Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Simpel dan Mudah


Cara Melihat Spesifikasi Laptop


Cara Melihat Spesifikasi Laptop - mungkin anda salah satunnya disini yang ingin tahu cara melihat spesifikasi laptop dengan mudah, terkadang meski melihat spesifikasi di laptop itu terbilang mudah namun tak sedikit dari mereka yang masih kebingungan langkah awal ketika ingin mengecek spesifikasi tersebut. Hal ini memang perlu sekali wawasan terbaru agar bisa kembali tahu sekaligus mengingat dengan mudah di spesifikasi laptop.

Bukan tanpa tujuan ketika melihat spesifikasi laptop itu, mungkin beragam sekali tergantung keinginan hati atau kebutuhan masing-masing pengguna. Seperti halnya ketika anda ingin mendownload game atau aplikasi lain yang memiliki kapasitas lebih tinggi pasti terlebih dulu cek spesifikasi laptop, apakah kapasitas penyimpanannya masih memenuhi syarat dari aplikasi/ software yang ingin di download sekaligus di install nantinnya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Simpel dan Mudah


Cara Melihat Spesifikasi Laptop


Keuntungan tersendiri bagi seseorang yang ingin melihat spesifikasi laptop, tidak hanya ketika membeli pertama kali saja laptop baru. Akan tetapi bagaimana kemampuan/ kapasitas speknya ketika sedang di instal program seperti game aau software yang ingin dimiliki.

Bagi para pengguna Windows 7, 8, 10 dan windows XP disini ada beberapa cara melihat spesifikasi laptop paling simpel dan bisa anda lakukan langsung. Nah, agar tidak menambah penasarannya. Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :


1.     Setting App Terlebih Dulu


Pertama, yang harus anda lakukan ketika melihat spesifikasi laptop adalah setting terlebih dulu App pada pengaturan aplikasinnya. Di situ anda akan mengetahui informasi lengkap mulai dari perangkat kerasnya dan juga perangkat lunak di laptop anda.

Carannya cukup sederhana awalnya anda buka dulu settings, kemudian pada perintah System anda klik, lalu untuk melanjutkannya tekan nama about. Setelah itu akan tampil halaman dengan menginformasikan tentang operasi sistem windows. Di sisi lain anda juga bisa mengetahui dari kekuatan penyimpanan RAM bahkan bisa melihat juga hard drive.


2.     Informasi Sistem untuk Digunakan


Mungkin sudah bukan hal yang baru lagi mengenai informasi sistem di Windows, namun ada salah satu cara paling simpel yang bisa anda lakukan ketika melihat spesifikasi laptop/ komputer anda. carannya pun cukup mudah dilakukan, awalnya buka start menu pada dekstop, kemudian tuliskan nama msinfo32 atau bisa juga  System Information.

Jadi anda tak hanya bisa melihat dari kapasitas RAM saja di laptop, bahkan anda suda bisa juga mengecek hardware. Ketika membuka sistem informasinnya ada banyak sekali keterangan seperti ringkasan pada sistem, di dalamnya yang membahas tentang model sistem laptop anda, jenis sistem laptop, tanggal waktu laptop dan bahkan keterangan BIOS.

Tetapi di sisi lain tidak tersediannya info grafis pada Sistem, namun anda tak perlu khwatir karena untuk mengetahuinnya bisa langsung anda pilih pada perintah expand di components lalu tekan view untuk menampilkannya.

Mungkin anda yang ingin juga mengetahui informasi melakukan generate pada sistem spesifikasi laptop, yuk ikutin langkah mudahnya di bawah ini :
-       Pertama bukalah terlebih dulu System information di laptop.
-       Berikutnya pada perintah informasi spesifikasi anda bisa memilih System Summary kemudian klik, setelah itu akan di tampilkan secara detail mengenai halaman summary laptop. Nah untuk anda yang berniat mengetahui grafis kartu, bisa langsung pilih display.
-       Selanjutnya pilihlah file,
-       Untuk melnjutkan pilih perintah Export dan tekan.
-       Sampai disini langkah penyimpanan file seperti biasannya, dengan pilih perintah save lalu klik.

3.     Jika Gunakan Command Prompt


Langkah yang satu ini sebenarnya juga sama dengan yang lain, namun dengan memanfaatkan alamat systeminfo.exe sebagai pemilik CMD. Tujuannya sendiri untuk mengetahui secara lengkap tentang spesifikasi di laptop/ komputer anda, tak hanya itu saja sistem Command Prompt juga memberikan secara detail tentang sistem operasi yang terpasang di laptop.

Mudah sekali jika ingin mengetahui OS atau sistem operasi di laptop anda, langkahnya sebagai berikut ini :
-       Yang pertama, buka terlebih dulu start menu, kemudian pada kolom tulisan anda tulis Command Prompt.
-       Berikutnya, anda selesai menulis bisa langsung klik kanan pada mouse dan selanjutnya Run as administrator.
-       Setelahnya anda bisa mengetikan pada perintah systeminfo kemudian pilih Enter.
Sesudah melakukan langkah cermat di atas tadi maka di tampilan layar laptop anda akan muncul mengenai perangkat keras, OS, spesifikasi BIOS, pembaruan info, info network, adaptor dan masih banyak lagi informasin lainnya.


4.     Jika Gunakan Software CPU-Z


Disini anda juga bisa menggunakan software CPU-Z yang merupakan bawaan dari windows sendiri, tak hanya menginformasikan tentang spek laptop sendiri namun juga informasi detail lainnya yang pasti mudah untuk anda pahami.

Cara lengkapnya anda bisa melakukan langkah-langkah mudah di bawah ini :
-       Yang perlu diperhatikan pertama kali anda perlu unduh software CPU-Z, usahakan yang terbilang asli atau lengkap. Untuk referensinnya anda bisa mengunjungi website CPUID.com, dan setelah unduh anda bisa langsung menginstalnya.
-       Selanjutnya sesudah melakukan instalasi sekarang anda open software tadi untuk melihat secara lengkap informasi dari isi laptop yang anda miliki.
-       Anda juga mengetahui dalamnya CPU secara detail dengan rinciannya prosessor sampai pada core speed laptop.
-       Jika anda menginginkan mainboard untuk di cek, bisa langsung open pada kotak main board yang sudah ada di CPU-Z.
-       Di bagian kotak type memori, anda juga bisa mengecek mulai dari tipe nya yang terpasang saat ini di laptop, dan di kolom lain seperti tab SPD anda akan mengetahui secara lengkap kapasitas RAM.

5.     Melihat Melalui Software Speccy


Tidak hanya software CPU-Z saja yang bisa melihat spesifikasi laptop, ternyata software speccy juga secara deail menginformasikan tentang komponen di dalam laptop/ komputer anda.

Adapun langkah yang harus anda lakukn ketika menggunakan software Speccy yaitu :
-       Sama seperti software yang lain, pertama kali anda perlu mengunduhnya jika belum memiliki software satu ini. Jika sudah tersedia di laptop maka anda mesti instalasi agar nantinya bisa mengecek spesifikasinnya.
-       Jika instal sudah rampung, yang mesti anda lakukan sekarang membukannya software tersebut kemudian lihatlah secara detail informasi tentang spesifikasi CPU laptop.
-       Tidak hanya itu saja mungkin anda akan bisa mengetahui secara rinci spesifikasi lainnya seperti kapasitas RAM dan sistem operasinnya.

6.     Melihat Spesifikasi Melalui Softwarec Dxdiag


Yang terakhir pada informasi kali ini anda bisa memanfaatkan keberadaan software Dxdiag di laptop, tujuannya sama untuk mengetahui secara rinci spesifikasi di dalam laptop.
-       Pertama buka terlebih dulu RUN, atau bisa langsung menggunakan tombol Windows + R
-       Selanjutnya, pada kotak tulisan berikan nama dxdiag tekan Ok.
-       Setelah proses berhasil maka anda melihat spesifkasi secara detail baik itu perangkat RAM nya hingga OS laptop.
-        
Nah, itu tadi tentang Cara MelihatSpesifikasi Laptop Paling Simpel dan Mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan sekaligus menambah wawasan anda. selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel