Cara Menambah RAM Laptop Dengan Mudah Yang Wajib Anda Tahu!

Cara Menambah RAM Laptop


Cara Menambah RAM Laptop – RAM juga merupakan salah satu hal terpenting dari laptop atau PC. RAM memiliki fungsi yang sangat penting dalam komputer atau laptop. Ram merupakan memory penyimpanan dalam laptop atau PC. Semakin besar ram yang dimiliki akan membuat kinerja laptop atau PC semakin cepat dan mudah digunakan. Jika Ram memiliki kapasitas yang sedikit akan membuat kinerja laptop lama dan lemot. Jika Ram yang dimiliki oleh laptop itu kecil kemungkinan laptop atau PC itu tidak dapat membaca aplikasi yang besar.

Maka jika anda membutuhkan anda akan kesulitan dalam menggunakan laptop anda. Akan tetapi Ram di laptop atau PC sangat terbatas. Tetapi anda bisa menambah kapasitas Ram tersebut. Sebelum kita membahas cara menambahkan kapasitas RAM maka anda perlu mengetahui hal- hal yang perlu diperhatikan sebelum menambahkan RAM. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengetahui Cara Menambah RAM Laptop:

Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Simpel dan Mudah

1.Jenis Prosesor

Sebelum menambahkan RAM, hal yang pertama yang perlu anda memperhatikan jenis prosesor yang digunakan. Jenis prosesor ini juga penting karena akan mempengaruhi kinerja laptop. Jika prosesor tidak sama maka dikhawatirkan RAM tidak akan terbaca atau tidak dapat berfungsi dengan baik. Jenis prosesor memang sangat mempengaruhi untuk digunakan setelah anda mengganti RAM pada laptop atau PC anda.

2.Melihat Kebutuhan RAM 

Anda harus mempertimbangkan kebutuhan RAM yang akan anda tambahkan. Jika menggunakan laptop atau PC hanya untuk mengetik maka sebaiknya tidak usah menambahkan RAM terlalu besar tetapi jika digunakan untuk hal yang lebih berat maka memerlukan RAM yang cukup besar agar laptop atau PC tidak lemot dan mempunyai kapasitas yang besar. Jangan menambahkan RAM atau memori yang akan digunakan untuk kebutuhan RAM.

3.Memperhatikan Tipe Memori

Selanjutnya anda perlu memperhatikan tipe memori agar tidak ada kesalahan saat menambahkan RAM ke laptop atau PC anda. Ada banyak sekali tipe memory dalam laptop atau PC yang berbeda- beda. RAM juga memiliki tipe memory maka jika tidak sama RAM tidak akan bisa digunakan.

4.Slot RAM

Slot RAM adalah komponen utama yang akan dipasangkan di laptop atau PC. Anda perlu memperhatikan slot RAM anda. Apakah slot RAM itu terpasang permanen atau tidak, jika permanen maka anda tidak bisa memasangkan di laptop atau PC anda. Perhatikan juga ukuran slot RAM yang akan digunakan

5.Masa Garansi Laptop atau PC anda

Ketika anda membeli laptop, anda akan  mendapatkan garansi. Setiap laptop mempunyai garansi yang berbeda- beda di setiap pembeliannya. Maka jika memperbarui RAM akan membuka laptop tentunya akan membuat garansinya hangus dan tidak bisa digunakan.

6.Ukuran Memory

Anda perlu memerlukan ukuran memory yang pasti yang akan anda gunakan untuk menambahkan memory atau RAM. Anda harus tau kapasitas dan ukuran yang akan anda gunakan untuk menambahkan ukuran RAM.

7.Sistem Operasi

Anda perlu memperhatikan sistem operasi yang ada di laptop anda. Sistem operasi dalam laptop berbeda- beda anda perlu memperhatikannya untuk memasangkan memory agar tidak mengakibatkan masalah dalam mengoperasionalkan dengan RAM yang baru.

Nih Cara Menambah Ram Laptop Dengan Gampang!

Setelah anda mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menambah kapasitas RAM pada laptop atau PC, maka di bawah ini adalah cara menambahkan RAM laptop atau PC. Yakni, dengan Cara Menambahkan RAM Fisik.

RAM yang tidak di solder dengan permanen. RAM fisik bisa anda lihat ketika anda membongkar isi dari mesin pada laptop atau PC anda. Anda bisa mengganti dengan RAM yang lebih besar. Tetapi anda juga perlu memperhatikan RAM yang tidak di solder permanen agar bisa diganti. RAM fisik juga perlu memperhatikan syarat- syarat penambahan RAM. Ada slot yang kosong maka dapat di isi. Lalu bagaimana cara menambahkan RAM fisik. Berikut adalah cara menambahkan RAM fisik:

1.Buka dan bongkat laptop atau PC pada tempat RAM
2.Pasang RAM ke dalam slot RAM yang kosong
3.Kemudian aktifkan laptop atau PC
4.Buka windows Exploler
5.Kemudian buka My Computer
6.Pilih Advanced System Settings
7.Kemudian pilih tombol Setting
8.Pilih tombol Change
9.Kemudian hilangkan ceklis pada “Automatically Manage paging file size for all drivers”
10.Masukkan ukurab memory yang akan digunakan
11.Klik “Ok dan restart laptop atau PC anda.

Begitulah Cara Menambah RAM Laptop dan juga hal-hal yang perlu anda perhatikan untuk mengganti atau menambah RAM.  Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan sumber pengetahuan anda mengenai cara untuk mengganti atau menambah RAM di laptop atau PC anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel