Cara Hemat Kuota Internet Agar Tidak Boros


cara hemat kuota


Kebutuhan kuota internet pada Smartphone merupakan kebutuhan utama bagi semua kalangan baik muda sampai tua. Terutama penggunaan sosial media yang saat ini sedang banyak diminati dan banyak pula memakan kuota. Maksud hati menggunakan kuota selama 30 hari, tapi harus membeli lagi sebelum masa berlaku berakhir. Nah, untuk itu terapkan tips cara hemat kuota berikut agar tidak boros.


Batasi Penggunaan Data

Seringkali saat bermain sosial media karena terlalu asyik sampai tidak menyadari bahwa kuota internet sudah hampir habis. Tentu hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman. Anda bisa membatasi penggunaan data internet dengan mengaktifkan peringatan penggunaan data yang ada pada smartphone. Cara ini terbukti ampuh untuk menghemat kuota.

Batasi Penggunaan Data Pada Setiap Aplikasi

Tidak semua aplikasi pada smartphone membutuhkan banyak penggunaan data. Itu sebabnya perlu perlakuan khusus terutama pada aplikasi yang membutuhkan banyak penggunaan data. Anda bisa mengaturnya pada pengaturan setiap aplikasi. Cara ini membuat Anda bisa mengontrol penggunaan data pada saat membuka aplikasi tersebut.

Kelompokkan Aplikasi Yang Menguras Banyak Kuota

Biasanya cara ini digunakan untuk mengumpulkan aplikasi mana yang menguras kuota internet terlalu banyak. Selanjutnya akan dikelompokkan menjadi satu folder. Cara ini bisa membuat Anda berhati-hati ketika akan membuka aplikasi yang membutuhkan data internet lebih banyak.

Update Aplikasi Usahakan Menggunakan WiFi

Beberapa aplikasi pada smartphone seringkali meminta untuk melakukan pembaruan. Sedangkan untuk melakukan pembaruan pada aplikasi setara dengan mendownload kembali. Tentu saja ini menguras kuota internet yang sedang Anda gunakan. Usahakan melakukan pembaruan aplikasi hanya menggunakan WiFi.
Anda bisa mengatur setelan pada playstore agar secara otomatis melakukan pembaruan ketika tersambung dengan WiFi. Terkecuali pada aplikasi penting yang sering Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan atau sekolah.


Ubah Pengaturan Maps Menjadi Mode Offline

Anda sering menggunakan maps untuk kepentingan sehari-hari seperti bekerja maupun kepentngan lainnya? Google Maps menyedot cukup banyak kuota internet yang digunakan. Cara hemat kuota penggunaan google maps dalah dengan mengubah setelan Maps yang awalnya hanya bisa dibuka saat online, kini bisa diubah ke dalam mode offline.

Gunakan Browser Yang Lebih Hemat

Kebutuhan dalam menjelajah mencari informasi atau sekedar membaca berita memang sangat penting. Akan tetapi tahukah jika browser bawaan yang ada pada smartphone justru menyerap terlalu banyak penggunaan kuota internet? Browser bawaan justru akan menyerap lebih banyak penggunaan data dibanding browser yang di download via play store.

Gunakan browser yang lebih efisien agar kuota internet Anda bisa diselamatkan. Browser seperti opera mini mampu menghemat penggunaan data semaksimal mungkin namun tetap menghasilkan kualitas jelajah yang tidak kalah dengan browser bawaan.

Matikan Opsi Sinkronisasi

Ponsel smartphone akan melakukan sinkronisasi otomatis pada beberapa aplikasi. Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi email dan aplikasi lain yang membutuhkan sinkronisasi. Tentunya akan banyak menyita kuota internet yang sedang Anda gunakan. Sinkronisasi bisa di non-aktifkan melalui pengaturan>account, kemudian pilih opsi matikan sinkronisasi.

Menggunakan Aplikasi Tambahan Berupa Kompres Data

Cara paling ampuh dan simpel yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang berfungsi melakukan kompresi data pada saat membuka aplikasi yang membutuhkan kuota lebih banyak. Anda bisa mendownload dari play store.


Situasi Social Distancing semacam ini membuat Anda lebih sering menggunakan data internet untuk mengetahui kabar terkini. Anda tidak perlu lagi khawatir kuota boros karena sudah menerapkan beberapa cara hemat kuota yang sudah dijelaskan diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel