Review Nikon D780 2020, Kamera DSLR Terbaik Untuk Pecinta Fotografi

 Sama seperti kompetitornya, Fujifilm, Canon dan lainnya, Nikon juga cukup sering memperkenalkan kamera hebatnya. Nah, baru – baru ini ada Nikon D780 2020 yang pertama kalinya dikenalkan dalam pameran elektronik terbesar di dunia, ECS (Consumer Electronics Show). 

Review Nikon D780 2020


Kamera baru Nikon tersebut digadang – gadang sebagai kamera SLR terbaik di tahun ini untuk urusan rekam video. Namun tentunya tidak hanya itu, masih ada banyak lagi keunggulan dan kelebihan D780. Penasaran? Simak review Nikon D780 selengkapnya berikut ini.

Review Nikon D780 2020, Kamera DSLR Terbaik Untuk Pecinta Fotografi
Spesifikasi dan Harga Nikon D780

Kamera yang diberi nama “Nikon D780” adalah kamera terbaru dan terbaik Nikon di 2020. Ini merupakan penerus dari Nikon D750 yang dikenalkan pada tahun 2014 silam. Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, D780 juga masih dibekali dengan sensor Full Frame untuk menghasilkan gambar beresolusi 24 MP yang lebih ciamik. 

Review Nikon D780 2020


Namun, dikarenakan kamera baru Nikon ini sudah membawa teknologi canggih, Backside Illumination, sehingga kamera D780 mampu meningkatkan performanya bahkan dikondisi pemotretan low light sekalipun. Lalu untuk kesensitifan terhadap cahayanya sendiri, kamera D780 memiliki rentang ISO 100 – 51.200 yang masih bisa di expand hingga 204.000. Dimana rentang tersebut 4 kali lebih besar dibanding D750. 

Kemudian untuk urusan dapur pacunya, kamera D780 ini ternyata sudah mendapat dukungan prosesor Expeed 6 terbaru. Sebelumnya chip tersebut diketahui sudah diadopsi oleh kamera Full Frame mirrorless pertama Nikon, yakni Nikon Z6 dan Nikon Z7. 

Pada saat pertama kali Anda melihat D780, Anda pastinya akan langsung tahu kalau kamera Nikon baru tersebut memiliki banyak fitur dari lini mirrorless. Selain prosesor, D780 milik Nikon ini juga memiliki kemampuan Autofocus yang sama dengan Nikon Z6, yakni 273 titik AF. Hal demikian sudah pasti semakin membuat kamera ini lebih unggul dibanding kamera SLR lain yang ada di pasaran saat ini.

Tidak hanya itu, kamera D780 milik Nikon tersebut juga sudah mendapat dukungan Phase Detect AF dengan Eye Tracking, Subject Tracking di mode Live View, dan Face Priority. Kemudian untuk urusan konektifitasnya sendiri, D780 sudah memiliki slot ganda, yakni UHS II SD Card dan konektor USB Type C. Lalu untuk kecepatan memotret, kamera D780 Nikon ini masih bisa diandalkan jika Anda memotret olahraga atau wildlife sekalipun. 

Dengan mengusung teknologi Mechanical Shutter, membuat kamera D780 tersebut sanggung merekam 7 fps. Sementara itu apabila menggunakan mode Live View, pengguna bisa mengandalkan Continuous Electronic Shutter Speed hingga 12 fps. Tidak sampai di situ saja, Nikon D780 2020 juga memiliki Shutter Speed yang lebih kencang lagi dibanding pendahulunya, yakni 1/8000. 

Kamera D780 diketahui tidak hanya unggul untuk urusan fotografi seperti yang sudah kami sebutkan di awal, tetapi kamera SLR terbaru Nikon ini juga bisa diadu kualitasnya apabila berbicara mengenai rekam video. Nikon telah membekali D780 dengan kemampuan setara dengan Nikon Z6, mulai dari pemilihan resolusi 4K per 30 fps dan 1080p per 120 fps dan kemampuan Output 10 Bit dengan N-Log atau yang juga disebut dengan HLG HDR. 

Sayangnya, kamera D780 milik Nikon tersebut tidak ikut mengadopsi Stabilisasi In Body seperti yang dibenamkan pada Nikon Z7 dan Nikon Z7. Kamera baru Nikon 2020 ini juga memiliki Weather Sealing yang jauh lebih baik dari pendahulunya. Tetapi, untuk mendapatkan proteksi tersebut, mau tidak mau Nikon harus hilangkan Flash Built In. Artinya, pengguna pun harus rela menggunakan Flash Eksternal apabila butuh cahaya tambahan. 

Lalu, berapa harga Nikon D780 2020? Dari segi harga, kamera 780 ini memang tidak ditawarkan dengan harga murah. Apabila Anda tertarik untuk membeli kamera Nikon terbaru tersebut, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp 31.9 juta hingga 38.9 juta. 

Kelebihan dan kekurangan Nikon D780 2020
Kelebihan Nikon D780 

Sebagai salah satu kamera canggih Nikon terbaru, D780 pastinya membawa sejumlah fitur unggulan, sehingga menjadikan kamera ini memiliki banyak kelebihan, yang sudah pasti patut untuk dipertimbangkan ketika seseorang akan membeli kamera SLR. Berikut akan kami rangkumkan seputar kelebihan dan keunggulan Nikon D780 2020 selengkapnya untuk Anda.

Review Nikon D780 2020


• Memiliki sensor kamera unggulan yang ditanam di dalam D780, seperti 24.6 MP dengan frame penuh Backside Illuminated yang kemudian disandingkan dengan prosesor Expeed 6.

• Memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi dari ISO 51.200 atau Epandable hingga ISO 204.800 yang berhasil dinaikan dari ISO 12.800 yang bisa ditemukan pada Nikon D750 terdahulu. 

• Kamera D780 memiliki kemampuan unggulan, sebab bisa bekerja dengan cepat karena sudah menggunakan proses Engine yang sama dengan yang ada pada Nikon Z6 dan Nikon Z7. Artinya, energi yang dibutuhkan pun akan menjadi lebih sedikit dibanding generasi pendahulu. Menariknya, kinerja low light kamera ini juga lebih baik.

• Penggunaan sensor Autofocus lebih cepat dan mulus jika menggunakan layar LCD seperti pada kamera mirrorless. Beruntung, sebab Nikon D780 telah menggabungkan SLR dengan mirrorless sehingga menciptakan Autofocus yang ciamik. 

• Menggunakan sistem AF 51 dengan algoritma Autofocus dari kamera kelas atas, sehingga akan didapatkan hasil yang terbaik ketika membidik lewat Optical View Finder.

• Menggunakan sistem Hybrid AF 2.733 titik, sehingga ketika melakukan framing lewat layar sentuh LCD 3.2 inch layar tersebut dapat difungsikan pula untuk menjangkau titik AF, pengaturan menu, dan lain sebagainya. 

• Memiliki layar yang bisa ditekukk ke arah atas dan dengan cakupan area frame sekitar 90%.

• Memiliki fitur Eye Detection AF, ini merupakan fitur pertama yang hadir pada kamera SLR. Fitur tersebut bisa digunakan pula untuk mengunci fokus pada penglihatan subjek, misalnya ketika digunakan membidik portrait. 

• Bidikan lewat Live View bisa menggunakan Silent Shutter.

• Memiliki Burst Rate yang bisa ditingkatkan lagi menjadi 12 fps dan 7 fps ketika dibidik dengan Shutter mekanik. 

• Memiliki kemampuan rekam video hingga resolusi 4K dengan Full Pixel Readoud, atau yang disebut dengan Frame Rate 30 fps. 

• Tertanam Output 10 Bit yang didukung oleh N-Log dan Hybrid Log-Gamma, guna meningkatkan pelacakan wajah dijangkauan dinamis dan AF Phase Detection.

• Adapun fitur pendukung lainnya adalah slot kartu memori UHS II SD dan Weather Sealing. 

• Lalu, untuk daya baterainya bisa tahan sampai 2.360 jepretan.

• Charging yang bisa dilakukan lewat USB Type C dan konektifitas Bluetooth serta WiFi.

• Memiliki body kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim. 

Kekurangan Nikon D780

• Belum dilengkapi stabilisasi di dalam body, atau In Body Image Stabilization (IBIS).

• Memiliki kaemra yang kurang stabil ketika mengambil gambar saat dipasangkan lensa Non-OIS.

• Harga terlalu mahal.

Demikian informasi seputar review Nikon D780 2020, kamera DSLR terbaik untuk pecinta fotografi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel