Review Canon EOS R5 2020, Kamera Mirrorless Terbaik yang Bisa Rekam Video 8K

 Diberi nama “Canon EOS R5”, inilah kamera mirrorless terbaik Canon yang digadang – gadang mampu merekam video 8K, pas banget buat videografer profesional. Lalu, seperti apa spesifikasi EOS R5? Dan berapa harga kamera Canon terbaru tersebut? Simak penjelasan review Canon EOS R5 2020 selengkapnya di bawah ini.

Review Canon EOS R5 2020


Sudah sejak lama, Canon dikenal sebagai raksasa teknologi terbaik asal Jepang. Pada kesempatan kali ini, Canon kembali kenalkan kamera anyarnya di kelas mirrorless full frame. Meski baru terjun ke segmen tersebut tahun 2018 silam, tetapi usahanya dalam menyajikan inovasi teknologi terkini lewat jajaran produknya patut diacungi jempol. 

Review Canon EOS R5 2020, Kamera Mirrorless Terbaik yang Bisa Rekam Video 8K

Spesifikasi Canon EOS R5

Berbicara mengenai review Canon EOS R5, kamera terbaru ini ternyata memiliki kemampuan untuk merekam video yang tidak dimiliki kamera lain dari kompetitor. Bagaimana tidak, melalui Canon EOS R5 pengguna bisa merekam video beresolusi 8K. Artinya, untuk menciptakan video berkualitas yang mulus lewat kamera Canon ini bukan perkara yang sulit lagi. 

Ya, pengguna bisa merekam video 8K RAW yang juga didukung pula dengan frame rate hingga 29.97 fps, RAW 29.97 fps dengan Canon Log 4 : 2 : 2 10 Bit dan 4 : 2 : 2 10 Bit HDR PQ pada H.265. Lalu untuk kualitas video 4K-nya sendiri pengguna masih bisa merekam video hingga 119.9 fps. Luar biasanya, kamera Canon terbaru ini juga tidak lagi mengecrop hasil videonya, baik di resolusi 8K atau pun 4K. 

Ini jelas merupakan salah satu peningkatan yang patut dipertimbangkan ketika Anda akan membeli sebuah kamera mirrorless terbaik di 2020. Dibandingkan dengan kamera – kamera Canon sebelumnya yang juga mengusung resolusi 4K, EOS R5 diklaim masih tetap unggul di atasnya. Sebab, pada kamera Canon lawas masih kena crop. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil video yang mulus, kamera EOS R5 ini sudah dilengkapi dengan teknologi 5 Axis In Body Image Stabilization atau IBIS, yang juga bisa difungsikan secara bersamaan dengan stabilisasi optik lensa.

Lalu untuk memberi jaminan penyimpanan yang tetap lancar, bahkan meski merekam video dengan resolusi tinggi, kamera Canon EOS R5 terbaru ini masih menyediakan slot Dual Card CFexpress dan SD UHS II. Canon sepertinya sadar betul bahwasannya file video yang dihasilkan akan sangat besar, tak heran pada EOS R5, Canon sudah menyediakan fitur transfer otomatis dari kamera menuju Cloud Canon. Dengan demikian Anda pun bisa bebas membuka file yang Anda perlukan, dimana pun dan tidak perlu lagi harus memikirkan mengenai storage. 

Fitur Canon EOS R5 2020

Membahas lebih lanjut mengenai review Canon EOS R5, kamera baru Canon ini ternyata sudah memiliki sensor dan prosesor terbaru. Satu hal yang pasti, Canon EOS R5 sudah memiliki kecepatan yang mumpuni, baik untuk urusan video maupun still photo. Canon EOS R5 bahkan diklaim memiliki kemampuan Burts yang sangat tinggi, yakni hingga 12 fps dan dilengkapi pula dengan Mechanical Shutter dan 20 fps dengan Silent Shutter. 

Review Canon EOS R5 2020


Kemudian untuk urusan Autofocusnya sendiri, Canon sudah melengkapi EOS R5 dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Melalui teknologi inilah maka kamera Canon tersebut akan memiliki fokus yang lebih presisi ketika digunakan memotret di kecepatan 20 fps sekalipun. Pada kamera Canon ini pula Anda juga bisa memastikan subjek tetap fokus dengan adanya Live View Tracking System Face, Eye Tracking, dan Head, sama seperti yang ada pada EOS 1D X Mart III yang dikenal akan kecanggihannya. 

Harga Canon EOS R5 2020

Jika melihat review Canon EOS R5 di atas kita pastinya sudah tahu betul kalau kamera Canon ini tidak akan dijual dengan banderolan harga murah. Bagaimana tidak, apabila Anda ingin memiliki kamera Canon EOS R5, maka Anda harus menyiapkan budget lebih, yakni sekitar Rp 54.9 juta rupiah.

Kelebihan dan Keunggulan Canon EOS R5 2020

• Kelebihan Canon EOS R5 yang pertama adanya adanya resolusi kamera sebesar 45 MP. Ini merupakan resolusi kamera tertinggi di jajaran kamera Canon, selain seri EOS 5DS. 

• Fitur Film RAW pada Canon EOS R5 memiliki kemampuan rekam film hingga 8K RAW tanpa crop secara internal hingga 30 fps full sensor.

• Untuk pemotretan still photo, Canon EOS R5 memiliki kemampuan potret di resolusi penuh hingga 20 fps, dengan menggunakan Shutter Elektronik atau 12 fps dengan Shutter Mekanis hingag 350 jepretan dalam format JPEG. 

• Dibekali dengan dua slot kartu memori sekaligus, yakni CFexpress dan kartu memori SD. CFexpress diketahui berguna untuk urusan transfer data dengan kecepatan tinggi hingga mendukung kamera ketika melakukan pemotretan secara beruntut hingga 20 fps. 

• Sensor 45 MP pada Canon EOS R5 memiliki sensitifitas ISO dari 100 – 51.200, sehingga memungkinkan pengguna untuk tetap mendapatkan foto berkualitas tinggi di kondisi minim cahaya sekalipun. 

• Ada peningkatan di sektor Algoritma AF yang memiliki kemampuan deteksi tubuh, wajah, dan mata subjek. 

• Memiliki In Body Image Stabilization yang bisa meredam blur karena getaran kamera. Artinya, pengguna pun akan lebih mudah lagi ketika merekam meski di kondisi rendah cahaya dan tanpa menggunakan tripod sekalipun. 

Review Canon EOS R5 2020

Review Canon EOS R5 2020


• Tipe kamera : Mirrorless

• Valid pixel : 45 MP

• Optical sensor : CMOS Sensor

• Shutter speed : When is set 1/8000 – 30 sec, bulb when is set 1/800 – 0.5 sec

• Light sensitifitas atau ISO : ISO 100 – 51200

• Focus distance : EV -6 to 20 

• Supported flash memory : SD, SDHC, SDXC dan UHS II

• Image record format : JPEG, RAW, C-RAW

• LCD : 3.2 inch

• Baterai : LP-E6NH atau LP-E6N atau LP-E6

• Koneksi : WiFi, Bluetooth, USB 3.1 Gen 2, USB Type C, HDMI micro OUT Terminal Type D, 3.5 mm diamter stereo mini jack

• Movie record format : 8K RAW, 4K up to 120 fps, 10 bit 4 : 2 : 2 dengan Canon Log atau HDR PQ

• Framet rate : 8K movies, 4K video shooting is also possible at up to 119.9 fps

• Dimensi : Approx, 5.45 x 3.84 x 3.46 in atau 138 x 97.5 x 88.0 mm

• Bobot : approx 1.63 1bs atau 738 gram (baterai, memori SD Card, without body cap) approx 1.43 1bs atau 650 gram (body only, baterai, card atau body cap)

Demikian informasi seputar review Canon EOS R5 2020, kamera mirrorless terbaik yang bisa rekam video 8K. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel