Cara Membuat Hotspot Di Laptop Windows 7 No Hoax


cara membuat hotspot di laptop windows 7


Di jaman serba harus online begini, jaringan internet memang sebuah kebutuhan utama demi kelancaran proses hidup, baik itu pendidikan, pekerjaan, maupun aspek-aspek sosial maya lainnya. tak terelakkan lagi, pertanyaan seputar cara membuat hotspot di laptop windows 7 banyak menjadi sebuah tanda tanya.

Laptop dengan tipe windows 7 memang memiliki cukup banyak penggemar, meskipun sudah muncul keluaran windows yang lebih terbaru, yakni windows 10. Alasannya, banyak orang merasa tipe ini lebih simpel dan mudah digunakan. Oleh karenanya, memberikan pembahasan mengenai cara membuat hotspot di laptop windows 7 memang banyak dicari banyak orang.

Cara Membuat Hotspot Di Laptop Windows 7 Dengan Setting 

Tanpa perlu mengulas kembali panjang lebar, langsung saja berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda tempuh supaya berhasil mencoba cara membuat hotspot di laptop windows 7:

1. Langkah pertama, pastikan dahulu laptop dalam keadaan baterai terisi penuh serta jaringan wifi sudah tersedia.
2. silahkan masuk pada bagian control panel.
3. Pilih opsi network and sharing center
4. jika sudah, langsung klik bagian manage wireless network
5. klik bagian tersebut, kemudian akan muncul kotak pilihan, tekan tombol add
6. jika berhasil muncul layar baru, klik bagian create ad hoc network kemudian langsung next
7. Pada bagian ini, akan muncul kolom yang meminta Anda untuk memasukkan security type dan security key. Caranya, isi bagian security type dengan username / nama jaringan Anda, kemudian kolom security key diisi dengan pasword dari jaringan wifi tersebut.
8. Jika sudah, klik save this network for all users of this computer / bisa juga memilih bagian save this network for me only. Apabila Anda memilih langkah ini, pengguna tidak perlu berulang kali memasukkan pasword karena digit tersebut sudah tersimpan di dalamnya.
9. Apabila Anda ingin berbagi jaringan dengan teman di sekitar Anda, maka caranya, silahkan klik menu setting adapter properties. Jika ingin lebih mudah, langsung ketikkan nama tersebut pada kolom pencarian.
10. Selanjutnya, pilih opsi sharing.
11. jika sudah, centang bagian opsi allow other network users to connect throught this computer’s internet connection
12. langsung pilih oke / yes
13. setelah selesai dengan tutorial ini, pengguna sudah dapat menggunakan layanan hotspot pada laptop yang mengaplikasikan windows 7.

Cara Membuat Hotspot Di Laptop Windows 7 Menggunakan CMD

Selain menggunakan perubahan setting sebagaimana diatas, cara membuat hotspot di laptop windows 7 bisa juga dilakukan dengan cara melakukan pengaturan CMD atau biasa juga disebut Command prompt. Langkah ini ampuh dicoba apabila cara pertama diatas tidak berhasil, sebab bagian ini melibatkan alamat ekstern. Tapi tenang, sebab metode ini sudah dijamin aman. Penasaran, caranya? Berikut tutorialnya:

1. pertama pastikan bahwa komputer atau laptop dalam keadaan menyala normal serta sudah tersedia jaringan internet memadai. Jaringan internet ini bisa berasal dari wired atau jaringan berkabel maupun wifi wireless
2. jika semua sudah siap, silahkan menuju kotak menu kemudian ketikkan command dan cmd kemudian klik kanan dan pilih run as administrator.
3. Apabila command prompt sudah terbuka, silahkan menuliskan kode ini “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=catatanshand key=catatanshand12345” Langsung klik Enter. Pengguna juga dapat mengganti user name dan pasword tersebut.
4. Setelah perintah pertama sudah diterima, akan muncul kolom lagi. sekarang masukkan kode ‘netsh wlan start hostednetwork’ (tanpa tanda petik). Langsung tekan enter.
5. Jika sudah, apabila catatan-catatan keterangan sudah muncul / biasa disebut the hosted network started, kini pengguna dapat mengecek icon wifi yang tertera disana.
6. Apabila sudah muncul icon wifi, klik gambar tersebut lalu tekan bagian open network and sharing center.
7. Selanjutnya akan muncul tampilan setting penuh pada laptop. Disana akan tertera jaringan wifi yang diterima oleh laptop serta jaringan yang Anda buat dengan nama Anda, sebagaimana langkah yang sudah dilakukan diatas.
8. Silahkan klik jaringan akses internet Anda.
9. Di tampilan yang baru, Anda perlu mencari tombol properties yang terdapat di bagian bawah, kemudian klik.
10. Pada kotak dialog yang muncul, silahkan klik sharing.
11. Selanjutnya, centang pilihan-pilihan yang belum ada tAnda centang. Pengguna sekaligus juga memilih adapter mana yang akan menjadi objek penerima jaringan internet Anda.
12. Terakhir klik tombol oke. Silahkan cek apakah hotspot Anda sudah dapat diakses oleh laptop maupun hp sekitar Anda?

Keuntungan Menggunakan Hotspot Pada Laptop Windows 7

cara membuat hotspot di laptop windows 7


Nah, jadi demikianlah 2 cara mudah dan wajib untuk coba diterapkan pada laptop para pembaca, terutama yang memiliki laptop dengan klasifikasi windows 7. Berbeda windows tentu beda cara ya,, pertanyaan selanjutnya, pentingkah menerapkan cara membuat hotspot di laptop windows 7? Jawabannya akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Lebih Mudah untuk Saling Berbagi

Kepentingan pertama, tentu Anda jadi lebih leluasa untuk membagi jaringan internet tersebut bersama dengan orang sekitar. mengingat jaringan ini sangat penting, tentu akan banyak orang di sekitar yang membutuhkan bukan?
Jangan sampai ketika teman minta bantuan, Anda harus menolaknya dengan alasan tidak dapat mengaplikasikan hotspot laptop. Selain alasan jujur ini cukup terdengar tidak keren, Anda juga bisa terkesan enggan.

2. Terkesan Anti-Gaptek

Sebenarnya, mengaktifkan layanan hotspot pada laptop tidaklah sulit sebagaimana tutorial diatas. Namun demikian, tidak semua orang dapat melakukannya. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa orang yang dapat mengaplikasikannya sebagai orang modern dan melek IT.
Meskipun terkesan sepele, anggapan demikian cukup berdampak pada pengguna. Misalnya, bisa menambah rasa percaya diri Anda dihadapan para teman, lebih bergairah dan semangat ketika mengerjakan tugas kelompok bersama teman-teman, dan tentu saja, jaringan stabil akan membuat tugas lebih cepat selesai.

3. Fasilitas Layanan Windows Tak Sia-Sia  

Bahkan terkadang beberapa orang tidak menyadari bahwa laptop nya dapat digunakan untuk melakukan hotspot kepada teman yang lain. sayang bukan, layanan ini jadi tidak terpakai? Oleh karenanya, mengikuti langkah cara membuat hotspot di laptop windows 7 sebagaimana diatas, pertAnda bahwa Anda tidak menyia-nyiakan fasilitas windows 7 tersebut.

4. Tugas Bersama Menjadi Lebih Cepat Selesai

Apabila sedang mengerjakan tugas bersama-sama, tak jarang sinyal setiap orang jadi tak stabil. apalagi jika menggunakan wireless indihome yang sedikit terbatas. Apabila salah satu anak menggunakan hotspot pada laptop nya, maka teman lainnya dapat menyambungkan pada laptop tersebut. Strategi begini pada umumnya berhasil dipakai sebagai manipulasi agar kecepatan wifi lebih berimbang digunakan antar orang. Tugas pun jadi lebih cepat selesai.   

Demikian penjelasan mengenai step cara membuat hotspot di laptop windows 7 semoga bermanfaat dan dengan segera dapat dipraktekkan ketika di rumah, warung kopi, gedung perkuliahan, atau lain sebagainya. jangan lupa juga untuk selalu menyimak berbagai artikel alamat website ini yang dijamin selalu informatif dan no hoax. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel