Cara Gampang Atasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Windows10!

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Windows 10 - Di era yang serba canggih, Para pengguna komputer semakin dibuat nyaman dengan inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan Software Microsoft Inc, salah satunya ialah Windows 10 yang merupakan puncak perkembangan Windows dengan fitur yang sangat lengkap.  Internet pun merupakan kebutuhan yang diperlukan semua orang dan Wireless Driver (WiFi) sangat penting digunakan untuk mempermudah mengakses internet pada laptop Anda. Namun, terkadang laptop tidak bisa connect wifi Windows 10 setelah Anda mengupgrade, terlalu banyak Bug pada Windows, kesalahan Driver Network atau karena hal yang lainnya. 

Laptop tidak bisa connect WiFi pada windows 10


Ketika laptop tidak bisa connect WiFi Windows 10, tentunya akan sangat menggangu pekerjaan Anda terutama aktifitas yang berhubungan dengan dunia maya. Selain hal yang sudah Kami sebutkan di awal paragraf tadi, kebanyakan permasalahan yang disebabkan memang karena Windows 10 telah melakukan upgrade yang terkadang malah menimbulakan masalah baru pada saat proses instalisasi hadware Laptop. Oleh sebab itu, Jika Anda mengalami permasalahan tersebut tidak usah khawatir! Kami akan membahas cara yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengatasinya tanpa perlu membawa Laptop Anda ke Ahlinya pada artikel berikut ini. Namun sebelumya, Kami akan menjelaskan beberapa masalah yang terjadi pada koneksi WiFi di laptop. Untuk lebih jelasnya, mari Anda simak ulasan lengkap dibawah ini.

Masalah Yang Sering Terjadi Ketika Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Windows 10

 
Sebelum mempelajari cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi koneksi pada Laptop. Kami akan mulai membahas hal berikut agar Anda mengetahui beberapa masalah yang terjadi saat Laptop tidak bisa WiFi connect pada Windows 10, diantaranya:

1. Driver WiFi yang tidak terbaca oleh Windows 10 adalah salah satu penyebab masalah yang sering terjadi pada koneksi Windows 10. Hal itu ditandai dengan tidak adanya logo WiFi yang biasanya tersedia pada Tray icon Network di sudut kanan bawah Taskbar.
2. Ketika Anda telah selesai menginstall update Build / Patch, yang terjadi malah WiFi tidak terdeteksi. Padahal sebelum melakukan penginstallan, koneksi WiFi baik-baik saja.
3. Salah satu masalah yang sering terjadi pada koneksi Windows 10 selanjutnya adalah Meskipun Driver Wireless Network Adapter telah Anda check dan pastikan terdeteksi dengan benar, Namun tetap saja tidak ditemukan icon WiFi yang terletak pada Tray icon Network di sudut kanan bawah Taskbar.
4. Kemudian saat menemukan bahwa koneksi internet pada laptop Anda yang putus-nyambung merupakan salah satu masalah yang sering terjadi WiFi tidak connect pada Windows 10. Hal itu mengakibatkan ganguan pada aktivitas pengguna dunia maya. 
5. Selain uraian diatas, masalah yang terakhir ketika WiFi tidak bisa connect pada Windows 10 adalah setelah melakukan Upgrade otomatis. Seringkali Password WiFi yang dicantumkan salah walaupun sudah diisi dengan  benar dan terkadang WiFi tidak berfungsi lagi setelah Laptop / PC Anda dihidupkan atau setelah Anda memakai fitur “sleep” yang tersedia pada Laptop.
Dari beberapa penjelasan masalah yang sering terjadi pada Laptop yang tidak bisa Connect WiFi, tentunya tidak lepas dengan yang dinamakan Driver WiFi atau Driver Wireless Network Adapter. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah pasti Anda akan berfokus pada perbaikan dari Driver itu sendiri karena sering sekali dialami oleh beberapa pengguna.  Berikut adalah ulasan dari kami cara mengatasi problem Wifi pada Windows 10.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Pada Windows 10

 
Setelah Anda mengetahui beberapa permasalahan dan penyebabnya pada uraian sebelumnya, kali ini Kami akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi Laptop tidak bisa connect WiFi pada windows 10 diantaranya:
1. Bagi Anda pengguna Windows 10, cara mudah yang pertama ialah dengan menggunakan tombol Keyboard Adapun beberapa langkahnya :
- Pastikan terlebih dahulu Laptop Anda sudah menyala > Cari tombol “FN” pada Keyboard  > Cari tombol dengan gambar Antenna WiFi > Tekan dan tahan kedua tombol tersebut dengan bersamaan.
- Kemudian lihat pada bagian pojok kanan bawah Taskbar Laptop tempat icon koneksi WiFi berada. Setelah Anda menekan tombol “FN” dan tombol yang berlogo WiFi, icon yang ada dalam Taskbar tersebut akan menyala dengan berwarna putih.
- Adapun beberapa tipe Laptop Windows 10 juga memiliki tombol yang dapat digunakan langsung untuk menyalakan WiFi. Maka, jika Anda memiliki tombol tersebut pada Keyboard Laptop untuk kedepannya Anda tinggal menekan tombol bergambar WiFi untuk menyalakannya.
2. Selanjutnya yakni dengan meng-klik  pilihan > “Trobleshoot problems” pada menu yang disedikan Taskbar pojok kanan bawah.Kemudian akan muncul jendela  “Windows Network Diagnostics”.
3. Yang dapat anda Lakukan ketika muncul gambar diatas adalah menunggu hingga proses selesai. pilih option “Skip this Step”  pilih “Check to see if the problem is fixed” akan muncul gambar “Trobleshooting has completed” (pada bagian ini mendeteksi permasalahan yang ada pada Laptop Anda). Jika masalah tersebut dikarenakan Setting WiFi yang eror, maka yang dapat Anda lakukan adalah mengatur fitur WiFi Sense dengan langkah-langkah berikut ini :
- Klik pada menu “Setting” pilih “Network & Internet” kemudian klik “WI-FI” dan untuk selanjutnya  “Manage WiFi Settings”.
- Pada bagian Wi-Fi Sense, Anda perlu mematikan options menu “Connect to Suggest Open Horspots” dan menu “Connect to Networks Shared by My Contacts” saat mengklik icon “OFF” yang terletak diatas WiFi Sense. Kemudian sambungkan kembali WiFi pada WiFi Router/Wifi Hotspot. 
- Sebelum Anda terapkan cara tersebut, sebaiknya sambungkan Laotop pada sambungan Internet dengan menggunakan USB Theatering melalui Smartphone. Atau Anda juga bisa menggunakan kabel LAN untuk menyambungkan ke WiFi Router.
4. Selanjutnya, Anda dapat mengatasi masalah Laptop yang tidak bisa Connect dengan WiFi Windows 10 dengan Mengecheck Windows Updates. Hal ini merupakan salah satu solusi yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah-langkahnya antara lain :
Klik “Settings” pada Update Driver >” Update & Security” > “Windows Update” > Kemudian klik “Check for Update” . Lalu tunggu sampai ada notifikasi pembaharuan. 
Jika Anda telah meng-upgrade Windows 10 pada Laptop, Upgrade tersebut otomatis akan didownald dengan sendirinya. Anda hanya tinggal membiarkan saja Windows 10 melakukan update setiap kali menggunakan Laptop. Karena Update tersebut akan memperbaiki kinerja Windows 10 dan membantu mengatasi Bug atau masalah pada Laptop Anda.
5. Anda juga bisa mengecheck fitur “VPN Software” karena sangat memungkinkan menjadi penyebab masalah Wifi yang tidak bisa connect setelah Upgrade. Kemudian Anda dapat mengunjungi situs web Miscrosoft Windows 10 dan mendownald driver  “Tool Trobleshooter” yang disarankan oleh Tool tersebut.
6. Jika Komputer Desktop Anda mengunakan WiFi card, maka bisa melihat nama Chip WiFi card yang digunakan. Biasanya Chip tersebut diproduksi oleh Intel, Broadcom / Qualcomm, dan Realtek. Setelah itu, kunjungi situs webnya dan downald driver yang sesuai dengan Komputer Anda.

Demikian langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika Laptop tidak bisa connect WiFi Windows 10. Anda dapat mudah mengatasi masalah yang terjadi dengan sendirinya. Semoga uraian dari kami bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel