Cara Instal Ulang Laptop Sendiri Dengan Mudah, Solusi Tepat Tanpa Ke Konter!

Cara Instal Ulang Laptop - Laptop merupakan perangkat elektronik yang berperan penting dan dibutuhkan kebanyakan orang saat ini. Laptop bisa dibawa kemana-mana sebagai pengganti komputer. Sebagai alat elektronik maka perlu melakukan instal ulang untuk memperbarui perangkat agar laptop yang anda gunakan menjadi semakin baik.

Cara Instal Ulang Laptop


 Terkadang anda menggunakan laptop dengan berbagai aplikasi tetapi tidak tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan didalamnya. Maka di artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menginstal ulang Laptop dengan mudah. Jika laptop kalian bermasalah maka artikel ini bisa menjadi referensi terbaik. Perlunya menginstal adalah agar laptop tidak lemot atau software tidak terjadi masalah. Berikut adalah ulasan mengenai beberapa Cara Instal Ulang Laptop:

1.Back Up Data di Sistem Lama

Sebelum menginstal ulang maka perlu back up data agar seruluh data yang tersimpan di laptop anda tidak hilang. Buatlah folder- folder terpisah pada penyimpanan laptop anda. Anda harus memastikan agar anda bisa mengakses data itu kembali. Karena menginstal ulang laptop juga dapat membersihkan seluruh data yang ada di laptop anda. Anda bisa menggunakan USB flash drive atau harddisk eksternal untuk menyimpan data- data penting dari laptop anda sebelum di instal ulang.

2.Mencolokan Charger Laptop ke dalam Stop Kontak

Instal ulang biasanya memperlukan waktu yang cukup lama sehingga untuk mengantisipasi laptop anda kehabisan baterai maka anda perlu mengcharger laptop agar laptop tidak kehabisan baterai saat di instal ulang.

3.Menyiapkan OS Driver 

Agar bisa menginstal ulang laptop maka perlu menyiapkan driver yang akan digunakan untuk menginstal ulang laptop untuk mendapatkan driver maka anda memperlukan driver yang baru. Anda bisa mendapatkan driver tersebut dengan mengaksesnya di google atau meminta file dari teman- teman anda. Atau juga anda bisa mendapatkan di tempat servis.

4.Menyiapkan Instalan Operasional Sistem yang Baru

-Gunakan flash disk yang berukuran minimal 8 GB
-Isi flash disk driver windows yang akan di instal ulang
-Colokan flash disk ke laptop
-Buka software untuk membaca file di dalam flash disk
-Gunakan file untuk mengintal ulang laptop

5.Proses Instal Ulang Laptop

Cara Instal Ulang Laptop


Setelah semua persiapan maka kita akan memulai menginstal ulang laptop dengan cara yang pertama adalah dengan reset ke New State.
-Yang pertama adalah masuk ke menu “start kemudian masuk kedalam menu “setting untuk mengatur instalan yang akan digunakan
-Kemudian pilihlah “update dan security
-Lalu selanjutnya klik “recovery
-Lalu kemudian anda bisa menklik “reset this pc dan “Andvance start up
-Kemudian anda bisa klik “get started pada reset this PC
-Akan muncul pilihan untuk menghapus semua file dari laptop anda dan menghapus semua file yang berada di luar keamanan. Maka ini fungsi dari back up agar mengamankan data yang penting.
-Setelah selesai maka akan muncul intruksi dari windows dan tinggal anda klik klik sesuai keinginan anda
-Reset ini memang memerlukan waktu yang cukup lama karena akan membuat instal ulang laptop anda dengan mudah
-Restart ulang agar anda mengetahui hasil dari instal ulang anda apakah berhasil atau tidak.
Kedua adalah dengan cara instal ulang dengan format yang manual :
-Pertama yang anda lakukan adalah restart laptop kemudian saat boot anda bisa menekan tombol F1, F2, F* dan juga F10 tergantung kebutuhan anda
-Pilihlah “Bios Setup”
-Kemudian klik “Boot tab”
-Buat folder boot berada di flaks diks drive
-Kemudian simpan
-Kemudian proses boot akan membaca flask diks atau CD yang digunakan untuk instal ulang. Hal ini juga akan menghapus data di laptop yang anda miliki.
-Setelah itu klik DBAN kemudian klik tombol “j dan “k untuk menghapus file pada driver
-Setelah selesai klik F10 untuk memulai proses menghapus.
-Kemudian masuukkan CD atau Flaks diks yang terisi windows untuk menginstal ulang laptop
-Langkah ulang instal windows akan muncul dan anda tinggal mengikuti arahan dari proses tersebut
-Terakhir akan ada permintaan untuk menulis serial number. Masukkan serial number sesuai dengan serial number windows instalan dan tunggu sampai proses instal selesai mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Itulah tadi beberapa Cara Instal Ulang Laptop dengan mudah dan bisa anda lakukan sendiri akan menghemat biaya penanganannya. Semoga artikel ini menjadi pengetahuan yang lebih lanjut untuk anda sehingga dapat membantu anda dalam menginstal ulang laptop dengan mudah. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel