Pengertian Jaringan LAN Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Jaringan Komputer

Apasih jaringan computer itu? Jaringan Komputer adalah beberapa computer yang bisa salung terhubung satu dengan yang lainnya, sehingga dari computer ke computer lainnya bisa saling bertukar data atau bahkan berkomunikasi. Dalam Jaringan Komputer ini ada banyak sekali jenis nya, dari Mulai Jaringan LAN,MAN dan WAN dan kali ini akan membahas Jaringan Komputer yang berbasis LAN.

Pengertian Jaringan LAN Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Pengertian Jaringan LAN

Apa itu LAN? LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, dimana LAN ini biasanya digunakan untuk membangun sebuah jaringan computer, Jaringan LAN ini tidak luas, alias hanya pada lingkup ruang kecil saja, Seperti Perkantoran, sekolah atau Rumah. Jaringan LAN ini biasanya digunakan untuk berbagi sumber daya / informasi dalam sebuah instansi/Gedung. Dan LAN merupakan jaringan yang berdiri sendiri, bisa membuat computer saling terhubung tanpa harus tekoneksi dengan internet.

Dalam Proses Pembangunannya, LAN ini dibagi menjadi Dua Metode yaitu,
Wired (Kabel
dan Wireless ( Tanpa Kabel)

Untuk membangun jaringan LAN menggunakan Metode Wired, Teknisi akan menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN Wireless para teknisi akan menggunakan sinyal WIFI,

Pada umumnya Jaringan LAN yang digunakan di Tempat-tempat Kerja, Sekolah ataupun Rumah, menggunakan Router untuk membangun sebuah jaringan LAN, dimana Router ini akan menjadi pusat koneksi, yang akan menjadikan perangkat kita saling terhubung. Untuk sambungan jaringanya biasanya Router akan tersambung dengan sebuah kabel atau modem provider penyedia layanan internet.

Untuk kamut tahu, Perangkat Komputer juga bisa Loh dijadikan sebagai Pusat Jaringan, seperti Router.
Dalam hal ini Komputer akan menjadi Server dan computer atau perangkat lainnya menjadi Client. Walaupun tetap saja Komputer server ini harus terhubung dengan jaringan Penyedia layanan Internet, kalian bisa menggunakan Modem untuk melakukannya.

Lalu apa Kelebihan dari Jaringan LAN ini ?

Banyak kelebihan yang dimiliki Jaringan LAN, Berikut saya jelaskan dibawah :
Yang Pertama adalah, Jaringan LAN Memungkinkan untuk membagikan Resource atau dalam pengertian
Lain Jaringan LAN dapat membagikan Sumber Daya yang dimiliki sebuah computer kepada computer yang lain. Seperti Membagikan, FILE, PRINTER dan masih banyak lagi.


Yang Kedua… Fungsi dan Manfaat dari Jaringan LAN Adalah adanya Data Terpusat
Maksud dari Data Terpusat ini adalah, data yang berada pada satu tempat yaitu server jadi user client bisa saling mengakses file yang dimiliki computer lain.
Masih banyak lagi kelebihan Jaringan LAN, salah satunya yang sudah saya jelaskan di awal artikel bahwa, Jaringan LAN bisa berdiri sendiri tanpa adanya Jaringan Internet.

Sekarang Kita akan bahas kekurangan Jaringan LAN

Yang Pertama : Keamanan

Jaringan Komputer tentu harus memiliki keamanan yang andal, dan begitu juga pada jaringan LAN, dalam hal ini Admin yang bertugas menjadi Kemanan untuk mencegah file diakses oleh user illegal, Kemanan yang sering di bobol biasanya adalah kemanan pada Client tersebut, karena password yang dibuat mudah ditebak, atau bahkan tidak menggunakan password dalam membagikan FILE.

Yang Kedua : Infeksi Virus
Infeksi virus computer telah kita ketahui Bersama bahayanya, dan lebih berbahaya lagi ketika Infeksi virus tersebut menyerang server pusat, maka bisa dipastikan seluruh user client yang berada pada server pusat tersebut akan ikut terinfeksi.

Yang Ketiga adalah : MAHAL

Instalasi Jaringan LAN ini bisa menjadi biaya yang mahal ketika Jangkauan yang ingin anda buat terlalu luas, jika anda menggunakan jaringan LAN Jenis Kabel maka anda harus memasang kabel terlebih dahulu dan menyambungkannya satu persatu ke server pusat, dan untuk harga kabel permeternya sudah dipastikan mahal, atau kalau anda menggunakan LAN Jenis Wirelles mungkin tidak perlu memasang kabel, tapi jangkauan Wireless terlalu sempit, sehingga kemungkinan anda akan membeli Perangkat tambahan untuk menguatkan sinyal.

Kekurangan Lainnya dari Jaringan LAN Jenis Kabel adalah, anda mungkin perlu mengganti Kabel LAN yang sudah rusak, karena : Dimakan TIKUS, Karena USIA, atau Karena TERLIPAT.

Berikut di atas adalah penjelasan dari Pengertian Jaringan LAN Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Semoga bermanfaat dan membantu yah!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel