Beberapa Jenis Mobil Listrik yang Diproduksi Saat Ini

Mobil listrik belakangan ini memang diminati oleh banyak orang, tidak terkecuali para artis di Indonesia. Seperti Deddy Corbuzier yang beberapa hari yang lalu membeli mobil listrik Tesla Model 3 yang katanya bisa lolos dari aturan ganjil genap. Mobil listrik Tesla Model 3 yang dibeli oleh Deddy Corbuzier ini termasuk ke dalam jenis mobil listrik yang bernama Batter EV yang akan kita bahas nanti.

Jenis Mobil Listrik


Mengapa mobil listrik bebas aturan ganjil genap? Karena mobil listrik yang tidak mempunyai emisi dan bebas polusi udara yang menyebabkan mobil listrik termasuk ke dalam 12 kendaraan yang bebas aturan ganjil genap. Mobil tipe ini ternyata memiliki banyak jenis yang perlu diketahui. Dan  berikut beberapa jenis mobil listrik yang diproduksi di dunia:

Hibrida Electric Vehicle (HEV)

Mobil listrik yang berjenis HEV ini tidak membutuhkan charging station, namun mobil ini tetap efisien dalam mengonsumsi bahan bakar karena menggunakan teknologi baterai. Mesin pembakaran sebagai penggerak dan satu motor listrik merupakan pelengkap yang ada pada mobil listrik jenis ini. Harga mobil jenis HEV ini biasanya lebih mahal ketimbang mobil bermesin bahan bakar ICE.
Di Indonesia sendiri ada banyak mobil listrik yang termasuk ke dalam kategori HEV seperti Mercedes Benz, BMW, beberapa model mobil Lexus, C-HR Hybrid dan Camry Hybrid.

Plug-in Hibrida Electric Vehicle (PHEV)

Mobil listrik yang satu ini memiliki satu motor listrik dan satu ICE pada komponennya. Dalam pengisian baterainya, mobil ini dapat diisi oleh mesin menggunakan soket yang terhubung ke listrik. Mobil berjenis PHEV ini lebih mahal dibandingkan dengan mobil listrik berjenis HEV. Salah satu keunggulan mobil listrik jenis ialah mampu mengisi dayanya sendiri dengan menggunakan mesin atau colokan.

Salah satu mobil listrik yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu mobil BMW i8 yang telah diperkenalkan di Indonesia. Mobil listrik jenis ini juga bisa menjadi “generator” untuk menghasilkan listrik yang bisa mengaliri rumah. Itulah salah satu keunggulan mobil jenis ini yang bisa Anda gunakan ketika listrik di rumah Anda sedang padam.

Battery EV

Mobil listrik yang dibeli oleh Deddy Corbuzier termasuk ke dalam jenis ini. Mobil listrik jenis ini hanya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak utama kendaraan. Pengisian daya listrik sama seperti mobil jenis PHEV yang menggunakan colokan, tetapi baterai mobil ini tidak bisa diisi menggunakan mesin. Harga mobil BEV ini lebih mahal daripada mobil jenis PHEV.
Di dunia, ada banyak mobil listrik yang berjenis ini. Tetapi, mobil ini belum memiliki produsen di Indonesia sehingga banyak orang di Indonesia yang masih belum mengetahui mobil jenis tersebut. Salah satu mobil yang termasuk jenis ini ialah Tesla.

Fuel Cell EV

Jenis mobil listrik yang terakhir ialah mobil listrik jenis Fuel Cell EV yang menggunakan inovasi baru. Mobil jenis ini menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar listriknya. Salah satu merek yang terkenal dalam mengembangkan mobil jenis ini ialah Hyndai yang berlokasi di korea.

Menteri perindustrian Airlangga Hartanto pernah menjajal Hyndai Nexo ketika sedang pergi ke korea belakangan ini. Kemungkinan besar, mobil jenis ini akan mulai dilirik oleh berbagai produsen mobil listrik yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa jenis mobil listrik yang diproduksi di dunia belakangan ini. Bagi Anda yang sedang berencana membeli mobil listrik, silahkan pilih salah satunya dengan menyesuaikan budget sekaligus kebutuhan kendaraan.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Jenis Mobil Listrik yang Diproduksi Saat Ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel