Cara Melihat Tipe Laptop Berbagai Merek, Paling Mudah Dipraktekkan!

cara melihat tipe laptop - Apakah Anda mengetahui laptop yang kini dipegang itu termasuk dalam tipe apa? Mungkin hanya sebagian sedikit saja yang berhasil menjawab pertanyaan tersebut. Masalahnya kebanyakan orang menganggap bahwa mengetahui tipe laptop tidak terlalu menarik serta tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja perangkat. Oleh karenanya apa manfaat dari mengetahui cara melihat tipe laptop?

cara melihat tipe laptop


Padahal sebenarnya, mempelajari cara melihat tipe laptop akan membuat Anda menjadi lebih mudah apabila ingin membeli perangkat hardware baru. Pasalnya setiap keluaran tipe laptop akan memiliki banyak spesifikasi detail hardware yang berbeda-beda. Maka tipe ini memiliki andil besar dalam penggolongan tersebut.

Selain itu, tipe laptop tidak dapat diketahui dengan mudah sebagaimana smartphone yang tertulis di bawah baterai daya. Membuka bagian belakang laptop tentu saja tidak akan sesederhana melakukannya pada Personal Computer (PC) maupun laptop. Oleh karenanya, mencari jenis tipe dalam sistem yang dipasangkan pada laptop menjadi alternatif termudah.

Yang perlu diperhatikan lagi ialah setiap merk laptop memiliki prosedur masing-masing untuk dapat mengakses tipe mereka. Namun menggunakan beberapa trik, hampir keseluruhan dapat dilihat dengan segelintir cara. Oleh karenanya pembahasan cara melihat tipe laptop berbagai merk akan dijelaskan secara umum, mudah untuk dipahami, serta dapat diterapkan pada semua jenis.

Cara Melihat Tipe Laptop Windows 7, 8, 10

cara melihat tipe laptop


Prosedur cara melihat tipe laptop antar satu merk dengan lainnya memang terkadang memiliki perbedaan dan persamaan. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat setiap perusahaan produksi akan membuat produksi memiliki ciri khas dibandingkan yang lain.
Kali ini, pemaparan mengenai cara melihat laptop akan didasarkan kepada windows yang digunakan. Jadi pengguna perlu mengenali lebih dahulu, sistem perangkat software apa yang sedang tertanam dalam laptop tersebut. Caranya sangat mudah, tinggal Anda melihatnya ketika laptop pertama kali dinyalakan. Selanjutnya langsung saja, berikut ini merupakan beberapa trik cara mengetahui tipe laptop:

Baca juga : Bagaimana Cara Masuk Bios Laptop Hp? Nih Trik Gampangnya

1.Mengetahui Tipe Laptop Melalui Information System

System information yang terdapat pada laptop merupakan sebuah ruang yang digunakan sebagai media informasi terkait dengan perangkat tersebut secara mendetail. Jadi disana juga disebutkan mengenai tipe, model, tanggal dan tahun produksi, ukuran, sistem software maupun hardware yang digunakan hingga sampai komponen-komponen pada laptop. Untuk dapat mengakses ke dalamnya, berikut langkah-langkahnya:

1) Nyalakan perangkat laptop Anda lebih dahulu.
2) Jika sudah, klik start dan tuliskan pada kolom searching di bagian bawah layar utama alamat “System Information”. Buka.
3) Jika sudah terbuka maka disana akan muncul deretan informasi mengenai spesifikasi perangkat laptop.
4) Cari bagian system model. Itulah jenis tipe laptop yang Anda cari.

2.Mengetahui Tipe Laptop Melalui Fitur DXDIAG

Tidak berbeda dengan fitur sebelumnya, DXDIAG juga memiliki fungsi sebagai sebuah sistem informasi pada laptop. Bedanya ia lebih identik disebut dengan aplikasi dan data spesifikasi yang dicantumkan tidak selengkap information system. Berikut cara mengakses tipe laptop dengan menggunakan cara ini:

1) Pertama, tentu saja nyalakan dahulu laptop Anda
2) Setelah itu, klik tombol run (Ctrl+ R)
3) Jika sudah muncul kotak dialog, masukkan kata DXDIAG
4) Apabila sudah terbuka, cek bagian “System Manufactured” dan “System Model’. Tipe laptop akan tertera pada bagian tersebut.

3.Mengetahui Tipe Laptop Melalui BIOS

Apabila Anda sudah terbiasa mengotak-atik BIOS maka tak akan ada masalah apabila menggunakan nya sebagai media mengetahui tipe laptop pengguna. Namun apabila Anda tidak terbiasa menggunakannya, mungkin cara ini akan terkesan lebih sulit karena rumit.

BIOS merupakan sebuah sistem software yang dapat digunakan untuk menormalkan kembali kinerja perangkat yang berkurang atau sering terjadi error. Penggunaan BIOS sangat dipengaruhi oleh tipe laptop apa yang sedang digunakan sehingga mengetahui keduanya saling berkaitan erat.

Apabila Anda tertarik mengetahui tipe laptop melalui BIOS, maka terlebih dahulu pengguna perlu mempelajari cara memasukinya. Secara umum, setiap merk laptop memiliki cara berbeda-beda untuk dapat memasuki sistem perangkat software mereka. Jadi, Anda perlu mengenali dulu merk laptop tersebut kemudian mempelajari cara memasukinya.

Singkatnya apabila sudah berhasil masuk dalam sistem BIOS (melalui tombol del / esc / F1 / F2 / F8 / F11 / F12) selanjutnya silahkan cari fitur ‘system information’ atau sejenisnya. Disana Anda akan mendapatkan informasi yang dicari.

4.Mengetahui Tipe Laptop Melalui Kardusnya

Cara terakhir yang efektif untuk mengetahui tipe laptop yaitu dengan menengok kembali kardus laptop tersebut. Tentu saja pada bagian kemasan akan dituliskan mengenai spesifikasi singkat dari produk yang terdapat didalamnya. Termasuk juga tipe produk.

Apabila Anda belum menemukan nomor tipe, coba buka buku panduan laptop yang masih tersimpan. Selain berisi prosedur penggunaan hingga tata cara perawatan, didalamnya juga terdapat beberapa keterangan spesifikasi.

Oleh karenanya, usahakan untuk menyimpan kemasan kardus dari berbagai barang elektronik yang Anda miliki. Bisa juga dijadikan wadah barang-barang yang perlu disimpan, asalkan jangan dibuang. Alasannya karena terkadang terdapat informasi-informasi penting disana sekaligus akan meningkatkan harga jual kembali barang apabila sudah tidak diperlukan.

Baca juga : Cara Mengetahui Bit Laptop Paling Lengkap Akurat Beserta Tipsnya!

Manfaat Mengetahui Cara Melihat Tipe Laptop

cara melihat tipe laptop


Sebagai penjelasan penutup dari beberapa cara melihat tipe laptop, di bawah ini juga akan dijabarkan mengenai apa saja fungsi dari pengetahuan terkait hal tersebut. mengingat mungkin hanya sedikit orang yang tertarik untuk mengetahuinya. Langsung saja berikut tiga poin penting dari mengetahui cara melihat tipe laptop:

1.Memudahkan Ketika Ingin Menjualnya Kembali

Apabila Anda berminat untuk menjual laptop Anda, maka cukup penting kiranya mengenali lebih dahulu tipe perangkat sehingga pengguna memiliki gambaran berapa nominal yang pas untuk model dan kualitas demikian.

Cara antisipasi seperti ini akan mencegah Anda dari penipuan atau penyelewengan harga. Terutama apabila Anda ingin menjualnya kepada teman atau perseorangan yang bukan lembaga penerima penjualan barang bekas.

2.Mengetahui Kapasitas Kemampuan Perangkat Laptop

Melalui tipe pula, Anda selaku pengguna dapat mengukur seberapa besar kapasitas perangkat laptop, baik software ataupun hardware. Misalnya saja kapasitas baterai, memori, ketahanan penggunaan, pemasangan aplikasi (RAM) dan sejenisnya.
Apabila Anda menggunakan nya hingga melampaui kapasitas yang dimiliki, maka bersiaplah perangkat laptop kesayangan Anda akan mengalami kerusakan dini.

3.Memudahkan Konsultasi Terkait Dengan Laptop

Bayangkan apabila Anda ingin melakukan konsultasi mengenai perangkat laptop kepada teman yang lebih berpengalaman, sedangkan si pengguna tidak mengetahui tipe nya? Akan sangat lucu bukan. Maka disinilah letak pentingnya mengetahui perihal sepele yang banyak dilewatkan oleh kebanyakan orang ini. Setelah membaca artikel ini, pastikan Anda sudah memiliki tambahan pengetahuan mengenai spesifikasi laptop.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop, Paling Gampang Menerapkannya!

Demikian ulasan penjelasan mengenai cara melihat tipe laptop sekaligus apa saja fungsi nya. semoga bermanfaat bagi Anda dan berhasil mempraktekkan nya dengan sekali coba. Cukup mudah, bukan? jangan sampai melewatkan artikel-artikel informatif lain melalui halaman website ini, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel