Cara Membersihkan Layar Laptop Mudah dan Murah

cara membersihkan layar laptop


Bagi para pelajar, mahasiswa, maupun orang-orang yang memiliki profesi berkaitan dengan laptop, merawat perabot tersebut merupakan sebuah keharusan. Sayangnya, cara membersihkan layar laptop banyak disepelekan sehingga bisa saja menimbulkan efek buruk, misalnya kerusakan dini atau tampilan yang memprihatinkan.

Selain membahas mengenai bagaimana cara membersihkan layar laptop yang benar dan mudah, Anda juga akan mengetahui alasan mengapa langkah ini penting untuk dilakukan.

Baca juga: Cara Screenshot Laptop Asus Praktis dan Tanpa Ribet

Mengapa Layar Laptop Penting Dibersihkan?

cara membersihkan layar laptop


Pembahasan pertama yaitu, mengapa cara membersihkan layar laptop ini wajib dilakukan. Dibawah akan dijelaskan empat poin pentingnya. Jika sudah mengetahui manfaatnya, semoga tidak ada lagi alasan buat malas melakukan pembersihan layar laptop:

1.Menjaga Kualitas Layar Laptop

Fungsi pertama yaitu menjaga kualitas layar laptop serta berbagai elemen yang ada didalamnya. Terutama sensor-sensor halus yang berfungsi penting dalam menghidangkan tampilan. Debu yang menumpuk diatasnya, terutama debu halus tak kasat mata dapat menghalangi kinerja sang layar.
Membersihkan layar laptop sangat dianjurkan dilakukan minimal 2 minggu sekali. Ini tergantung pula kepada intensitas pemakaian laptop serta kemungkinan persinggungan nya terhadap debu. Apabila Anda sering menggunakannya di ruang terbuka yang memungkinkan debu bebas menempel, lakukan pembersihan layar 3 hari sekali.

2.Menghindari Penurunan Performa Laptop

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa debu merupakan pantangan bagi mesin laptop. Debu yang masuk melalui celah-celah laptop sangat beresiko menimbulkan penurunan performa mesin, tidak terkecuali yang masuk melalui layar.

Oleh karenanya, demi meminimalisir kemungkinan buruk ini, pengguna harus rajin membersihkan debu di layar laptop. Sebab layar yang terbuka vertikal, sangat memungkinkan debu tergelincir dan masuk ke dalamnya. Usahakan menggunakan cairan pembersih layar khusus.

3.Menjaga Tampilan Laptop Lebih Bersih

Kebutuhan selanjutnya yakni menjaga tampilan laptop supaya enak dipAndang mata. Bayangkan apabila Anda sedang mengerjakan tugas di warung kopi, kemudian seluruh bagian laptop berdebu. Tentu hal ini sangat memalukan, bukan? bisa-bisa Anda dikira pemalas dan tak jaga kebersihan. Debu pada layar laptop akan lebih terlihat jelas pada saat layar mati. Dengan demikian, jangan membuat alasan bahwa orang lain tak akan melihatnya.

4.Menjaga Kesehatan Mata

Tujuan terakhir dan tidak kalah penting yaitu menjaga kesehatan mata itu sendiri. Disadari atau tidak, debu menghalangi tampilan pada layar yang sedang Anda tatap. Apabila sudah cukup parah, barulah ia nampak dengan jelas. Debu-debu ini tidak jarang menghalangi pAndangan mata pada tingkat kecerahan dan kontras warna. Debu yang menempel di benda sekitar juga tidak bagus apabila sampai terhirup. Apalagi jika Anda menggunakannya dengan sering, maka laptop harus sering dibersihkan. Bagi orang yang alergi debu, hal ini bisa menimbulkan akibat serius, seperti bersin-bersin, asma, batuk-batuk, maupun lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop? Nih Tutorial Gampangnya

Bagaimana Cara Membersihkan Layar Laptop?

cara membersihkan layar laptop


Membersihkan layar laptop tidak dapat dilakukan secara sembarangan sebab bagian tersebut termasuak area sensitif. Tekanan agak kuat dapat menimbulkan layar tergores dan demikian menjadikan tampilan layar menjadi tak bagus dipAndang.
Untuk menghindarinya, berikut akan dijelaskan langkah-langkah cara membersihkan layar laptop yang aman:

1.Matikan Layar Laptop

Sebelum Anda mulai membersihkan layar, pastikan lebih dahulu laptop dalam keadaan mati. Hal ini disebabkan, layar laptop memiliki daya sensor tipis yang akan mudah rusak apabila bersentuhan dengan zat asing dalam keadaan hidup. Selain itu, ada pula resiko konsleting listrik yang tidak kalah bahaya nya. Oleh karena itu, matikan laptop lebih dahulu.

2.Bersihkan Debu dengan Kain Kering

Langkah pertama, usapkan lebih dahulu kain kering pada layar. Fungsinya untuk menghilangkan debu kasar / nampak yang menempel disana. Sebab layar dalam keadaan mati, maka pengguna amat dimudahkan untuk melihat debu-debu samar tersebut. usahakan menghindari tangan menempel pada layar sebab kuku Anda sangat rawan menggores. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Penekanan jangan sampai terlalu kuat.

3.Siapkan Kain Kering

Selanjutnya, siapkan kain lembut. Tektur kain ini harus diperhatikan. Usahakan juga menyerap cairan karena kain ini akan digunakan untuk mengelap laptop menggunakan larutan. Kain ini tak perlu besar, saputangan dengan bahan katun atau mikrofiber sangat direkomendasikan.

4.Siapkan Larutan Pembersih Layar

Membersihkan layar laptop tidak bisa memakai cairan sembarangan. Alasannya kandungan zat dalam berbagai cairan kimia memicu reaksi berbeda-beda pada layar yang amat sensitif. Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih layar laptop khusus yang dijual di rental laptop. Apabila tidak ada, alternatif lainnya yaitu cairan pembersih layar handphone atau kacamata.

Hindari juga meneteskan atau menyemprotkan cairan langsung pada layar, sebab rentan menimbulkan tekanan. Selain itu, hal ini bisa beresiko menimbulkan konsleting atau kerusakan sensor layar. Pengguna harus meneteskan dahulu larutan tersebut ke kain, baru setelahnya mengusapkan lembut ke layar laptop.

5.Tinggalkan Laptop Hingga Kering

Apabila dirasa sudah bersih, biarkan laptop dalam posisi terbuka dan tetap mati sembari menunggu layar kering. Menggunakan layar basah bisa menimbulkan kerusakan. Usahakan juga proses ini terjadi secara alami, seperti tidak menggunakan kipas angin atau malah mengeringkannya di bawah sinar matahari. kedua pilihan ini sangat wajib dihindari.

6.Gunakan Jika Sudah Kering

Proses pengeringan layar laptop umumnya tidak berlangsung lama. Mungkin hanya butuh waktu maksimal satu jam. Sebelum kembali menggunakannya, ada baiknya Anda mengecek lebih dahulu dengan cara mencolekkan tangan pelan ke layar. Jika sudah kering, laptop dapat digunakan. 

Benda Apa Saja Yang Dapat Digunakan Untuk Membersihkan Laptop?

Perawatan layar laptop sesungguhnya tidak membutuhkan waktu lama dan sulit. Bahkan pengguna tidak perlu mengeluarkan biasa karena barang-barang yang dibutuhkan sudah ada di sekitar. Apa Anda menyadarinya? Jika belum, berikut barang-barang alternatif yang dapat digunakan untuk membersihkan layar laptop:

1.Tissue

Tentu Anda selalu sedia tisu dirumah, bukan? tisu memang sebuah benda sederhana yang amat penting karena fungsinya yang multiguna. Apabila sedang kebingungan mencari kain lembut untuk laptop, gunakan saja tisu untuk sementara.

2.Air Mineral

Air dapat menjadi alternatif apabila cairan pembersih khusus sedang habis. Anda bisa menggunakan air mineral botol atau air yang sudah matang, pastikan dalam keadaan netral (tidak panas maupun terlalu dingin). Air bisa menjadi zat sementara untuk membersihkan debu layar.

3.Lap Kacamata
Jika Anda memiliki lap kacamata atau yang sudah bekas, lap tersebut sangat tepat digunakan sebagai pembersih layar. Bahkan kainnya memang didesain lembut bagi layar lensa. Tentunya bahan ini cocok bagi layar laptop.

4.Saputangan

Terakhir yaitu saputangan sebagai bahan alternatif menyerap cairan supaya lebih mudah dipakai untuk diusapkan ke layar. Meskipun bahan saputangan berbeda-beda dan tetap harus Anda perhatikan, namun saputangan cenderung mempunyai bahan menyerap cairan serta lembut bagi permukaan kulit.

Baca juga: Aplikasi Perekam Layar Laptop Gratis Tanpa Watermark

Demikian penjelasan dari kami mengenai cara membersihkan layar laptop. Semoga bermanfaat untuk Anda semua para Pembaca. Terutama, bagi Anda yang sedang mencari referensi terkait tema ini. Sehingga, dapat membersihkan layar laptop Anda secara tepat. Sekian dari kami dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel