Cara Mengubah Font Android Tanpa Root yang Mudah

 Cara Mengubah Font Android - Salah satu kelebihan HP android yakni punya tampilan antarmuka yang smooth dan nyaman dipandang mata. Apalagi sekarang ini banyak tersedia tema HP yang memungkinkan untuk diterapkan pada semua tipe HP. Tema tersebut bisa diunduh melalui berbagai situs ataupun forum khusus dari brand HP yang Anda punya. Cara ini sangat cocok diterapkan jika Anda sudah bosan dengan tampilan HP yang begitu-begitu saja.

Cara Mengubah Font Android Tanpa Root yang Mudah


Namun, jika harus mengubah tema menurut Anda terlalu merepotkan, maka bisa mencoba untuk mengubah jenis font-nya saja. Tidak sulit kok untuk mengubah font di HP android, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya dengan mudah. Penasaran dengan cara mengubah font android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Cara Menambah Stiker di WhatsApp di HP Android

Cara Mengubah Font Android Tanpa Root yang Mudah

Mungkin dulu mengubah jenis font android membutuhkan akses root agar bisa berjalan dengan lancar. Tetapi tidak untuk sekarang ini, Anda sudah bisa lebih mudah mengganti font android tanpa harus me-root HP terlebih dahulu. Adapun cara mengubah font android tanpa root selengkapnya, sebagai berikut: 

1. Mengubah Font Android dengan Aplikasi Tambahan

Untuk mengganti jenis font di HP android, Anda masih membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi semacam ini bisa Anda install dengan mudah melalui Google Play Store. Tenang saja, tidak berbayar kok alias gratis digunakan oleh siapa saja. Salah satu aplikasi untuk mengubah font android yang paling direkomendasikan yakni iFont.

Aplikasi satu ini menyediakan banyak pilihan font unik dan menarik untuk diterapkan di HP android. Mengenai cara menggunakan aplikasi iFont tersebut, yakni:

• Langkah yang pertama pastinya Anda perlu menginstall aplikasi iFont di HP android. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kapp.ifont&hl=in

• Jika sudah, sekarang Anda langsung jalankan aplikasi tersebut. 

• Pada tampilan utama aplikasi, sekarang Anda pilih jenis font yang paling disukai. Ada banyak pilihan font di dalam aplikasi ini, semuanya gratis untuk digunakan. 

• Selanjutnya Anda perlu melakukan pengunduhan jenis font yang sudah dipilih tadi. Caranya yakni dengan menekan tombol Download. 

• Untuk mulai menerapkan font, Anda klik tombol Set. Nantinya akan muncul kotak notifikasi, lanjutkan dengan klik tombol OK. 

• Belum sampai disitu saja, selanjutnya Anda diminta untuk menginstall font yang sudah didownload tersebut. Caranya dengan klik tombol Install. 

• Tunggu hingga proses install font selesai. Jika sudah, selanjutnya Anda kembali ke halaman Setting Font. 

• Sekarang kamu pilih font yang sudah didownload tadi, kemudian klik tombol Done untuk menerapkannya.

• Selesai. 

Sekarang font di HP android sudah berhasil Anda ganti dan tampilannya pasti akan jauh berbeda. Namun perlu Anda tahu, aplikasi ini mungkin hanya support pada beberapa merek atau tipe HP saja. Dan cara diatas kami coba di HP Samsung, ternyata berhasil. Belum tahu hasil untuk penerapan di merek atau tipe HP lainnya.

2. Mengubah Font Android Tanpa Aplikasi

Jika memang cara di atas menurut Anda cukup ribet, maka cara yang kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan yang hanya akan memakan ruang di memori HP. Untuk masing-masing merek HP android mungkin agak berbeda cara penggantian jenis font-nya. Adapun cara ganti font di HP android semua tipe tanpa root selengkapnya, yakni: 

• Mengganti font di HP Samsung

Untuk mengubah jenis font di HP Samsung tidaklah sulit, cukup Anda masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Pada halaman Pengaturan tersebut klik pada opsi Display. Selanjutnya klik opsi Font and Style untuk mulai mengganti font. 

Pada halaman Font and Style tersebut, Anda klik opsi Font Style. Sekarang Anda bisa memilih jenis font yang disukai, kemudian terapkan. Di sini Anda juga memungkinkan untuk mengatur ukuran font dan juga bentuknya, apakah ingin dibuat Bold atau biasa saja. 

• Mengganti font di HP OPPO

Mengganti jenis huruf di HP OPPO sama mudahnya dengan HP Samsung di atas. Pertama Anda masuk ke menu Pengaturan atau Setting, kemudian masuk ke opsi Display & Brightness. 

Untuk mengubah jenis font, sekarang Anda pilih opsi Font. Selanjutnya klik individual setting, maka akan muncul beberapa pilihan jenis font yang bisa Anda terapkan di HP OPPO. Pilih font yang Anda inginkan, lalu klik tombol Apply untuk mulai menerapkanya. 

• Mengganti font di HP Xiaomi

Baca juga : Cara Membuat GIF di WhatsApp Sendiri yang Mudah

Sementara untuk kalian para pengguna HP Xiaomi, ternyata juga memungkinkan untuk mengubah jenis font di dalamnya tanpa harus rooting HP. Caranya yakni dengan masuk ke menu Tema atau Theme bawaan HP. Pada bagian kolom search, Anda ketik Free Font, maka di sana akan muncul banyak pilihan font gratis untuk digunakan. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel