dan masih banyak lagi.

Oleh, sebab itu pengetahuan tentang Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer ini menjadi penting untuk anda ketahui dan kuasai. Terlebih jika anda masih belum begitu menguasai terhadap system yang ada di computer. Nah, dalam list pembahasan kali ini akan diuraikan bagaimana cara yang paling simple untuk mengatur kecerahan dikomputer.

Baca juga: Bagaimana Cara Meredupkan Layar Laptop? Ini Cara Gampangnya

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Paling Gampang

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer


Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatur kecerahan layar pda komputer sebagai berikut:

1.Memanfaatkan Shortcut Yang Terdapat Pada Taskbar

Untuk cara yang pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatur kecerahan layar dikomputer adalah dengan memanfaatkan shortcut yang ada di taskbar. Langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

1) Untuk mengatur kecerahan layar di komputer anda cukup klik logo pada battery yang ada pada pojok kanan bawah pada taskbar monitor komputer.
2) Pada menu option anda bisa klik logo brightness.
3) Atur kecerahan sesuai kebutuhan anda dengan cara menggeser tingkat kecerahan layar. Jika anda menggeser ke arah samping kiri berarti layar akan semakin meredup, dan sebaliknya semakin anda menggeser ke arah kanan maka cahaya akan semakin terang.
4) Setelah selesai, anda tidak perlu bingung untuk save atau menyimpan pengturannya, cukup anda close atau tutup jendela pengaturan. Sebab pengaturan kecerahan layar computer akan menyimpan secara otomatis.
Nah, bagaimana cukup mudah bukan? Untuk mengatur kecerahan layar computer menggunakan cara atau langkah yang pertama ini.

2.Mengatur Kecerahan Dengan Tombol Fungsi Pada Keyboard

Pada langkah yang selanjutnya untuk mengatur kecerahan layar computer anda pun juga bisa menggunakan kombinasi tombol yang ada pada keyboard. Nah, karena setiap merek laptop atau computer memiliki program tersendiri untuk semua jenis pengaturan nya. Maka hal ini juga berlaku untuk tombol kombinasi keyboard dalam mengatur tingkat kecerahan pada layar computer. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan untuk mengatur kecerahan layar menggunakan tombol kombinasi ini.

1) Tekan tombol Fn + F5 untuk meredupkan dan Fn + F6 untuk mencerahkan. Atau
2) Tekan tombol Fn + panah kiri untuk meredupkan dan Fn + panah kanan untuk mencerahkan. Atau
3) Tekan tombol Fn + tombol berlogo matahari redup untuk meredupkan layar dan Fn + tombol berlogo matahari cerah untuk mencerahkan.

Itulah beberapa pilihan untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar computer mengunakan tombol kombinasi keyboard. Namun dengan catatan ketika anda menggunakan tombol kombinasi tersebut, anda harus menyesuaikan dengan jenis pilihan tombol kombinasi yang ada di computer atau keyboard anda, serta ketika anda menekan tombol kombinasi harus dilakukan secara bersamaan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Mutakhir, Solusi Tepat Buat Masalah Anda!

3.Mengatur Kecerahan Layar Menggunakan Pengaturan Pada Control Panel

Langkah selanjutnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar computer dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan di control panel. Meskipun hal ini sedikit agak rumit, namun bagi anda yang ulet dalam perihal pemprograman computer tentu hal ini tidak menjadi masalah.
Selain itu keuntungan jika anda melakukan pengaturan melalui menu control panel ini, and pun juga bisa sedikit banyak menyesuikan pengaturn-pengaturan lain yang dirasa perlu untuk di update menyesuaikan dengan kedaan. Nah, berikut ini adalah beberapa tahapan langkah-langkahnya untuk anda ikuti.

1) Masuk pada menu option start windows, kemudian pilih control panel.
2) Setelah anda masuk pada kolom dialog control panel anda dapat langsung memilih hardware and sound, kemudian anda pilih lagi pada menu power options, kemdian langsung pilih lagi Adjust screen brightness.
3) Pada kotak isian adjust screen brightness anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar sesuai yang anda butuhkan. Cara pengaturannya anda tinggal menggeser pointer tingkat kecerahan layar. Jika anda menggesernya ke arah kiri maka anda akan mendapati pencahayaan yang redup, dan jika anda menggesernya ke arah kanan maka anda akan mendapati pencahayaan yang semakin terang.
4) Jika sudah sesuai dengan keinginan anda, maka anda dapat menyimpannya jika menggunakan versi windows 7 dan jika anda menggunakan versi windows 8 atau 10 maka anda dapat langsung keluar, sebab pengaturan tersebut akan menyimpan secara otomatis.

Nah, itu tadi tutorial pengaturan pencahayaan pada computer jika menggunakan menu control panel. Meskipun anda harus melakukan tindakan pengaturan yang agak rumit, namun anda akan semakin memiliki banyak kemampuan dalam memprogram computer anda. 

4.Mengatur Kecerahan Layar Dengan Slider

Langkah pengaturan cahaya berikut ini sebenarnya tidak begitu sulit untuk dilakukan. Hanya saja anda butuh beberapa step atau cara untuk mengatur kecerahan layar computer sesuai keinginan anda. Nah, adapun cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

1)Pada bagian icon battery yang berada pada pojok bagian kiri laptop anda tinggal meng-klik nya untuk masuk pada kolom dialog pengaturan.
2)Setelah masuk pada kolom dialog pengaturan anda bisa memilih adjust screen brightness untuk mengatur tingkat kecerahan layar.
3)Setelah anda masuk pada pilihan opsi adjust screen brightness maka pilihlah display kemudian atur tingkat kecerahan layar, dengan cara menggeser icon ke kiri atau ke kanan sesuai dengan tingkat kecerahan yang anda inginkan.
4)Jika anda sudah selesai melakukan pengaturan keceraha layar, maka anda dapat langsung keluar dari dialog pengaturan. Sebab pengaturan tersebut akan tersimpan secara otomatis.

Walaupun cara ini bisa terbilang susah-susah gampag, namun dengan ketekunan dan keuletan anda untuk belajar kami yakin anda akan mampu melakukan pengaturan kecerahan layar ini dengan baik.

Baca juga:Bagaimana Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop? Nih Tutorial Gampangnya

Demikianlah beberapa Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer yang bisa menjadi referensi untuk anda. Saran kami, ketika anda melakukan pengaturan kecerahan layar ini pilihlah cara yang paling mudah dan tidak membuat anda kesulitan dalam meprogramnya. Oke, sekian dari kami dan terimakasih. Selamat menerapkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel