Tak Hanya Punya Kelebihan, Ini Kelemahan Mobil Listrik

Mobil listrik memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil biasa, tetapi mobil listrik juga memiliki kekurangan yang tidak bisa dipungkiri. Meskipun kelemahan mobil listrik nanti sudah Anda ketahui, namun setidaknya Anda berusaha untuk menjaga lingkungan dengan tidak memakai mobil biasa dan memilih mobil listrik. Kekurangan mobil tersebut bisa menjadi pertimbangan sesuai dengan kebutuhan saja.

Tak Hanya Punya Kelebihan, Ini Kelemahan Mobil Listrik


Belakangan ini, mobil listrik sedang diupayakan di Indonesia agar jenis tersebut bisa menggantikan mobil biasa dan tentunya menjaga lingkungan dari polusi udara. Untuk itu sebelum membeli dan menggunakan mobil listrik, sebaiknya Anda mengetahui kelemahannya. Berikut beberapa daftar kelemahan mobil listrik yang dimaksud.

Tempat Pengisian Bahan Bakar

Ini adalah masalah dan kekurangan pertama yang dimiliki oleh mobil listrik khususnya di Indonesia, karena minimnya tempat pengisian bahan bakar yang ada di Indonesia menyebabkan mobil listrik susah berkembang  di sini. Sejauh ini, tempat pengisian bahan bakar di Indonesia ada di dua tempat, yaitu Kantor BPPT dan Serpong.

Listrik Tetap Berbayar

Walaupun mobil listrik tidak menggunakan BBM sebagai bahan bakar, tetapi bukan berarti Anda tidak membutuhkan bahan bakar sama sekali. Seperti namanya, mobil listrik menggunakan bahan bakar listrik yang berasal dari baterainya dan tentunya baterai tersebut harus diisi kembali dayanya jika sudah habis. Bila ingin membeli mobil listrik, Anda harus memperbesar daya listrik rumah di rumah dan ini pun akan memakan biaya.

Jarak yang Terbatas

Sejauh ini, jarak dan kecepatan mobil listrik masih dibatasi. Jarak tempuh maksimal rata-rata yang dimiliki oleh mobil listrik yaitu sekitar 160 km/jam. Karena masalah inilah mobil listrik masih kurang diminati karena mobil listrik tidak cocok untuk perjalanan jauh.

Lama Waktu Pengisian Baterai

Karena mobil listrik menggunakan baterai, maka baterai itu sewaktu-waktu perlu diisi dayanya agar mobil dapat digunakan kembali. Tetapi, untuk mengisi baterai mobil listrik diperlukan waktu yang lama yaitu sekitar 4-6 jam hingga daya baterai terisi penuh. Tentunya, waktu pengisian ini sangat lama jika dibandingkan dengan mobil biasa yang hanya cukup isi bensin saja.

Tak Ada Suara

Mobil listrik tidak memiliki suara sama sekali. Meskipun dengan begitu Anda tidak akan terganggu dengan suara bising yang biasa ditimbulkan oleh mobil biasa, tetapi hal ini juga dapat menimbulkan hal yang fatal. Dengan tidak adanya suara, maka seseorang tidak akan mengetahui jika di dekatnya ada mobil ldan tingkat kecelakaannya dapat disimpulkan menjadi lebih tinggi daripada mobil biasa.

Ukuran Mobil yang Masih Kecil

Kelemahan mobil listrik yang selanjutnya ialah mobil listrik hanya berukuran kecil dan tidak sebesar mobil biasa. Jadi, Anda tidak bisa jalan-jalan dengan menggunakan mobil listrik bersama keluarga karena ukurannya yang kecil ini. Demikian pula jika Anda membawa terlalu banyak barang. Namun, jika untuk jalan-jalan pribadi saja mobil ini masih recommended.

Mahal

Mahal di sini bukan berarti mahal harganya, tetapi mahalnya hal-hal yang berkaitan dengan mobil listrik yang Anda punya. Contohnya seperti mahalnya pajak mobil listrik. Masih ada banyak negara yang belum menurunkan pajak mobil listrik. Tidak hanya itu, baterai mobil listrik juga perlu diganti 3-10 tahun sekali serta harga listrik yang mahal untuk mengisi daya baterai mobil listrik.

Itulah beberapa daftar kelemahan mobil listrik yang perlu Anda ketahui Namun, kekurangan-kekurangan ini masih dapat diperbaiki pastinya seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya teknologi. sehingga terwujudnya tujuan untuk menjaga lingkungan dari polusi udara.

Belum ada Komentar untuk "Tak Hanya Punya Kelebihan, Ini Kelemahan Mobil Listrik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel