Cara Menambah Stiker di WhatsApp di HP Android

 Cara Menambah Stiker di WhatsApp - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online terpopuler sekarang ini. Penggunanya terbilang sangat banyak, bahkan sudah mencapai angka lebih dari 5 miliar pengguna aktif di Google Play Store. Tidak heran karena memang aplikasi WhatsApp punya segudang fitur menarik yang pastinya sangat memanjakan para penggunanya. Di WhatsApp mereka tidak hanya bisa berkirim pesan teks, melainkan juga berkirim file media seperti, gambar, video, audio, dokumen dan lain sebagainya. 

Cara Menambah Stiker di WhatsApp


Yang menarik lagi, di WhatsApp juga sudah disediakan yang namanya stiker lucu dan menarik. Dengan adanya stiker pastinya aktivitas chatting di WhatsApp menjadi lebih seru dan menyenangkan. Tetapi, tahukah Anda kalau kita sebagai pengguna juga dimungkinkan untuk menambah stiker sendiri di WhatsApp? Kalau Anda memang belum tahu caranya, berikut ini cara menambah stiker di WhatsApp yang bisa Anda terapkan. 

Cara Menambah Stiker di WhatsApp di HP Android

Secara default memang sudah disediakan berbagai jenis stiker lucu dan menarik di aplikasi WhatsApp. Namun, hal tersebut dirasa kurang bagi beberapa pengguna. Dari sini WhatsApp menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan stiker sendiri sesuai keinginan. 

Stiker bisa dibuat terlebih dahulu atau mengunduhnya dari platform lain untuk nantinya ditambahkan ke WhatsApp. Dengan demikian, stiker tersebut nantinya bisa digunakan saat chattingan agar semakin seru. Di sini Anda juga bisa membuat stiker WA dari foto sendiri yang sebelumnya harus sudah diedit. Namun, sebelum lanjut ke cara menambah stiker di WhatsApp, ketahui terlebih dahulu ada saja persyaratannya. 

• Syarat yang pertama Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk membuat stiker. Mulai dari aplikasi penghapus background foto, aplikasi PicsArt, dan juga aplikasi Personal Sticker for WhatsApp. 

• Siapkan juga minimal 3 foto yang ingin diubah menjadi stiker WhatsApp. 

• Foto harus berkualitas HD dengan resolusi minimal 600 x 600 piksel. Dan Foto ukurannya tidak lebih dari 1MB.

Jika beberapa syarat di atas sudah dipenuhi, sekarang Anda bisa lanjut ke cara untuk membuat stiker dan menambahkannya ke WhatsApp. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut: 

1. Menghapus background foto

Cara yang pertama perlu Anda lakukan untuk membuat stiker WhatsApp dari foto sendiri yakni menghapus backgroundnya. Untuk menghapus background foto Anda tidak perlu menggunakan Photoshop di PC. Cukup menggunakan aplikasi penghapus background instan di HP android. 

• Langkah yang pertama Anda install aplikasi bernama Background Erase di HP android. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.handycloset.android.eraser

• Kalau sudah, sekarang langsung Anda jalankan aplikasi tersebut. 

• Pada halaman utama aplikasi, Anda klik tombol Load a Photo untuk mulai mengedit foto yang ingin dijadikan stiker. Sekarang Anda pilih foto mana saja yang ingin dihapus backgroundnya.

• Nantinya foto akan ditampilkan di dalam aplikasi. Mula-mula Anda lakukan cropping atau pemotongan bagian foto yang tidak diperlukan dengan fitur Extract. 

• Selanjutnya Anda mulai menghapus background foto menggunakan fitur Erase. Di sini ada 3 pilihan untuk menghapus background, yakni fitur Auto, Magic dan Manual. Anda bisa memilih salah satu dari fitur tersebut yang dirasa paling mudah digunakan.

• Kalau sudah, selanjutnya Anda klik tombol Done. 

• Dan terakhir klik tombol Save untuk menyimpan foto tersebut. 

2. Menambahkan elemen stiker

Setelah menghapus background foto, selanjutnya Anda bisa menambahkan beberapa elemen foto yang ingin dijadikan stiker. Di sini Anda bisa menggunakan aplikasi PicsArt untuk memudahkannya. 

• Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi PicsArt di HP android. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picsart.studio

• Kalau sudah, sekarang langsung jalankan aplikasi tersebut. 

• Sekarang Anda klik tombol Plus (+) untuk menambahkan foto yang sudah dihilangkan backgroundnya tadi. 

• Sebelum menembahkan elemen stiker, Anda perlu mengatur ukuran foto tersebut. Caranya klik menu Alat, kemudian pilih Ganti Ukuran. Ganti ukuran foto menjadi 600x600 piksel. Dan terakhir klik tombol Ganti Ukuran. 

• Selanjutnya Anda bisa menambahkan berbagai elemen untuk membuat hasil stikernya menjadi lebih menarik. Mulai dari menambahkan teks, efek, stiker dan lain sebagainya. 

• Kalau sudah, sekarang klik ikon Centang yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik tombol Panah ke kanan. 

• Dan Terakhir klik Simpan untuk menyimpan hasil stikernya tersebut. 

3. Menambahkan stiker ke WhatsApp

Pastikan Anda sudah mengedit setidaknya 3 stiker agar cara ini bisa dilanjutkan. Jika memang sudah, sekarang Anda bisa mulai menambahkan stiker tersebut ke WhatsApp. Sebelum lanjut, pastikan stiker yang dibuat tadi Anda simpan di satu folder, tepatnya di dalam memori internal HP.

• Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Personal Stickers for WhatsApp dan jalankan aplikasi tersebut. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dstukalov.walocalstoragestickers&hl=in

• Pada tampilan utama aplikasi, Anda klik tombol Tambah pada hasil stiker yang dibuat sebelumnya. 

• Maka secara otomatis stiker akan ditambahkan ke aplikasi WhatsApp. 

• Sekarang Anda sudah bisa menggunakan stiker tersebut saat chattingan di WhatsApp. 

Baca juga : Cara Membuat GIF di WhatsApp Sendiri yang Mudah

Itulah tadi cara menambah stiker di WhatsApp yang paling mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel