Cara Logout Gmail di Android Tanpa Ribet, 100% Aman dan Gampang!

Cara Logout Gmail di Android - Itu sangat mudah! Pernahkah anda merasa khawatir dengan akun Gmail yang belum terlogout ketika di android teman atau orang lain? Ya tentunya anda merasa takut dan khawatir akan pembajakan akun Gmail akhir-akhir ini. Mengingat pada saat ini, siapa yang tak mengenal E-mail (Elektronik Mail). Fungsi dari Gmail yang utama seperti namanya yang berbahasa inggris yang artinya Surat Elektronik atau yang kerap disebut sebagai Surel berguna untuk mengirim pesan melalui jaringan internet. Dan jaringan Internet disediakan oleh pihak provider, mulai dari harga termurah sampai internet yang mahal semua itu telah disediakan. Selain hal tersebut apakah ada tugas lain yang mampu dilakukan Gmail?. tentu saja masih ada banyak lagi lainnya seperti, yang menghubungkan perangkat seluler anda dengan beberapa akun penting mulai dari  akun game, sosial media, kontak, dan masih banyak lainnya.

Cara Logout Gmail di Android


Mengingat betapa privatnya akun Gmail pada saat ini, kami Watpedia akan menyajikan beberapa cara logout gmail di android  yang bisa anda lakukan dengan mudah tanpa harus merasa khawatir lagi terhadap keamanan akun surel anda. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan:


Cara Logout Gmail di Android Melalui Aplikasi

 
Cara logout Gmail di android yang pertama dapat anda lakukan yaitu melalui aplikasi Gmail yang telah terpasang di Smartphone, atau bila belum terpasang silahkan anda unduh terlebih dahulu di Playstore. Selanjutnya bila aplikasi sudah ada silahkan dibuka, kemudian pilih atau tap ikon Opsi yang berada tepat di pojok kiri atas pada tampilan Gmail. Dan pilih ikon segitiga kecil terbalik

Pilih “Manage Accounts” dan tap pada akun yang akan anda keluarkan. Namun jika anda memiliki akun lebih dari satu silahkan anda pilih terlebih dahulu akun Gmail yang anda inginkan untuk dihapus dari perangkat tersebut. Dan pilih “Delete Account” untuk menghapus akun Gmail (Google Mail).

Langkah terakhir yaitu dengan melakukan tap “Remove Account” pada pop-up konfirmasi. Nah setelah ini maka akun Gmail anda telah terhapus dari perangkat tersebut, dan semua yang berkaitan dengan akun pun akan ikut terhapus. Mulai dari kontak yang tersinkron dengan Gmail, file-file yang terdapat di Google Drive, termasuk juga semua akun yang login menggunakan akun Gmail makan akan terhapus, juga akun Playstore anda.


Cara Logout Gmail di Android Melalui Setting

 
Cara logout gmail di android bisa juga anda lakukan melalui setting di android anda. bagaimana caranya? mari simak cara berikut ini:

1. Masuk dan buka pengaturan di android anda.
2. Pada tampilan muka silahkan anda cari Opsi pengaturan “Akun & sinkronisasi”
3. Anda akan dibawa ke semua akun yang ter login di smartphone android, mulai dari akun Whatsapp, Messenger, Facebook, dan akun Gmail.
4. Selanjutnya anda pilih akun google (Gmail) yang anda inginkan untuk dihapus.
5. Tap “Hapus akun” yang terletak di pojok kiri bawah.
6. Pilih “Oke” pada Pop-up yang muncul untuk mengakhiri langkah. Di dalam pop-up ini akan berisi informasi bahwa jika anda menghapus akun Gmail, maka akan terhapus pula semua yang berkaitan dengan akun. Termasuk kontak anda, email, dan data-data lain. 


Cara Logout Gmail di Android Melalui Browser

Cara logout gmail di android melalui browser yang telah tersedia di perangkat seluler anda bisa dilakukan melalui browser yang telah terpasang di android ataupun browser yang tersedia di playstore. Seperti Opera mini, UC Browser, Google Chrome, Firefox, dan masih banyak lagi browser-browser pilihan lainnya yang dapat anda unduh dengan gratis. Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan sebagai berikut ini:

1. Masuk ke halaman utama browser dan ketik Gmail pada kolom pencarian dan anda akan diarahkan ke website Gmail.
2. Tap atau pilih ikon Opsi(pilihan) yang tersedia di pojok kiri atas pada tampilan. Kemudian pilih nama akun gmail yang anda inginkan untuk dikeluarkan.
3. Selanjutnya anda pilih “Sign Out” pada akun yang akan dikeluarkan. Dengan ini maka akun Gmail anda akan terlogout secara otomatis dari android.

Perlu diketahui bahwa login dan logout akun Google di browser merupakan cara yang paling aman untuk anda lakukan dan lebih terjaga privasi. Mengapa demikian? karena ketika anda login Gmail di browser anda akun anda tidak akan tersinkronisasi (terhubung) dengan perangkat secara langsung. Sedangkan ketika anda melakukan login akun Gmail melalui perangkat secara langsung maka akan tersinkron dengan berbagai hal yang bersifat privat dari akun ke perangkat android.


Cara Logout Gmail di Android Melalui Perangkat Lain

Cara Logout Gmail di Android - Sering kali dijumpai berbagai permasalahan dalam kasus lupa logout Gmail ataupun kehilangan perangkat smartphone. Apakah bisa logout dan mereset akun Gmail dari jarak jauh? tentu saja bisa. Untuk caranya silahkan anda simak baik-baik berikut ini:

1. Langkah pertama  yang dapat anda lakukan yaitu melakukan login gmail di halaman https://myaccount.google.com.
2. Kemudian pilih “Sign in” dan masuk menggunakan akun google (Gmail) anda.
3. Setelah masuk ke akun google anda tap atau klik “login dan keamanan”.
4. Geser ke bawah, hingga anda menemukan heading bertuliskan “Aktivitas dan Notifikasi Perangkat”.
Perlu anda perhatikan pada bagian ini akan memuat berbagai macam perangkat yang terhubung atau yang pernah anda gunakan untuk login akun Gmail. Jika anda menemukan perangkat yang hilang atau yang anda inginkan untuk menghapus akun google dari perangkat tersebut, silahkan pilih “Tinjau Perangkat”.
5. Setelah itu untuk logout akun gmail anda dari perangkat tertentu, pilih android yang anda inginkan. Kemudian pilih atau klik tombol “Hapus”.
6. Anda akan mendapatkan konfirmasi pada pop-up yang berisi menghapus akses Gmail dari perangkat tersebut. Pilih “Hapus”.
7. Kemudian setelah semua langkah di atas anda lakukan secara berurutan maka dengan ini anda telah berhasil menghapus akun Gmail di perangkat yang hilang. Dan secara otomatis akun google anda akan logout dan menghapus dari segala akses yang dapat dilakukan di akun Gmail.

Selain cara-cara yang telah disajikan di atas anda juga perlu memperhatikan tips-tips yang perlu diketahui. Akun Gmail berisikan berbagai macam data-data yang bersifat privat seperti E-mail, kalender, catatan, unduhan, riwayat pencarian, file-file penting anda simpan, dan kontak. Semua data-data privat ini dapat anda akses melalui perangkat yang berbeda dengan cara harus login Akun google terlebih dahulu. Jika anda membeli perangkat android yang baru dan ingin memindahkan data-data tersebut anda tidak perlu lagi repot untuk memindahkan satu persatu data itu, cukup dengan anda login akun gmail lama anda di perangkat seluler yang baru maka secara otomatis akan terbackup.

Hal ini tentu saja punya dampak positif dan negatif. Karena ketika anda kehilangan ponsel yang masih terhubung dengan akun gmail anda tentunya, semua ini justru berbahaya untuk anda jika perangkat anda jatuh ke tangan yang salah. Untuk itu guna mengantisipasi hal tersebut anda bisa menonaktifkan sinkronisasi dengan cara masuk ke menu “Setting” pilih “akun” kemudian pilih “Google” dan pilih “Sync”. Selanjutnya silahkan anda hapus semua centang yang untuk membatalkan sinkronisasi.

Demikianlah artikel dari kami Watpedia tentang Cara logout gmail di android. Apabila masih terdapat banyak kekeliruan dan kesalahan kami meminta maaf dan semoga artikel ini bermanfaat dan membantu untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel