Tips mudah menjaga gigi dan gusi tetap sehat!



Angkat tangan dulu yang jarang sikat gigi,sebelum dimulai pembahasanya!
Fakta loh, kebanyakan orang cenderung menyepelekan kesehatn gigi dan gusinya bahkan sampai mengabaikannya.



Padahal nih yah, kalau gusi dan gigi kita rusak. Akan memicu munculnya penyakit berbahay loh!
Menurut artikel yang pernah saya baca sih, kerusakan gusi bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung! Serem banget kan…
Terus gimana sih cara mengobati sakit gigi?!
Mari kita bahas caranya dibawah ini!

#Yang pertama adalah mengosok gigi secara rutin

Ini cara yang paling simple dan tidak makan waktu banyak!
Kamu harus mulai menggosok gigi secara ruti, setiap hari! Atau minimal 2 kali sehari..
Saat menggosok gigi, pastikan kamu melakukanya dengan benar yah, agar semua bagian gigi bisa dibersihkan, tips saat kamu menggosok gigi adalaah :

·         Lakukan berulang dengan gerakan melingkar
·         Lakukan dengan pelan-pelan
·         Jangan terlalu keras dan cepat

Kenapa tidak boleh terlalu keras dan cepat?! Karena pada gigi dan gusi memiliki area yang sensitive dengan gesekan. Kalau kamu melakukanya dengan keras dan cepat, gusi kamu akan mengalami pendarahan.

#Yang kedua adalah Lakukan pembersihan sela gigi

Sela-sela gigi, harus juga kita perhatikan. Karena mungkin saja masih tersisa makanan walaupun kita sudah menggosok gigi, apalagi kalau habis makan paku. Sisa makanan yang tersisa didalam sela-sela gigi bisa membusuk dan menjadi bakteri yang bisa merusak gigi loh!
 Untuk solusinya, kamu bisa menggunakan dental floss atau menggunakan benang tali tipis, untuk membersihkan sela-sela gigi. Lakukan dengan hati hati yah! Ingat jangan menggunakan jarum jahit untuk membersihkan sela-sela gigi.



#Yang ketiga adalah menggunakan fluoride

Kamu perlu banget tahu nih, kalau bahan aktif fluoride ini bisa menglindung permukaan gigi dari serangan bakteri loh dan juga bisa mencega pengeroposan. Itulah alasan kenapa pada pasta gigi kita mengandung bahan aktif ini dan bukan sambal!

Tapi perlu di ingat, menggunakan pasta gigi terlalu berlebihan juga tidak baik loh, karena jika kamu terlalu banyak menggunakan pasti gigi, atau mengosok gigi terlalu sering. Mulut kamu akan berasa seperti ada sabun didalamnya, dan kondisi seperti akan berlangsung lama loh! ngeri kan…
Intinya, gunakan apa yang baik dengan cara yang cukup!

#Yang ke empat adalah Jangan merokok lagi

Nggak ada pembahan untuk point ini, udah jelas bahwa meroko itu merusak!
Nggak usah protes!
#Yang ke empat adalah mengunjungi dokter gigi secara rutin

Sangat disarankan untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin, karena selain dokter gigi biasanya cantik dan ganteng, mengunjungi dokter gigi akan membuat kamu lebih mengerti tentang kesehatan gigi.
Dan mengatasi masalah kamu yang sudah terlanjur terjadi, seperti karang gigi dan gigi berlubang yang harus benar-benar ditangani dokter.

Kunjungan rutin ini, tidak harus setiap hari datang yah! Cukup dengan beberapa bulan sekali saja atau saat kamu merada bermasalah dengan mulut kamu.

#yang kelima adalah menggunakan cairan kumur

Walaupun saya tidak menyarankan hal ini, tapi karena banyak yang menyarankan jadi saya masukan saja! Menggunakan obat kumur setelah sikat gigi, bisa membersihkan mulut kamu dari sisa-sisa kotoran yang tersisa.

Kenapa saya tidak menyarankan?! Karena biasanya obat kumur mengandung alcohol, dimana akan membuat mulut kita kering jika terlalu sering menggunakannya!

Oke deh, sekian dulu artikel dari saya tentang kesehatan gigi dan mulut, semoga bermanfaat untuk kamu yah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel