Cara Mencegah Penyakit Stroke Yang Penting Untuk Diperhatikan

Ketika anda mendengar penyakit stroke, pasti dibayangan anda adalah penyakit mematikan yang hanya menyerang orang paruh baya, tapi realitanya penyakit ini juga menyerang kaum muda. Penyakit stroke sudah menjadi momok yang menyeramkan karena penyakit ini beakibat pada kelumpuhan sampai kematian. Karena itulah cara mencegah penyakit stroke penting diketahui.


Stroke merupakan sebuah kondisi dimana aliran darah yang menuju ke otak terhenti secara mendadak, sehingga kurangnya oksiden yang dibutuhkan sel otak, dan dapat merusak atau mematikan sel otak. Sebelum terlambat, penyegahan stroke harus dilakukan sedini mungkin. Namun anda tidak perlu cemas, karena stroke bisa dicegah dengan mudah, antara lain :

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pada umumnya orang yang sehat memiliki tekanan darah tidak lebih dari 120/80mmHg. Jika tekanan darah anda lebih dari itu maka anda harus behati-hati, karena tekanan yang darah yang tidak terkontrol memiliki resiko besar terkena penyakit stroke.

Menstabilkan tekanan darah dengan cara banyak makan buah-buahan dan sayuran, tidak mengonsumsi garam dalam jumlah besar, dan menghindari makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi.

Menjaga berat badan

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, disarankan untuk menurunkan berat badan, karena obesitas bisa meningkatkan serangan penyakit stroke. Bahkan Beberapa komplikasi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke biasanya disebabkan karena berat badan yang terlalu berlebih atau obesitas.

Oleh karena itu menjaga berat badan tetap stabil merupakan hal yang penting agar terhindar dari serangan penyakit stroke. Khususnya dengan bertambahnya usia, hal ini semakin penting menjadi perhatian.

Menjaga Pola Makan Dan Jenis Makanan

Mengonsumsi makanan sehat dengan pola yang baik sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus sebagai cara mencegah penyakit stroke. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin dan berlemak bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah sehingga resiko terkena hipertensi yang dapat memicu penyakit stroke sangat besar.

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin, serat, dan tidak mengandung lemak jenuh. Semua nutrisi tersebut biasanya dimiliki oleh sayuran, buah-buahan, daging rendah lemak, dan biji-bijian utuh.

Olah Raga

Melakukan olah raga secara rutin dapat menjaga berat badan tetap stabil, membuat jantung, dan sistem peredaran darah tetap normal. Pastikan bahwa anda melakukan olah raga setidaknya 4-5 kali dalam satu minggu, atau ditambah dengan latihan otot seperti angkat beban, yoga, push up, dll.

Olah raga seperti diatas hanya diperuntukan untuk menjaga kesehatan, namun jika anda baru sembuh dari penyakit sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. karena olah raga tidak mungkin dilakukan oleh orang yang baru saja terkena penyakit dalam kurun waktu beberapa hari atau beberapa minggu setelah sembuh.

Berhenti Merokok

Resiko terserang penyakit stroke akan meningkat jika anda seorang perokok, karena rokok akan mempersempit pembuluh darah dan menggumpalnya darah yang menyebabkan darah akan tersumbat. Berhenti merokok juga mengurangi resiko penyakit-penyakit lainnya seperti penyakit jantung, dan paru-paru.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Minuman alkohol adalah minuman keras yang mengandung kalori tinggi, jika minuman yang mengandung kalori tinggi dikonsumsi secara berlebihan, akan memicu seseorang terkena penyakit stroke. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga mengabikatkan jantung berdetak tidak teratur.

Demikian cara-cara mencegah penyakit stroke. Anda menerapkannya sekaligus dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dimulai dari sedini mungkin. Apalagi mengingat karena penyakit stroke adalah penyakit mematikan yang bisa datang kapan saja dan tidak memandang usia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel