10 Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Pemula, Murah dan Berkualitas

 Pengen beli kamera baru, tapi budget pas – pasan? Tak perlu khawatir, kami punya rekomendasi kamera terbaik untuk pemula yang bisa dibeli dengan harga murah banget. Selain murah, kualitas yang ditawarkan pun tak perlu diragukan lagi. 

10 Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Pemula


Kamera memang bukan kebutuhan bagi semua orang. Namun dengan harga yang tidaklah murah, memiliki kamera sepertiya bisa jadi mimpi belaka. Beruntung sekarang sudah ada banyak sekali kamera di pasaran yang dibuat khusus untuk pemula dan ditawarkan dengan harga terjangkau sekali. Artinya, dengan budget pas – pasan Anda masih memiliki kesempatan untuk memiliki kamera impianmu. 

10 Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Pemula, Murah dan Berkualitas

Sony A500 

Ini adalah kamera terbaik untuk pemula pertama yang wajib banget Anda miliki. Kamera mirrorless tersebut bahkan sering digunakan para youtuber dan selebgram. Maklum saja, harga Sony A500 di pasaran hanya Rp 3 jutaan. Meskipun murah, kamera Sony tersebut mampu menghasilkan foto beresolusi 20 MP dan video Full HD atau 1080p dengan kecepatan 24p. Tidak hanya itu, Sony A5000 juga dibekali layar berbentang 3 inch yang masih bisa ditekuk hingga180 derajat. Artinya, pengguna akan lebih mudah lagi ketika ingin mengatur framing, baik ketika mengambil foto atau pun merekam video. 

10 Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Pemula


Dikarenakan kamera Sony ini sudah memiliki sensor berukuran APS Type C, yang biasanya disematkan pada kamera DSLR harga mahal, kamera Sony A5000 ini mampu hasilkan gambar yang lebih jernih, tajam, dan penuh warna. 

Fujifilm X-A10

Selanjutnya ada Fujifilm X-A10 yang juga termasuk dalam daftar kamera terbaik untuk pemula di 2020. Kamera murah dan berkualitas milik Fujifilm tersebut pas banget untuk Anda yang hobi foto – foto, apalagi seperti yang kita tahu, Fujifilm sudah sejak lama memiliki produk kamera yang bisa diandalkan para fotografer pemula. 

10 Rekomendasi Kamera Terbaik Untuk Pemula


Fujifilm X-A10 hadir sebagai model terendah di lini kamera Fujifilm seri X. Pada bagian jeroannya, X-A10 menawarkan sistem kontrol yang mudah untuk dioperasikan dan hasil jepretannya pun berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, layar kamera Fujifilm ini juga bisa diputar hingga 180 derajat, sehingga memudahkan penggunanya ketika mengambil foto selfie. Selain itu, kamera tersebut juga dilengkapi sensor CMOS berukuran APS-c dan ada pula resolusi kamera 16 MP. 

Panasonic Lumic DMC-GF9

Ini adalah kamera yang bisa didapatkan dengan harga murah banget. Apabila Anda tertarik untuk memiliki Panasonic Lumic DMC-GF9, maka Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 5 juta rupiah. Hal yang membuat kamera Panasonic Lumic DMC-GF9 berbeda dari kamera kompetitor adalah adanya fitur Beauty Retouch. Ini merupakan fitur unggulan Panasonic yang membuat kameranya memiliki kualitas tertinggi di setiap jepretan yang dihasilkan. 

Panasonic Lumic DMC-GF9 membawa sensor Four Thirds beresolusi 16 MP dan tidak memiliki Filter Optical Low Pass. Performa kamera tersebut juga mendapat dukungan Venus Engine, yang memungkinkan pengambilan foto secara beruntut dengan cepat, 5 frame per detik. Tidak hanya untuk memfoto, Panasonic Lumic DMC-GF9 juga bisa diandalkan untuk urusan perekaman video. Bahkan kamera kecil Panasonic tersebut bisa merekam di resolusi maksimal 4K. 

Canon EOS M100

Harus banget diakui, kamera Canon satu ini memiliki banyak keunggulan dan kelebihan. Selain sistemnya yang mudah dioperasikan pemula, Canon EOS M100 ternyata juga memiliki kontrol yang sederhana banget. Artinya, pemula tidak akan kebingungan ketika menggunakan Canon EOS M100 untuk pertama kalinya. 

Pada kamera barunya tersebut, Canon sematkan sensor CMOS berukuran APS-C dan dengan resolusi 24 MP, prosesor gambar DIGIC 7, dan fitur Autofocus Dual Pixel yang sangat memukau. Ditambahkan lagi ada kemampuan rekam video hingga 180p per 60 fps dan layar yang bisa ditekuk hingga 180 derajat. Melalui kamera ini pula pengguna bisa melakukan selfie atau vlog dengan mudah. Canon EOS M100 bahkan dilengkapi dengan fitur Remote Shooting, sehingga Anda bisa kendalikan beragam fungsi lewat HP dan tablet. 

Olympus Pen E-PL8

Ini adalah rekomendasi kamera untuk pemula lainnya yang tidak kalah menariknya untuk Anda miliki. Olympus Pen E-PL8 memiliki body mungil dan pilihan lensa yang banyak. Kamera mirrorless tersebut pas banget untuk pemula, apalagi memiliki Pen E-PL8 yang membawa sensor Four Thirds 16 MP, lengkap dengan stabilisasi gambar di dalam body. 

Salah satu kelebihan Olympus Pen E-PL8 adalah adanya Micro Four Thirds, yang membuat performa kamera ini semakin cepat. Olympus Pen E-PL8 bahkan memiliki sistem Autofocus hingga 81 titik yang mampu kunci fokus hanya dalam sekejap saja, juga ada pula mode Continous Shooting 8 frame per detiknya. Kamera ini juga punya layar yang bisa diputar hingga 180 derajat ke depan. Ditambah ada pula panel sentuh dan kemampuan merekam video Full HD.

Lomography LC-A+

Ini adalah brand baru yang saat ini mulai trend. Kamera compact tersebut merupakan cikal bakal kamera lomo terbaik untuk pemula yang sekarang sudah banyak diproduksi oleh brand lain. Lomography LC-A+ memiliki kemampuan yang sudah pasti tidak diragukan lagi.  

Bagaimana tidak, Lomography LC-A+ menggunakan Film 3.5 mm dan dibuat secara khusus untuk meneruskan jejak sang legenda. Tetapi Lomography bertekat tidak hanya lahirkan LC-A dengan desain sempurna, melainkan juga mengupgrade fitur – fitur yang ada di dalamnya. Tujuannya, agar sesuai dengan kebutuhan pecinta kamera lomo era kekinian.

Diana Mini

Ini adalah salah satu kamera lomo terbaik yang paling digemari oleh pecinta lomografi. Dilahirkan sebagai saudara Diana F+, Diana Mini tersebut digadang – gadang akan memiliki performa yang tidak mengecewakan, dan dilengkapi pula dengan fitur uggulan. Menariknya, Diana Mini memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga mudah ketika Anda masukkan ke dalam tas atau bahkan kantong celana maupun baju.

Diana Mini menggunakan Film 35 mm dan memiliki dua pengaturan frame yang bisa diubah sesuai kebutuhan, yakni full frame dan half frame. Pengguna bahkan bisa mengganti mode frame dengan roll film. 

Sprocket Rocket

Ini adalah kamera lomo murah lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Berbeda dengan saudaranya, Sprocket Rocket memiliki angle panorama yang keren saat digunakan memotret. Tidak hanya itu, hasil foto dari kamera ini punya sprocket holes yang di gulungan film untuk kamera. Sprocket Rocket menggunakan Film 35 mm dan memiliki dua pengaturan Shutter, yakni N dan B. 

Selain itu, kamera Sprocket Rocket juga memiliki aperture f/10.8 dan f/16. Ada pula pengaturan fokus 2 to 3. Sprocket Rocket bahkan memiliki satu kelebihan lain, yakni gir mundur yang akan memudahkan pengguna mundur ke foto sebelumnya dan menumpuknya objek baru untuk hasilkan foto yang lebih unik dan artistik. 

Nikon D3400

Dilengkapi dengan sensor CMOS APS-C, ini adalah kamera terbaik Nikon yang memiliki resolusi 24.2 MP dan mampu hasilkan detail foto yang lebih tajam dan detail. Kamera tersebut juga dibekali dengan kemampuan ISO. Melalui kamera Nikon D3400 inilah penguna bisa mengambil gambar di kecepatan 5 frame per detik. Dan memiliki resolusi maksimal untuk rekam video, 1080p. 

Nikon D5600

Terakhir ada Nikon D5600, ini adalah kamera di jelas DSLR terbaik untuk pemula. Nikon D5600 merupakan pilihan paling tepat untuk Anda yang ingin perangkat foto dengan fitur lebih baik dan pastinya dengan biaya yang lebih besar lagi. Dilengkapi dengan layar sentuh 3.2 inch, sistem AF 39 poin, kamera Nikon ini juga memiliki sensor 24.2 MP untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan indah. 

Demikian informasi seputar 10 rekomendasi kamera terbaik untuk pemula, murah dan berkualitas. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel