Ini Dia Jenis Makanan Sehat Yang Baik Dikonsumsi Sehari-Hari

Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari istirahat yang cukup, olahraga yang rajin hingga pola makan dan jenis makanannya. Berbicara mengenai kesehatan, maka jenis makanan sehat dalam hal ini berperan penting dan harus diperhatikan sebaik mungkin. Setiap orang perlu mengenali jenis-jenisnya sehingga bisa mengatur pola konsumsi dengan baik.



Secara umum, makanan sehat ini tentu adalah jenis-jenis makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Namun, tetap dengan tingkat konsumsi yang seimbang sehingga tidak berbalik menimbulkan masalah kesehatan tubuh. Nah, berikut ini daftar jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Daging Dan Telur

Sudah bukan rahasia lagi jika daging dan telur merupakan jenis makanan dengan tingkat kesehatan tinggi. Mengkonsumsinya secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus memberikan nilai gizi yang tinggi sehingga tidak boleh disepelekan. Paling tidak beberapa kali dalam satu minggu seseorang hendaknya mengkonsumsi telur, daging atau keduanya.

Beberapa kandungan dari jenis makanan sehat ini adalah protein dan zat besi dengan kadar yang tinggi sehingga sangat bermanfaat. Selain itu, baik daging maupun telor juga mengandung berbagai vitamin, lemak tak jenuh, kaya antioksidan dan membantu memenuhi kebutuhan mineral. Namun demikian, utuk tingkat konsumsinya harus tetap dijaga dan jangan sampai berlebihan karena efeknya juga tudak baik.

Ikan Dan Makanan Laut Sejenisnya

Selain telur dan daging, berbicara mengenai makanan sehat maka jenis ikan sangat pantas menjadi pilihan selanjutnya. Ikan juga mengandung protein dalam tingkatan yang cukup tinggi. Selain itu, masih banyak juga berbagai kandungan gizi lain yang sangat dibutuhkan tubuh dan bisa ditemukan dalam ikan, Jenis makanan sehat satu ini sangat mudah didapatkan di pasaran.

Selain kandungan protein, yang lebih penting dari ikan serta jenis makanan laut sejenisnya ini adalah kandungan omega 3 dan yodium. Selain sehat dan baik untuk kecerdasan otak, berdasarkan hasil penelitian, mereka yang sering mengkonsumsi ikan cenderung usianya lebh banyak dan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit pun juga lebih tinggi.

Susu

Susu merupakan makanan sehat dengan seribu manfaat. Susu sendiri pada dasarnya merupakan pelengkap dari daftar 4 makanan sehat. Dalam hal ini di antara kandungan susu yang sangat baik untuk tubuh adalah vuitamin, protein, mineral dan lemak yang sehat.

Jika seseorang tidak menyukai makanan sejenis daging atau  telur, maka kebutuhan gizi dari keduanya bisa dipenuhi melalui asupan susu yang cukup. Susu di sini juga menjadi sumber kalsium yang paling baik sehingga sangat disarankan. Jenis susu, adakalanya difermentasikan dalam bentuk yoghurt.

Kacang-Kacangan Atau Biji-Bijian Lain

Kacang-kacangan tentu tidak kalah mudah didapatkan diberbagai wilayah. Jenis makanan ini nampaknya sangat dibutuhkan oleh tubuh dan begitu dianjurkan untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis kacang atau biji-bijian sejenis yang tersebar di pasaran. Anda sebagai konsumen tinggal memilihnya saja sesuai selera masing-masing.

Kandungan penting dalam jenis kacang-kacangan ini adalah vitamin E dan magnesium. Tidak hanya sehat, jenisnya yang gurih dan renyah membuat kacang terasa berbeda dan banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Daftar jenis makanan sehat di atas sangat penting dikonsumsi dan menjadi sumber gizi bagi tubuh. Sebagaimana sudah dijelaskan diawal, tentu saja tetap dengan tingkat konsumsi yang seimbang. Dengan asupan nutrisi yang seimbang tersebut, maka perkembangan kesehatan tubuh, termasuk bagian otak dan syaraf akan semakin baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel