Spesifikasi Fujifilm X100V Terbaru 2020 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

 Soal kualitas, Fujifilm memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, sebagai salah satu raksasa teknologi asal Jepang, Fujifilm selalu memperkenalkan kamera canggihnya yang tidak hanya membawa desain kekinian, juga dapur pacu yang patut diacungi jempol. Salah satu kamera Fujifilm paling baru kali ini adalah Fujifilm X100V

Fujifilm X100v Terbaru


Ini merupakan kamera Fujifilm terbaik yang mengusung desain rangefinder klasik. Kamera mirip Leica Monochrom M tersebut benar – benar menjadi kamera unggulan Fujifilm yang wajib banget Anda milikmu. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, ketahui terlebih dulu spesifikasi Fujifilm X100V selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Fujifilm X100V Terbaru 2020 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Review Fujifilm X100V

Desain dan Body

Berbicara lebih lanjut mengenai spesifikasi Fujifilm X100V, kamera baru Fujifilm  ini tidak hanya memiliki desain yang cantik, juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Namun, pada pembahasan pertama ini kami akan mengulas lebih detail mengenai desain dan body kamera X100V. Menariknya, elegansi kamera X100V milik Fujifilm tersebut langsung terlihat jelas begitu Anda pertama kali melihatnya. 


Fujifilm X100v Terbaru


Bagaimana tidak, pada plat bagian atas dan bawah kamera X100V dibuat dari satu blok berbahan aluminium yang tidak hanya membuatnya begitu cantik, namun memiliki finishing sudut yang sangat sempurna dan pastinya ringan banget. Di bagian atas kamera, terlihat nuansa analog yang masih dipertahankan Fujifilm dengan cara menghadirkan dial manual kompensasi eksposur juga Shutter Speed. 

Artinya, melalui kamera X100V inilah pengguna akan tetap bisa merasakan kamera analog terbaik Fujifilm di zaman digital, namun dengan standar teknologi yang lebih canggih lagi. Untuk kegiatan memotret, melalui kamera X100V terbaru ini Anda bisa memilih ViewFinder Hybrid. Ini merupakan ViewFinder optik terbaik, atau yang biasanya disebut dengan OVF dengan magnifikasi 0.52 x, atau Electronic ViewFinder OLED 3.69 juta dot. EVF pada X100V memiliki Coverage hingga 90%. 

Dapur Pacu Fujifilm X100V

X100V bukan sembarang kamera, alasannya pada kamera barunya tersebut Fujifilm menawarkan resolusi 26.1 MP. Tidak sampai di situ saja, di dapur pacunya X100V ditenagai oleh X-Processor 4 yang masih didukung oleh sensor CMOS X-Trans. Seperti yang diketahui, X-Processor 4 terbaru dari Fujifilm ini tidak hanya membuat pemrosesan data menjadi lebih cepat, tetapi juga mampu mendongkrak performa AF yang ditanamkan di dalamnya, baik Face atau pun Eye Detection. 


Fujifilm X100v Terbaru


Tidak hanya itu, prosesor yang ditanamkan pada X100V ini juga semakin membuat kamera Fujifilm terbaru tersebut bisa berfungsi optimal dengan pencahayaan -5EV. Dengan demikian fokus pun bisa berfungsi optimal meski di kondisi temaram. Adapun fitur unggulan yang cukup menarik sekali di Fujifilm X100V adalah ERF atau Electronic Range Finder. 

Fitur tersebut menggabungkan antara fitur OVF dengan EVF sehingga menciptakan fitur yang luar biasa canggihnya. Melalui fitur inilah Anda bisa melihat preview foto di bagian pojok kanan bawah sembari tetap mengatur framing dengan menggunakan OVF. Tidak sampai di situ saja, kamera Fujifilm anyar ini juga memiliki speek memotret hingga 11 fps dengan Burst Mode, atau pun 20 fps dengan Shutter elektronik. 

Melalui kamera barunya ini Fujifilm juga masih sajikan Film Simulation yang dikenal dalam pengalamannya selama 85 tahun lebih di dunia fotografi. Melalui Fujifilm X100V Anda juga masih bisa memilih 17 Digital Film Simulation, mulai dari Eterna, Provia, Acros, Velvia, dan Astia. Ada pula fitur Multiple Exposure untuk lebih mengasah kreatifitas penggunanya. Dengan demikian Anda pun bisa menumpuk hingga 9 foto dalam mode tersebut. Tujuannya, agar pengguna bisa lebih mudah lagi ketika ingin menciptakan foto yang unik. 

Lalu untuk urusan catu dayanya sendiri, X100V memiliki kapasitas yang cukup besar. Pada kamera baru tersebut Anda bisa memotret hingga 350 frame dengan menggunakan EVF, atau pun 420 frame dengan menggunakan OVF dan 55 menit untuk perekaman video 4K, atau pun 75 menit untuk video Full HD. Kemudian untuk konektifitasnya pun kamera ini sudah menyediakan Port USB Type C. Selain bisa digunakan untuk mentransfer data, Anda pun bisa menggunakan Port tersebut untuk mengecas kamera. Artinya, sangat portable sekali mengingat standar perangkat elektronik saat ini sudah menggunakan kabel USB Type C. 

Fitur Fujifilm X100V

Tidak hanya cocok untuk pecinta fotografer, kamera baru X100V juga mumpuni bagi Anda yang gemar ngevlog, atau membuat video untuk tujuan profesional. Kamera X100V bahkan bisa merekam video dengan resolusi 4K dan dengan Frame Rte hingga 30 fps atau video 1080p dengan 120 fps untuk ciptakan video slow motion yang keren banget. 

Lalu untuk proses editing, kamera X100V juga menawarkan fleksibilitas lebih dengan warna hingga 10 Bit. Pas banget buat Anda yang sering melakukan editing video dengan preset – preset yang lebih sinematik. 

Harga Fujifilm X100V

Apabila Anda tertarik untuk memiliki Fujifilm X100V, artinya Anda harus menyiapkan budget yang cukup untuk membeli kamera baru Fujifilm tersebut. Tak perlu khawatir, sebab Fujifilm membanderol kamera canggihnya ini dengan harga terjangkau, yakni sekitar Rp 19.1 juta rupiah. 

Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X100V


Kelebihan Fujifilm X100V

Lensa 13 mm f/1.2 ini dirancang ulang, namun dengan menambahkan satu elemen Aspherical lebih banyak lagi sehingga membuat hasil foto jadi lebih tajam dan detail, terutama di bukaan yang besar dan fokus dekat.

Layar LCD X100V bisa diputar ke atas untuk menciptakan foto low angle dan high angle. Ini adalah fitur unggulan Fujifilm untuk mengkomposisikan foto agar hasilnya lebih bagus dan bisa memotret secara diam – diam yang lebih mudah. 

Memiliki Film Simulation Classic Negative dan Eterna yang membuat kamera X100V lengkap film simulationnya, layaknya X-Pro 3.

Memiliki Weathersealed, artinya kamera tersebut bisa tahan air dan debu. 

Sistem Autofocus yang ditingkatkan lagi sehingga setara dengan kamera Fujifilm kelas atas lainnya, seperti X-Pro 3 dan X-T3. 

Kekurangan Fujifilm X100V

Tidak ada Image Stabilization, baik di lensa atau pun body kamera. Padahal fitur tersebut berguna banget ketika memotret di kondisi gelap atau ketika merekam video dengan situasi minim cahaya. 

Memiliki tuas On-Off yang cukup longgar sehingga membuat kamera bisa menyala tanpa sengaja.

Tidak memiliki D-Pad, namun sebagai penggantinya Fujifilm menawarkan Joystick kecil. Meskipun demikian, masih ada pilihan lain yakni Touch Swipe dengan begitu Anda pun masih bisa menyetuh dan menggeser layar ke 4 arah untuk mengakses fungsinya.

Memiliki ukuran pembesaran atau Magnification jendela bidik optik yang sangat kecil, sehingga tidak begitu bagus jika digunakan dibanding dengan layar LCD. Bahkan cakupkan jendela bidiknya pun hanya 95%. Artinya, pengguna akan mendapat gambar lebih besar dari yang bisa diintip melalui jendela bidik.

Demikianlah informasi seputar spesifikasi Fujifilm X100V terbaru 2020 beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel