Ini Pilihan Game Bahasa Inggris untuk Menunjang Kemampuan Berbahasa Asing


Kalimat yang menyatakan bahwa tidak ada pembelajaran yang lebih menyenangkan daripada bermain sambil belajar adalah benar. Belajar sambil bermain selain akan mendapatkan rasa senang, Anda juga mendapatkan ilmu dari permainan tersebut, termasuk ilmu bahasa Inggris. Saat ini, ada banyak game bahasa Inggris yang bisa Anda mainkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa.

Game bahasa Inggris


Ketika disuruh pilih antara belajar secara tegang dengan belajar sambil bermain, banyak dari kita yang lebih memilih belajar sambil bermain. Sebenarnya bermain, contohnya game, memang merupakan salah satu bentuk dari pembelajaran karena melalui game Anda juga bisa mendapatkan berbagai ilmu, salah satunya ilmu bahasa Inggris, seperti beberapa game berikut ini.


Hangman Games

Bagi Anda yang ingin memberikan fasilitas kepada anak agar dapat belajar dan bermain, Hangman Games dapat Anda jadikan salah satu pilihan. Game bahasa Inggris ini dapat dimainkan oleh siapa saja, dimana pemain akan melakukan tebak kata yang sangat mudah dan sederhana.

Sebelum bermain, Anda dapat menentukan tema yang ingin akan dimainkan, seperti fruit, colours, animals, dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menyelamatkan seseorang yang sedang dihukum gantung dengan cara menebak setiap huruf dari susunan kata dalam bahasa Inggris tersebut.

Simons Says Games

Simons Says Games juga termasuk salah satu game yang dapat Anda mainkan untuk meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris. Tata cara melakukan permainan ini adalah Anda harus mengumpulkan beberapa pemain dengan membuat sebuah lingkaran besar dan menunjuk satu orang untuk menjadi relawan yang akan menjadi instruktur.

Instruktur akan berdiri di tengah dan memberi perintah, misalnya, “Sentuh telinga sebelah kanan”, atau “Angkat kaki sebelah kiri” dalam bahasa Inggris. Bagi yang tidak mengikuti perintah dengan benar akan mendapatkan konsekuensi, yaitu menjadi instruktur. Melalui game ini, Anda akan belajar listening melalui apa yang diucapkan oleh instruktur.

Observe and Remember Games

Melalui game Observe and Remember Games ini, Anda akan dilatih untuk mengamati sekaligus mengingat apapun yang Anda lihat dalam bahasa Inggris. Sebagai instruktur, Anda harus mempersiapkan beberapa jenis benda yang mudah untuk diidentifikasi, seperti pensil, pulpen,buku, dan lainnya.

Setelah itu, letakkan benda tersebut di atas meja. Lalu, mintalah pemain yang lain untuk mengamati benda-benda tersebut. Setelah dua menit persilahkan  pemain itu untuk duduk sejenak. Lalu, mintalah ia untuk menuliskan nama-nama benda yang baru saja dilihatnya. Game bahasa Inggris ini sebaiknya semakin mahir semakin ditingkatkan levelnya.

Word Match Games

Word Match Games merupakan permainan mencocokkan kata yang cocok untuk Anda, terutama yang ingin berlatih mengembangkan pengetahuan bahasa Inggris-nya. Game ini akan melatih Anda mengenai sinonim dan antonim, yang mana sebagian dari kita tertarik untuk mencari pasangan dan lawan kata.
Sebagai instruktur, Anda harus mencari kata-kata yang mudah untuk dicarikan pasangan dan lawannya oleh yang lain. Setelah siap, maka Anda dapat memberikan pertanyaan agar yang lain mencari persamaan dan lawan dari kosa kata bahasa Inggris yang Anda sebutkan.

Blindfold Games

Blindfold Games adalah salah satu permainan yang menarik yang dapat memberikan wawasan luas tentang bahasa Inggris, dan pastinya disukai oleh siapa saja. Game ini bertujuan untuk mendeskripsikan setiap kosa kata dalam bentuk kata benda, dengan tingkatan kesulitan yang berbeda-beda, tergantung pada kemahiran Anda.

Instruktur meminta pemain untuk menutup kedua matanya dengan menggunakan penutup mata, lalu memberikan  beberapa jenis benda yang telah dipersiapkan untuk diidentifikasi  dalam bahasa Inggris oleh pemain tersebut, misalnya ‘It is long, It is heavy, It is soft, I think it is a pen’, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel