Mengetahui Perbedaan Canon EOS M100 vs EOS M10, Mana yang Lebih Baik?

Sejak tahun 2012 silam, kamera mirrorless Canon sudah berkeliaran di pasaran, hadir dengan membawa dua produk unggulan Canon, EOS M100 dan EOS M10, kira – kira spesifikasi apa spesifikasinya? Untuk mengetahui perbedaan Canon EOS M100 vs EOS M10, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Canon EOS M100 vs EOS M10


Sebenarnya kamera Canon EOS M100 diplot sebagai penerus Canon EOS M10. Meskipun dari segi harga ada peningkatan seiring dengan upgrad yang dilakukan, tetapi pada kenyataan EOS M100 masih bisa dikategorikan sebagai kamera mirrorless hemat.

Mengetahui Perbedaan Canon EOS M100 vs EOS M10, Mana yang Lebih Baik?

Sensor dan prosesor

Membahas mengenai perbedaan Canon EOS M100 vs EOS M10, sebenarnya kedua kamera Canon tersebut sama – sama membawa sensor APS-C CMOS, tetapi resolusi yang dimiliki EOS M100 ternyata lebih besar, yakni 24.2 MP, seukuran dengan yang dimiliki kamera DSLR Canon yang 80D. Sementara itu pada Canon EOS M10 sendiri resolusinya masih ada di angka 18 MP, sama seperti model kamera Canon lain yang lebih senior.

Canon EOS M100 vs EOS M10


Jika dijejerkan dengan prosesr DIGIC 7, penggunanya memang masih bisa mengharap kualitas gambarnya, sebab kamera ini dibekali dengan kemampuan Low Light dan performa AF yang jauh lebih baik dibanding EOS M100. Hal tersebut tentunya mengingatkan pada EOS M10 yang masih menggunakan DIGIC 6 untuk prosesornya.

Sistem Autofocus

Apabila menyinggung mengenai perbedaan antara Canon EOS M100 vs EOS M10, pastinya kamera EOS M10 jauh lebih hemat budget. Alasannya, kamera tersebut masih membawa sistem Hybrid CMOS III AF. Ini merupakan salah satu sistem yang bisa dibilang sedikit tertinggal dibanding sistem Autofocus yang dimiliki kamera mirrorless terbaru. Meski demikian sistem ini dapat beroperasi dengan sangat bagus di Single AF, tetapi akan terasa sangat pelan ketika digunakan di kondisi Low Light, atau di kondisi Servo.

Canon EOS M100, sama seperti Canon EOS M5 dan EOS M6 yang menggunakan Dual Pixel AF System. Ini merupakan sistem yang dibekali dengan 24 juta Phase Detection yang tengah disebarkan hingga ke 80% area frame. Sehingga membuat kamera Canon EOS M100 tersebut mampu menghasilkan Autofocus yang lebih akurat dan cepat, bahkan ketika ada di mode foto, Continuous Photo, atau pun saat perekaman video.

Jumlah area AF pada kedua kamera Canon tersebut sama – sama 49, tetapi pada Canon EOS M100 sekarang pengguna masih bisa memilih Single AF atau Zone.

Sensitivitas ISO

Kemudian untuk temani peningkatan performa di ISO berkat dukungan prosesor DIGIC 7, kamera EOS M100 juga dibekali dengan range ISO lebih lebar. Sementara itu pada EOS M10 masih memilii range ISO dari 100 – 12800, yang sebenarnya masih bisa di extend hingga 25600. Pada kamera EOS M100, ISO yang dibawanya sudah ada di range 100 – 25600. Tentunya peningkatan pada ISO tersebut berlaku pula pada mode video, dimana pada kamera EOS M100 pengguna bisa  rekam video di ISO 12800, sementara itu pada kamera EOS M10 maksimal ada di angka 6400 saja.

Bustr Shot dan Buffer

Kamera Canon EOS M10 diketahui memiliki kecepatan Shutter hingga 4.6 fps saat ada di mode Burst dan memiliki Buffer 100 foto JPEG dan 7 foto RAW. Di mode inilah, performa yang disajikan kamera EOS M100 masih sedikit bagus dengan kecepatan 6.1 fps dengan sistem fokus One Shot AF, tetapi dengan Buffer yang hanya 89 foto JPEG dan 21 foto RAW. Berbeda jika settingnya diganti di kecepatan 4 fps dengan sistem fokus Servo, maka kamera EOS M100 masih bisa tracking fokus dan mendapatkan Buffer hingga 1000 foto JPEG.

Foto dan Mode

Canon targetkan kamera EOS M100 miliknya tersebut untuk pecinta smartphone photography yang ingin mengupgrade, tidak kaget jika akan ada beberapa mode foto yang bisa ditemukan pada kamera ini. Mode foto terbaru tersebut termasuk HDR Backlight dan Smooth Skin, sementara itu untuk gaya foto ada pula opsi Fine Detail.

Pengguna kamera Canon EOS M100 juga akan menemukan fitur untuk koreksi Chromatic Aberration, Difraksi, dan juga iluminasi lain melalui menu. Dengan hadirnya fitur – fitur koreksi tersebut, ANda bisa yakin akan mendapatkan hasil gambar yang lebih baik lagi.

Spesifikasi Video

Jangan harap ada resolusi 4K pada kamera EOS M100, sebab di kamera tersebut masih sama dengan Canon EOS M10, yakni masih di Full HD. Tetapi bukan berarti kemampuannya sama, EOS M10 hanya di 30 fps, sementara itu untuk EOS M100 sendiri sudah bisa hingga 60 fps.

Adapun fitur lain yang ada pada kamera EOS M100 adalah 3 Axis Video Stabilization. Pada saat fitur tersebut dipadukan dengan Stabilization System yang ada pada lensa, maka akan menghasilkan video yang jauh lebih stabil. Waktu maksimum untuk urusan recording pada kedua kamera ini masih tetap sama, yakni 30 menit.

Desain dan Body

Kedua kamera Canon ini sekilas memang terlihat sama, hanya ada beberapa perbedaan saja. Lihat saja pada kamera EOS M100 sudah ada sudut – sudut yang dibuat lebih bulat dibanding kamera EOS M10. Tidak hanya itu, exteriornya pun diberi lapisan karet sehingga semakin membuat kamera Canon tersebut lebih mudah dipegang. EOS M100 bahkan memiliki sedikit lebih kecil dan ringan.

Canon EOS M100 vs EOS M10


Pada bagian atas kamera ada dial mode foto, video, dan auto yang terlihat lebih elegan. Dial tersebut masih sama, dimana juga berfungsi sebagai tombol on dan off. Mirip dengan kamera EOS M10, hanya memiliki satu dial di mirrorless Canon EOS M100 yang ada di sebelah tombol record. Kedua kamera Canon tersebut bahkan sama – sama memiliki Built In Flash di sisi kanan dan ada pula LCD berukuran 3 inch yang bisa flip ke atas hingga 180 derajat untuk shooting selfie.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel