Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop? Ini Cara Gampangnya

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop


Pada era modern ini, jaringan internet menjadi sebuah kebutuhan mutlak. Tanpanya, kehidupan sosial masyarakat akan menjadi hampa dan tanpa gairah. Demikianlah besarnya pengaruh yang diberikan oleh fasilitas global tersebut. Cara mempercepat koneksi wifi di laptop juga tidak terhindarkan terus menjadi sasaran pencarian para anak muda.

Tanpa jaringan internet yang berjalan lancar, manusia yang terbiasa menggunakan nya akan merasa kegalauan luar biasa. Pemasangan wifi menjadi alternatif utama yang digunakan supaya kebutuhan sosial media tidak terhambat. Selain itu, cara mempercepat koneksi wifi di laptop juga harus diterapkan supaya lebih memudahkan penggunaan. Lalu bagaimanakah cara untuk melakukan upgrading terhadap nya supaya lebih lancar?

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop atau Komputer

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop


Apabila Anda sedang menggunakan sinyal wifi, entah dari warung kopi, fasilitas kamar kos, telkom, ataupun yang lainnya dan terbagi untuk banyak pengguna. Tentu saja keadaan tersebut membuat Anda rawan mengalami jaringan lemot dan perlu sekali mengetahui cara mempercepat koneksi wifi di laptop. Berikut cara-cara yang dapat Anda coba untuk mengoptimalkan penggunaan wifi pada laptop:

Baca juga : 3 Aplikasi Penguat Sinyal Android 4G LTE Paling Ampuh Terbaik 2020

1.Melakukan optimalisasi terhadap percepatan fitur IRPStackSize pada laptop

IRPStackSize merupakan sebuah aplikasi dalam laptop yang bertugas untuk meningkatkan kualitas jaringan melalui sebuah nilai yang terdapat di dalamnya. Untuk dapat mengaplikasikan nya, pengguna harus mengaturnya secara manual lebih dahulu.

Pada umumnya, rata-rata IRPStackSize dipakai dalam standart nilai angka 15. Jika Anda mampu mengoptimalkan nya pada nilai tertinggi maka angka tersebut dapat mencapai 50 dan jaringan wifi dijamin akan memenuhi kepuasan pengguna. Untuk dapat mengubahnya, berikut cara yang mesti ditempuh.

1) Pertama, nyalakan terlebih dahulu perangkat laptop Anda.
2) Klik start kemudian silahkan masuk pada kolom run. Supaya mudah, Anda bisa langsung mengaksesnya dengan cara menekan tombol Ctrl + R secara bersamaan.
3) Jika sudah muncul kotak dialog, ketikkan “Regedit” untuk masuk dalam “Registry Editor” lebih dahulu.
4) Setelah itu, silahkan menuju HKEY_LOCAL_MACHINE_/SYSTEM/CurrentControl/Services/ LanmanServer/Parameters.
5) Pada folder terakhir (parameters), klik kanan pada file DWORD dengan alamat “IRPStackSize”.
6) Selanjutnya klik Modify kemudian rubah nilai yang tertera disana dengan angka 50.
7) Apabila file DWORD ternyata tidak ditemukan, maka buatlah folder baru. Caranya klik kanan, masuk bagian new, kemudian beri nama DWORD Value. Tuliskan di dalamnya “IRPStackSize” dan tuliskan angka 50.
8) Klik Oke. Selanjutnya silahkan keluar kembali dari Registry Editor.
9) Langsung restart laptop Anda untuk memperbarui sistem.


2.Melakukan pembaharuan pada pengaturan QoS

Perlu Anda ketahui bahwa sistem bawaan dari laptop mengatur jaringan internet perangkat dengan pembagian 20% khusus untuk melakukan  update pada windows sedangkan sisa nya baru dipakai pencarian secara umum.

Supaya Anda dapat melakukan browsing pada internet dengan kapasitas tertinggi, maka pengguna perlu mengatur ulang QoS supaya secara penuh menggunakan bandwidth untuk jaringan searching. Adapun alokasi untuk mengupdate windows tetap dapat dilakukan dengan perintah manual dari user. Berikut cara melakukan pembaruan aturan QoS pada laptop:

1) Pertama, nyalakan dahulu perangkat laptop Anda.
2) Selanjutnya, silahkan masuk pada kolom run yang bisa Anda akses secara lebih mudah dengan menekan ctrl + R secara bersamaan.
3) Jika sudah muncul kotak dialog, lanjutkan dengan mengetik “gpedit.msc.” (Tanpa tanda kutip).
4) Selanjutnya silahkan menuju ke bagian “Local Computer Policy”. Kemudian masuk dalam bagian “Computer Configuration”. Tekan kembali hingga sampai kepada menu “Administrative Templates”.
5) Selanjutnya pilih opsi network kemudian klik bagian QoS Packet Scheduler.
6) Jika sudah, klik dua kali pada bagian menu “Limit Reservable Bandwidth”.
7) Kemudian pilih menu ‘enable’. Masukkan angka 0 di dalam kolom bandwidth limit.
8) Pilih bagian “Apply”.
9) Apabila sudah, kembalikan pada bagian layar utama. selanjutnya langsung lakukan Restart untuk memfungsikan fitur.
10) Setelah proses Restart tersebut berjalan, selanjutnya fitur pengaturan optimalisasi wifi Anda sudah terpasang dan bisa digunakan. Jangan lupa menguji coba jaringan internet dari wifi tersebut.

3.Melakukan Network Reset Serta Flushing Data Pada Laptop

Melakukan dua tindakan diatas berfungsi untuk mereset jaringan yang sedang terhubung pada laptop dan kemudian menyesuaikan nya dengan data baru. Oleh karenanya, melaksanakan network reset serta flushing data bisa menghindarkan pengguna dari masalah jaringan yang tidak stabil. Cara melakukan nya dengan mudah ialah sebagai berikut:

1) Pertama, nyalakan dahulu perangkat laptop Anda.
2) Jika sudah, silahkan menuju Command Prompt. Gunakan klik kanan untuk memilih “Run as Administrator”.
3) Ketikkan dalam kolom yang tersedia kata “Ipconfig / Flushdns’.
4) Langsung klik Enter
5) Jika sudah, ulangi kembali dengan mengetik “Ipconfig / Renew”.
6) Klik Enter lagi
7) Coba tutup ruang Command Prompt. Kemudian coba kembali mengakses internet.

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot, Tanpa Banyak Repot!

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop Menggunakan Indihome

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop


Trik cara mempercepat koneksi wifi di laptop selanjutnya menjelaskan mengenai bagaimana cara mengaplikasikan koneksi jaringan tersebut ketika pengguna memasangkan nya di rumah. Selain melakukan pengaturan pada perangkat laptop / android, menggunakan trik pengaturan wifi itu sendiri juga diperlukan. Berikut beberapa tipsnya untuk Anda:

1.Letakkan Perangkat Wifi Pada Tempat Yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin memasang perangkat wifi adalah mencari tempat paling tepat. Hal ini memberikan pengaruh cukup besar terhadap kecepatan koneksi wifi tersebut pada laptop Anda.

Untuk menjaga sinyal wifi tetap seimbang, hindari meletakkan nya di dekat peralatan yang memiliki sinyal jaringan elektronik serupa seperti bluetoot atau mocrowave. Pancaran sinyal keduanya dapat mengganggu kelancaran koneksi bahkan apabila kalah daya, koneksi wifi akan lamban.
Selain itu, hindari meletakkannya pada sebuah ruang yang jarang ditempati pengguna. Usahakan ia terletak pada ruang terbuka dan leluasa digunakan oleh orang banyak tanpa penghalang diantara keduanya.

2.Perhatikan Posisi Antena Router (Alat Pemancar Wifi)

Apabila menginginkan jaringan wifi lancar, pastikan antena menghadap ke arah yang benar. Hal ini akan berpengaruh ke arah mana sinyal tersebut menjadi kuat. Untuk fungsi paling optimal, menghadap tegak diatas merupakan posisi idaman paling jitu.

3.Usahakan Memilih Router Dengan Kualitas Terbaik

Sebuah pepatah Jawa mengatakan bahwa harga membawa rupa dan pesan tersebut mungkin akan terus relevan sepanjang zaman. Pasalnya, dalam jangka waktu sekitar 3 tahun saja, kemungkinan sebuah perangkat elektronik mengalami penurunan kerja karena usia. Hal ini juga berlaku kepada router atau alat pemancar wifi.

Apabila Anda sudah melakukan pengecekan dengan berbagai cara diatas untuk mencari solusi dari koneksi wifi yang lemot, tidak ada salahnya mengecek kembali pada router. Bisa saja terdapat kesalahan pemasangan / pengaturan, usia lama sehingga kinerja menurun, maupun karena perusahaan penyedia router menyediakan koneksi yang lamban.

Intinya ialah Anda harus menjadi seorang konsumen cerdas dan bijak dalam berelektronik. Apabila sedang repot melakukan pekerjaan / tugas sedangkan jaringan lamban, jangan ragu untuk mencoba salah satu cara mempercepat koneksi wifi di laptop sebagaimana di atas.

Baca juga :Cara Melihat Password Wifi Di HP Paling Singkat, Hanya 5 Menit!

Demikianlah artikel dari kami Paktoro, mengenai cara mempercepat koneksi wifi di laptop. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya para Readers. Khususnya, untuk Anda yang ingin browsing dengan wifi kenceng tanpa hambatan. Oke, sekian dari kami dan terimakasih. Jangan lupa, share informasi ini ke semua sosial media kalian Guys!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel