Tidak Disangka, Manfaat Daun Kelor Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Daun kelor merupakan tanaman yang tidak asing bagi kita. Dari zaman dahulu daun kelor sering dikaitkan dengan hal-hal mistik dan klenik. Namun yang perlu kita ketahui, daun kelor ternyata memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Berikut ini beberapa ulasan yang memaparkan manfaat daun kelor bagi kesehatan.


Mengobati Kanker

Kanker memang menjadi penyakit yang menyeramkan bagi sebagian orang di dunia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tingkat kematian yang berawal dari penyakit ini. Namun dengan konsumsi daun kelor ini bisa membantu untuk mencegah Anda terkena penyakit kanker. Tanaman ini juga mengandung niazimicin sebagai zat anti kanker.

Zat yang lain dalam kelor yang mungkin dapat mengurangi perkembangan sel kanker prostat adalah beta-selisterol. Zat ini sudah terbukti bermanfaat dalam membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar. Selai itu beta-selisterol juga dimanfaatkan sebagai zat penyeimbang gula darah dan zat penyembuh luka.

Menyehatkan Mata

Mungkin jarang orang yang berfikir bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun pada dasarnya daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang mampu mencegah pelebaran pembuluh retina, menghambat disfungsinya serta mencegah pelebaran membran kapiler pada mata.

Bila anda ingin mendapatkan manfaat daun kelor sebagai obat mata, anda bisa menyiapkan daun kelor yang sudah dicuci bersih. pisahkan daun dari batangnya. Kemudian haluskan menggunakan blender. Bila sudah dirasa cukup halus, masukkan kedalam satu gelas air. Biarkan mengendap dan gunakan air sebagai tetes mata.

Antioksidan

Antioksidan sangat berperan untuk melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh anda. Tingkat radikal bebas yang tinggi dalam tubuh anda akan membuat anda terkena stres oksidatif yang menjadi penyebab beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Banyak jenis antioksidan yang bisa ditemukan dalam daun kelor. Seperti vitamin C, beta-karoten, Quertecin, dan Asam klorogenik. Dalam salah satu studi tentang wanita menyebutkan bahwa menggunakan 7 gram bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara intensif akan meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah.

Menurunkan Kolesterol

Kolestrol banyak menjadi penyebab sebagian orang terkena penyakit jantung. Namun hal ini dapat diatasi dengan banyaknya makan-makanan nabati. Dalam hal ini kandungan dalam daun kelor memiliki kesamaan dengan kandungan yang ada dalam almond dan oats.

Hal ini juga telah terbukti pada penelitian pada hewan dan manusia yang membuktikan bahwa daun kelor memiliki khasiat sebagai penurun kolesterol. Cara untuk mengonsumsi daun kelor sebagai penurun kolesterol adalah dengan menyeduhnya seperti ketika anda akan meminum teh.

Menjaga Fungsi Otak

Beberapa keluhan yang sering terjadi dalam masyarakat adalah buruknya mood dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Bahkan beberapa orang hingga mengalami depresi dan stres berat. Dalam hal ini daun kelor dapat menjadi solusi dalam menjaga stabilitas mood dan fikiran kita.

Daun kelor mengandung vitamin C dan E yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk memerangi stres oksidatif pada para pengidap alzheimer. Selain itu daun kelor juga bisa meningkatkan hormon dapamin dan serotin yang merupakan zat yang menyebabkan hormon bahagia.

Banyak sekali manfaat daun kelor bagi kesehatan. Selain dari jenis tanaman yang mudah didapatkan disekitar kita juga murah. Namun segala sesuatu membutuhkan ketelatenan agar dapat memberikan hasil seperti yang diinginkan. Cobalah menggunakan secara rutin dan secukupnya agar mendapatkan manfaat yang sesuai harapan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel