Daftar Makanan Pemicu Kanker Yang Tidak Banyak Disadari

Kanker adalah penyakit yang sangat membahayakan sesuai tingkatan yang diderita masing-masing pasien. Siapa saja bisa menderita kanker berbagai jenis. Awal aktifnya sel kanker sendiri bisa jadi disebabkan oleh hal-hal tertentu. Salah satunya bisa jadi berupa makanan. Makanan pemicu kanker pun ternyata banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.


Untuk antisipasi, tentu saja setiap orang perlu memperhatikan bagaimana pola makanannya sekaligus jenis makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai beberapa nama makanan pemicu kanker ini dikonsumsi secara berlebihan dan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Nah, untuk mengenalinya, silahkan simak beberapa daftar berikut ini.

Makanan Olahan

Berbagai jenis makanan kini bisa dijumpai dengan mudah. Apalagi kini banyak pengolahan makanan yang dilakukan dengan mudah pula dalam jumlah besar. Namun demikian, ini bukan kabar yang baik untuk kesehatan. Salah satu alasannya adalah karena makanan olahan bisa memicu terjadinya kanker maupun beberapa gangguan lain yang juga cukup serius.

Makanan olahan yang dimaksud di sini di antaranya seperti kue, roti, nugget dan beberapa jenis sesamanya yang biasa diproduksi secara bersamaan dalam jumlah besar. Selain meningkatkan risiko aktifnya sel kanker, makanan olahan ini nampaknya tidak baik untuk kesehatan secara umum karena bisa menyebabkan obesitas jika tingkat konsumsinya berlebihan.

Daging Olahan Dan Daging Merah

Daging juga bisa menjadi jenis makanan yang memicu seseorang menderita kanker. Ada dua jenis daging yang dimaksud kali ini, yakni jenis daging olahan dan daging merah. Daging olahan yang sudah banyak tersebar seperti hot dog, sosis, ham dan sejenisnya berisiko memicu kanker dengan sifat karsinogeniknya. Penyebabnya adalah penggunaan natrium sebagai pengawet daging-daging tersebut.

Selain daging olahan, beragam jenis daging merah juga masuk kategori makanan pemicu kanker. Di antara jenis daging merah sendiri adalah daging domba, daging sapi, maupun daging babi. Salah satu yang menjadi alasan kuat dalam hal ini adalah bahwa daging merah dengan kanker kolorektal dianggap sangat berkaitan sehingga bisa menjadi salah satu pemicu kanker.

Beragam Jenis Makanan Kaleng

Makanan kaleng kini beredar luas di tengah masyarakat di berbagai wilayah dengan berbagai bentuk pula. Dalam hal ini, makanan kaleng nampaknya sering dikaitkan dengan kanker di organ-organ tertentu seperti ovarium, kanker prostat maupun payudara. Biasanya, mereka yang sering mengkonsumsi makanan kaleng akan lebih berisiko menderita kanker di bagian-bagian tersebut.

Alkohol 

Sudah bukan rahasia lagi jika alkohol memang berbahaya bagi tubuh dalam berbagai aspek dalam dunia kesehatan. Alkohol ternyata juga bisa menjadi salah satu minuman yang menyebabkan kanker. Beberapa jenis kanker yang akan sangat berhubungan adalah kanker hati, kanker usus besar maupun tenggorokan. Risiko ini semakin besar lagi jika konsumennya juga merokok.

Kopi Dan Teh Dalam Kondisi Terlalu Panas

Mengkonsumsi teh maupun kopi adalah hal yang biasa. Namun, ternyata ini cukup berbahaya jika dikonsumsi dalam kondisi masih terlalu panas. Bukan hanya akan berefek pada lidah Anda yang akan seolah mati rasa, tetapi juga berponsi memunculkan kanker. Yang paling identik dengannya adalah kanker esophagus dan lagi-lagi bisa semakin tinggi risikonya bagi para perokok.

Melihat keterangan dari daftar makanan pemicu kanker di atas, bukan berarti makanan-makanan ini tidak bisa dikonsumsi. Yang paling penting adalah tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena efeknya bagi kesehatan tubuh secara umum pun tidaklah baik. Selain itu, bagi para perokok risiko terkena kanker nampaknya juga lebih besar sehingga berhenti merokok akan membawa efek yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel