Cara Meningkatkan Performa Laptop Paling Ampuh, Solusi Lancar Tanpa Lemot!

Cara Meningkatkan Performa Laptop - Bukanlah hal yg sulit , bagi anda yang sering mengalami permasalahan dan kendala terhadap kinerja laptop yang lemot itu pasti sangat menjengkelkan. Di zaman era modern ini laptop maupun PC (Personal Computer) begitu besar sumbangsih peran yg dilakukannya untuk kita. Mulai dari pekerjaan kantor, jual beli, sampai mengerjakan tugas mampu dikerjakan laptop. Terkadang laptop yang lemot (lambat dalam pengoperasian software) sering terjadi pada laptop yang telah berumur tua.

Cara Meningkatkan Performa Laptop


Untuk anda yang memiliki laptop sudah berusia belasan tahun dan mengalami masalah seperti itu, dianjurkan untuk anda jangan gegabah dalam mengambil tindakan untuk segera membeli laptop yang baru. Ada beberapa faktor yang memicu  kerusakan tersebut, dugaan yang paling kuat problematika itu berasal dari RAM dan Hardisk. Nah untuk ini ada cara yang mudah untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan tune up perangkat lunak laptop ataupun dengan cara mengganti RAM atau Hardisk. Dan ini lebih murah biaya nya di bandingkan membeli laptop/PC yang baru. Untuk lebih lengkapnya terkait  cara meningkatkan performa laptop, kami Watpedia akan menuliskan beberapa solusinya berikut ini. Secara garis besar terbagi menjadi 2 :

Cara Meningkatkan Performa Laptop Dengan Mengganti Hardware Komputer/Laptop

 
Cara meningkatkan performa laptop dapat dilakukan dengan mengganti RAM dan Hardisk lama dengan yang baru. Perangkat ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer anda agar tidak lambat. Anda juga bisa mengupgrade RAM yang semula 2 GB menjadi 4 GB. Apabila laptop anda sudah support 4 GB dan masih merasakan laptop yang lambat sangat disarankan untuk mengganti Hardisk anda dengan SSD. Pada saat ini harga untuk SSD sudah turun dan tidak terlalu mahal. 
Solid State Drive atau yang biasa disebut dengan SSD memiliki kecepatan yang lebih unggul dibandingkan memperbesar Hardisk. Kecepatan SSD mampu mempercepat hingga 24 kali lebih cepat dibandingkan dengan Hardisk biasa. Bahkan, lebih cepat daripada Hardisk dengan kecepatan 7200 RPM. 

Cara Meningkatkan Performa Laptop Menggunakan Software dan Tools

 
Selain dengan mengganti RAM ataupun Hardisk laptop anda juga bisa menggunakan cara yang kedua yaitu  Cara meningkatkan performa laptop menggunakan Tools dan Softtware yang bisa anda unduh dengan gratis. Bagaimana caranya? Mari simak cara berikut ini.

1. Membersihkan Malware Berbahaya Menggunakan Aplikasi Antivirus

Membersihkan laptop dari berbagai macam virus-virus dan Malware berbahaya juga sangatlah penting. Agar data yang terdapat di dalam laptop tetap terjaga. Mengingat pada saat ini banyak sekali bermunculan virus dan trojan yang berbahaya sangat disarankan untuk anda meng-install Antivirus. Ada banyak macamnya Antivirus yang dapat anda install untuk laptop. Pilihlah yang tepat dan tidak menambah beban kapasitas RAM laptop anda.

2. Uninstall Aplikasi dan Program Yang Tidak Berguna

Menguninstall  program berkaitan dengan penggunaan RAM. Setiap program-program yang anda install akan tersimpan di data C, baik berupa program yang berguna ataupun yang tidak lagi digunakan. Uninstall semua aplikasi dan program yang sudah tidak lagi anda gunakan untuk meringankan beban RAM laptop anda. Cara yang termudah bisa anda lakukan dengan  masuk menu Start > Control Panel > Uninstall a Program, setelah itu anda cukup menunggu sampai proses Uninstall program selesai.

3. Meminimalisir Program Yang Berjalan di Startup

Banyak dari anda yang belum tahu apa itu startup. Startup program yaitu program yang berjalan secara otomatis tanpa dibuka terlebih dahulu. Anda bisa mengurangi jumlah program yang berjalan secara otomatis ini dengan perintah Run atau klik tombol win+R pada Keyboard anda. Ketika sudah terbuka klik di kolom pencarian dan cari MSCONFIG lalu tekan Enter. Dan pilih tabel yang berisikan Startup. Akan ditampilkan jendela yang berisikan berbagai program yang berjalan di Startup. Centang untuk program yang anda inginkan tetap berjalan dan sebaliknya batalkan centang yang terdapat pada program yang tidak anda inginkan. Kemudian klik Ok atau Apply.

4. Menghapus Berkas dan File di Recycle Bin

Fungsi dari Recycle Bin sangatlah penting bagi laptop anda yaitu menyimpan semua berkas dan file yang belum dihapus secara permanen. Biasanya terdapat icon kotak sampah bertuliskan Recycle Bin  yang terdapat di dekstop laptop. Klik icon tersebut dan bersihkan semua berkas agar meringankan beban laptop anda. Bagaimana cara menghapus permanen berkas dan file? Nah untuk menghapus secara permanen dan tidak tersimpan di recycle bin anda bisa lakukan Dengan menekan tombol Shift + Delete pada berkas yang anda inginkan terhapus secara permanen.

5. Melakukan Defragment Penyimpanan Windows

Ketika anda menyimpan data file pada komputer anda berkas tersimpan dalam bentuk blok. Dan sering terjadi data anda akan terpencar-pencar, dan ketika anda  menyimpan data yang baru tindakan ini akan  menimpa blok-blok sebelumnya yang tidak digunakan. Fungsi dari Defragment ialah untuk menata ulang file-file anda yang tercerai berai dalam bentuk blok dan merapikannya. Untuk menjalankan perintah ini klik tombol Windows yang terdapat di kiri bawah cari di kolom pencarian "Disk" klik "Disk Defragmenter" dan pilihlah data yang anda inginkan, kemudian untuk mengakhiri proses ini klik tombol "Defragment Disk". Setelah semua ini usai maka berkas dan file-file anda akan rapi kembali.

6. Cleanup Local Disk C

Local Data Disk C juga memiliki batasan penyimpanan yang akan penuh bila sudah waktunya. Jika Local Disk sudah berwarna merah dan terdapat sebuah peringatan full gunakan fitur Utilitas bawaan yang tersedia untuk melegakannya dari Junk/Temporary. Caranya cukup mudah, dengan klik kanan pada Disk C pilih Properties. Dan ketika jendela Properties terbuka klik perintah Disk Cleanup. 

7. Optimalisasi Virtual Memory

Pada dasarnya Windows telah memiliki Default tersendiri untuk mengatur Virtual Memory yang berjalan dan ini disesuaikan dengan kapasitas RAM komputer  anda. Anda bisa mempercepat (mem-Bost) sistem dengan cara meningkatkan jumlah Virtual Memory. Yang perlu anda ingat dari ini. Ialah, anda mampu meningkatkan hingga 3 kali kelipatan jumlah RAM yang terpasang di laptop. Adapun caranya dengan tekan tombol win+Pause Break dan anda akan membuka Windows System. Tindakan selanjutnya klik menu Advanced System Setting. Kemudian pada tampilan Windows System Properties klik  Setting pada menu Performance. Di Performance System, klik tab Advanced lalu klik tombol Change dj menu Virtual Memory. Dan hilangkan centang yang terdapat pada tulisan Automatically Manage Paging File Size For all Driver. Dan langkah terakhir pilihlah drive yang akan kamu gunakan sebagai Virtual Memory serta isikan Memory di Custom Size.

Semoga artikel dari kami Watpedia bermanfaat bagi para pembaca budiman mengenai Cara meningkatkan performa laptop. Demikianlah beberapa cara yang dapat anda lakukan di laptop dan masih banyak lagi lainnya cara yang bisa anda lakukan selain yang telah disebutkan di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel