Kenapa Gigi Yang Sakit Tidak Boleh Di Cabut?


Kamu pernah sakit gigi?! Kalau belum pernah berarti ada masalah dengan keadilan di dunia ini, hehehehe, Sakit gigi wajib dirasakan oleh setiap wanita, karena sakitnya lebih parah dari sakit hati!
Kalian harus coba deh!

gigi tidak boleh di cabut

Nah kali ini kita akan membahas tentang, kenapa sih nggak boleh dicabut saat gigi sakit?!

Hal ini menjadi pro dan kontra loh, ada yang memboleh kan, namun banyak dokter yang melarang hal tersebut, kenapa yah kira-kira?!
Pelarangan  itu berdasarkan kekhawatiran terjadinya infeksi, itulah mengapa dokter selalu menunda pencabutan pada pasien yang mengalami masalah pada giginya, dan diberikan obat antibiotic sampai rasa sakitnya mereda, baru gigi tersebut bisa dicabut!

Namun dokter akan melakukan tindakan pencabutan, pada kondisi tertentu. Seperti misalnya untuk menghilangkan sumber infeksi. Pencabutan ini akan lebih mencabut sumber infeksi dan membuat pasien sembuh lebih cepat.

Walaupun dokter bisa mencabut gigi pada kondisi tertentu, tetap dokter harus melandasi tindakanya itu dengan pemahaman mendalam tentang diagnosa pasien.

Jika diagnose pasien menyatakan, penyebab infeksi berada didaerah radicular (ujung akar) maka tindakan pencabutan bisa dilakukan
Namun jika diagonosa pasien menyatakan, selulitis yang sifatnya akut, nyeri yang parah dan menyeluruh, beukuran besar, dengan pembengkakan yang tidak berisi nanah, biasa tindakan pencabutan akan di tunda, dengan memberikan pasien antibiotik sampai rasa sakitnya hilang dan baru bisa di cabut gigi  penyebab infeksi itu.

Jika kasus yang terjadi lebih buruk seperti : terjadi infeksi yang menyebar dengan cepat,  progresif, kesulitan bernafas dan juga menelan, infeksi melibatkan spatium-spatium di sekitar wajah mengalami demam tinggi, dan mulut sulit dibuka, maka jalan yang terbaik adalah dengan segera membaha ke dokter gigi spesialis untuk mendapatkan perawat yang tepat, dan mencegah kondisi yang lebih parah!

Nah itu dia alasan kenapa kita tidak boleh mencabut gigi dan boleh mencabutnya.Dari pro dan kontra yang terjadi, ternyata semuanya benar yah! Tapi dalam kondisi tertentu tindakan yang diambil harus benar-benar sesuai dengan diagnosa pada pasien.

Semua nya memang harus ditangani oleh ahlinya, kita sebagai orang awam tidak boleh bertindak gegabah dengan memutuskan menyembuhkan diri sendiri,  hal itu akan sangat membahayakan!
Sekarang sudah tau kan, kenapa gigi sakit tidak boleh dicabut! Sekarang kita cari tahu yuk, apa sih fakor penyebab dari sakit gigi itu, kita simak pembahasanya dibawah ini yah!

Sakit gigi yang kita rasakan, biasanya muncul sebagai tanda dari penyakit lain yang ada pada tubuh kita,
Atau memang kondisi  yang terjadi di mulut kita, berikut dibawah ini adalah faktor penyebabnya :

Gigi berlubang atau tambalan gigi yang rusak
Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak)
Gigi patah
Gigi tanggal
Peradangan atau infeksi pada gigi atau gusi
Muncul nanah di gigi
Gusi bengkak
Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal
Pembusukan gigi
Permasalahan pada kawat gigi
Kebiasaan menggeretakan gigi (bruxism)

Dan berikut dibawah ini adalah, sakit gigi yang diakibatkan dari penjalaran nyeri dari bagian tubuh lain yang mengalami gangguan :

Sinusitis
Penyakit jantung
Kanker paru-paru
Gangguan saraf wajah (trigeminal neuralgia).

Melihat dari point dimana sakit gigi juga merupakan penjalaran nyeri dari penyakit mengerikan lainnya, harusnya membuat kamu cepat berkonsultasi ke dokter yah jika mengalami sakit gigi!

Demikian artikel dari saya tentang gigi sakit yang tidak boleh dicabut, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yah! Semangat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel